WordPress Pemula

WordPress Untuk Pemula, Pilihan Tepat Untuk Blogging

wordpress untuk pemula

Saya tidak bisa mengutak-atik blog sesuai yang saya mau di Blogspot.com. Yang membuat ruang kreatif saya dibatasi oleh Blogger.

Oleh sebab itu, saya putuskan untuk menggunakan WordPress untuk pemula sebagai istana baru dalam blogging.

Dalam hal ini yang saya gunakan adalah WordPress self-hosted (WordPress.org) bukan WordPress.com.

Jika WordPress.com itu seperti Blogger, sama-sama menumpang hosting, ruangnya pun terbatas misalnya dalam ruang penyimpanannya, dan kita harus mematuhi semua kesepakatan yang telah ditetapkan oleh WordPress.com.

Menggunakan WordPress self-hosted berarti Anda harus menginstal WordPress ke hosting yang sudah Anda sewa atau rental sebelumnya. Untuk instalasi WordPress, Anda harus mempunyai 2 alat penting, yaitu domain dan hosting.

WordPress sangat populer di kalangan webmaster dunia. Dilansir dari Nesabamedia.com, berikut ini adalah informasi mengenai daftar CMS yang paling populer:

Seperti yang bisa dilihat dalam tabel diatas, WordPress menjadi CMS terbaik yang paling banyak digunakan.

Dalam artikel ini, saya tidak akan menjelaskan mengenai langkah-langkah instalasi WordPress karena sudah ada banyak tutorialnya di internet. Dalam pembahasan ini, saya akan mencurahkan pengalaman dan kesan saya mengapa saya sangat menyukai WordPress.

1. Wordpress bersifat Open Source

WordPress merupakan CMS yang sangat populer karena sifat open source-nya. Pengguna yang menggunakan WordPress dengan mudah mengubah lagi script untuk bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan dari website yang akan dibuat.

Jadi dapat dikatakan, WordPress mengizinkan penggunanya untuk dapat melihat source codenya secara bebas dan terbuka, dan membiarkan penggunanya untuk dapat melihat cara kerja dari WordPress tersebut dan kita juga dapat memperbaiki dan mengembangkan website kita ketika menggunakan WordPress. Ini salah satu yang saya senangi dari WordPress.

2. Mudah Dipelajari

Yang kedua yaitu WordPress sangat mudah untuk dipelajari. Hal ini sangat penting apabila baru saja mengenali perihal blogging. Untuk menulis, kita juga berkeinginan untuk menyenangkan pembaca dengan tampilan blog yang rapi dan menarik akan pastinya.

Tetapi penggunaan blog yang memperibet akan membuat penggunaannya kurang efektif maupun efisien dan membuat pengguna semakin bingung ketika menggunakannya.

Apalagi saat saya dulu sewaktu pertama kali terjun ke dunia blogging, saya pernah menggunakan jenis platform blog lain (blogspot) selain wordpress, dan saya merasakan kesulitan saat ingin mengotak-atik tema blog saya.

Mulai dari situ saya terus mencari dan terus mencari lagi alternatif lain apa yang mudah dipelajari dan banyak kelebihannya. Nah, sehingga pada akhirnya saya menemukan WordPress sebagai yang terbaik diantara banyaknya CMS yang ada di dunia blogspot.

Seperti yang sudah saya katakan, penggunaan WordPress tidaklah sulit maupun rumit. Terutama bagian halaman dashboard admin, ini mudah dikenali seperti ketika pembuatan postingan, instalasi, dan update secara mudah, serta membuat halaman.

Dan pada Editor WYSIWYG akan memberi apa yang Anda butuhkan untuk memasukkan konten dalam website Anda sendiri. Seperti penggunaan Italic, Underline, Bold, Justify, dll  hingga penggunaan tab HTML.

3. CMS yang Super Handal

Pada era digital seperti sekarang ini hampir semua dari layanan pembuatan website menawarkan paket yang didalamnya terdapat fitur CMS atau Content Management System. Fitur ini memang dikenal sebagai fitur yang sangat penting untuk mengelola sebuah website.

CMS sendiri merupakan sebuah software yang mampu memudahkan pengguna untuk mengelola konten dalam sebuah website tanpa harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman web.

Misalnya memudahkan kita untuk menambahkan konten, upload, edit dan lain-lain. Pada era dahulu, sebelum adanya fitur CMS ini, orang-orang yang ingin mengubah isi konten websitenya harus menghubungi web developernya terlebih dahulu.

Coba Anda bayangkan betapa merepotkannya dulu sebelum adanya fitur CMS ini. Sekarang, jika Anda ingin mengubah isi konten Anda dapat mengubahnya dengan mudah, cepat dan efisien dan efektif.

Seperti yang diketahui bersama, CMS pada wordpress merupakan CMS yang bersifat open source. Adapun manfaat dari CMS ini yang dapat diandalkan yaitu:

  • Yang pertama, CMS ini sudah stabil dan matang pada konsepnya, itu dikarenakan sudah lama dikembangkan atau system evolusinya telah berjalan.
  • Yang kedua yaitu fitur-fitur dari CMS pada wordpress juga sudah sangat lengkap karena yang memakainya pun juga sudah sangat banyak sehingga banyak pembaharuan oleh pihak wordpress yang termasuk CMS sendiri.
  • Yang ketiga yaitu CMS pada WordPress gratis, Anda dapat mendownload langsung dari situs resminya, hanya membutuhkan kuota untuk mengunduhnya.
  • Yang terakhir yaitu pengguna dari CMS WordPress sudah banyak di seluruh belahan dunia, jadi biasanya terdapat forum supportnya.

4. Tersedia Banyak Plugin

WordPress semakin memanjakan para penggunanya dengan menyediakan plugins yang banyak dan memiliki fungsi yang beragam. Plugins sendiri merupakan suatu script tambahan yang sengaja dirancang untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu pada WordPress kita.

Fungsi-fungsi tambahan dari Plugins tersebut yang membuat WordPress menjadi menarik dan wonderful. Tidak hanya itu, plugins pada WordPress juga banyak jenis variannya seperti untuk menambahkan fungsional dari website Anda.

Yang paling membuat saya tertarik pada WordPress yaitu dengan banyaknya plugins yang menarik, sebagian besar plugins tersebut adalah gratis. Sooo, kita dapat menggunakan plugin-plugin tersebut tanpa mengeluarkan uang sedikitpun.

5. Dokumentasi yang Komplit

Alasan terakhir saya menggunakan wordpress untuk blog saya yaitu karena WordPress memiliki dokumentasi atau record yang komplit.

Jika kamu mengalami kesulitan dalam menggunakan WordPress, tenang saja, ada banyak dokumentasi yang berupa panduan super lengkap bagaimana cara menggunakan WordPress.

Kamu dapat langsung mencarinya di forum-forum ternama seperti Stack Overflow, Stack Exchange, atau jika ingin melihat dokumentasi resminya, bisa dicek.