Review Video X Theme

Video X menjadi tema WordPress selanjutnya yang bisa dibeli jika membutuhkan tema WordPress berpengalaman dengan fitur canggih. Pendapat ini bukan tanpa alasan. 

Pasalnya Video X menyediakan banyak desain menarik di satu paket. Pengembang tema menyebutkan jika desain unik stack dan paket mencangkup empat stack berbeda.

Setiap stack direncakan untuk penggunaan masa depan. Tidak sama dengan beberapa tema lain yang menyertakan pembuat dan kemampuan mengubah tampilan memakai pengaturan khusus seperti kode, stack yang diberikan Video X sangat unik dan menarik. 

Tema ini juga menyertakan serangkaian opsi yang kuat untuk menyesuaikan stack yang bakal membantu penggunanya.

Dimana penyesuaian tersebut membantu agar tidak ada dua instalasi tema yang terlihat sama di satu situs website. 

Ketika membuat tema dan beragam stack didalamnya, pengembang bahkan juga berkonsultasi dengan beberapa ahli. 

Tentunya berkaitan dengan fitur dan konsep desain seperti apa yang harus dimasukkan ke tema.

Yang akhirnya membuat tema WordPress ini menjadi salah satu yang terbaik di pasaran untuk membangun situs website yang sukses dan handal. 

Sejak versi ke 4-nya, X sudah menyertakan beberapa alat pembuat halaman depan yang dibuat khusus. 

Tak hanya itu pembuat halamannya juga sangat mengesankan yang diberi nama Cornerstone.

Dengan menggunakan alat pembuat halaman tersebut, Anda bisa mengendalikan situs website secara penuh dan memastikan situs website dibangun seperti yang diharapkan. 

Dengan ambisi dan tujuan tinggi tersebut, tentunya tema ini harus dicermati untuk digunakan. Nah, untuk informasi lebih lanjut mengenai tema, Anda bisa simak ulasan berikut.

Pembaruan Yang Dilakukan Video X

Ada beberapa pembaruan yang pernah dilakukan Video X hingga sekarang. Secara ringkas, berikut pembaruan yang dimaksud:

1. Pembaruan 4.0

Di pembaruan ini, Video X memperkenalkan pembuat halaman yang bernama Cornerstone. Sejak pembaruan tersebut, tema ini sudah diperjualbelikan dari 32 ribu hingga 61 ribu. Artinya penjualan tema naik tajam dari periode sebelumnya. 

Setelah pembaruan ini, Anda pasti berfikir jika Video X terus melakukan pembaruan untuk mempertahankan kualitas layanan yang mereka berikan kepada pelanggan.

Sorotan utama pembaruan ini adalah masuknya alat pembuat halaman bernama Cornerstone seperti yang telah disebutkan di awal. 

Meskipun plugin Visual Composer yang merupakan plugin pihak ketiga disertakan, paket yang dimiliki Video X tetap menyertakan pembuat halaman yang mereka buat sendiri tersebut. 

Pengembang X sudah membangun Cornerstone dari bawah ke atas secara menyeluruh.

Alat pembuat halaman dirancang untuk diintegrasikan dengan temanya. Artinya, pengguna punya akses ke alat pembuat halaman yang sudah dibuat khusus dibanding harus bergantung dengan plugin pihak ketiga lagi. 

Cornerstone menjadi alat pembuat halaman WordPress yang 100% sangat mengesankan dan intuitif.

Tidak heran jika pengguna makin mudah membuat tata letak halaman sesuai keinginan. Menariknya, Anda juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan hal tersebut. 

Meskipun itu artinya Anda masih tidak bisa memakai pembuat halaman pihak keitga di situs web X Powered Anda.

Faktanya plugin Visual Composer tetap disertakan dalam paket. Anda punya pilihan lain untuk membuat halaman khusus seperti yang dibutuhkan. 

Bagi yang sudah menggunakan Cornerstore, pastinya Anda tidak ingin menggunakan pembuat halaman lain karena mudahnya tata letak halanman yang diberikan.

Pembaruan lain juga disertakan di sini. Misalnya kompatibilitas yang terus ditingkatkan dengan plugin WordPress populer yang ada saat ini. 

Hal ini termasuk versi terbaru BuddyPress, WooCommerce, bbPress, Slider Revolution dan Visual Composer. 

Hal ini  bagus karena pengembang memberi isyarat jika tema ini terus berfungsi untuk alat e niaga, pembuat konten dan diskusi.

2. Pembaruan X 3.0

Di pembaruan ini, penjualan tema X tidak menunjukkan sisi perlambatan yang berarti. Setidaknya sudah ada 32 ribu pengguna yang menggunakan tema dan terus bertambah saat itu.

Untuk menyoroti komitmen pengembang di tema ini, versi 3.0 Video X dirilis dengan beragam fitur baru yang hebat.

Tim di belakang Video X terus sibuk bekerja membuat lebih dari selusin plugin WordPress yang mencangkup beragam kegunaan. Sebut saja seperti pembuat formulir pendaftaran buletin khusus dan integrasi daftar email langung. 

Tak hanya itu, ada juga integrasi daftar email langsung hingga pemberian label putih yang disematkan di sini.

Plugin ekstensi premium tersebut sudah tersedia bagi Anda yang ingin membeli tema X atau memberi fungsi ekstra yang lebih berguna. Untuk membuat plugin juga makin mudah. 

Anda cukup menginstal plugin yang nanti bisa ditambahkan ke situs dari addon di panel kontrol tema yang ada di dashboard WordPress. Anda tidak perlu mengunggah atau mengunduh file plugin lagi.

Pasalnya semuanya bisa dipasang langsung di situs website. Rencana yang dimiliki Video X untuk kedepannya cukup bagus. 

Karena berencana ingin bermitra dengan pengembang plugin WordPress agar menghadirkan plugin tersebut ke tema. Plugin slider Soliloquy menjadi salah satu plugin paling terkenal di pembaruan versi 3.0.

3. Pembaruan X 2.0

Versi asli Video X menjadi salah satu tema paling cepat berkembang dan paling populer di ThemeForest. Dimana tema ini mendapat penjualan sebanyak 25 ribu dalam waktu yang sangat singkat sekali. 

Namun pengembang belum puas dengan pencapaian tersebut. Tidak heran karena pengembang langsung merilis versi 2.0 dari tema WordPress yang populer tapi bisa dikonfigurasi ini.

Beragam fitur dihadirkan agar menemukan jalan terbaik untuk pembaruan. Termasuk tumpukan baru yang membuat total stacks yang ada sebanyak 4 buah. 

Bagi yang tidak terbiasa dengan istilah stacks, stacks adalah tdesain unik yang membuat tema itu sendiri.

Artinya, mereka hadir sebagai tema pembuat tema dan memberi pengguna rangkaian template desain untuk WordPress.

Stacks baru yang diberikan di pembaruan Video X 2.0 adalah Ethos yang dirancang menggunakan tata letak bergaya makalah untuk situs WordPress. 

Fitur stacks ini lumayan lengkap karena mencangkup beberapa hal seperti:

  • Tema baru di dalam tema
  • Korsel konten unggulan
  • Kategori yang bisa disaring secara real time
  • Opsi untuk menampilkan gambar unggulan

Anda juga bisa bereksperimen dengan keahlian copywriting dengan memberi dua judul di setiap postingan. Satu ditampilkan di daftar posting blog. 

Satunya lagi ditampilkan di halaman postingan tunggal. Ethos jugta dilengkapi dengan shortcode akordeon untuk memberi presentasi konten tambahan bagi penggunanya.

Bukan hanya stacks baru, tambahan besar dari Video X adalah dukungan menu mega dan fitur yang dipopulerkan plugin UberMeni. 

Artinya Anda bisa menambah menu yang mengesankan dan fungsional ke situs WordPress memakai fitur baru ini. 

Selain itu Anda juga bisa memastikan semuanya data tertata dengan baik agar dapat berbaur dengan tumpukan X 2.0 yang digunakan.

Setiap tumpukan tersebut mempunyai gaya unik untuk mega menu tersebut. Artinya akan memastikan integrasi yang mulus dengan tema lain. 

Versi 2.0 dari tema X ini dibangun di atas keberhasilan yang pertama untuk menambah beberapa opsi fitur menarik ke tema WordPress yang makin fleksibel.

Fitur Utama Yang Dihadirkan

Seperti yang sudah disebutkan di awal, nilai jual Video X theme ini adalah segudang fitur yang mereka tawarkan untuk pengguna. 

Bukan hanya fitur, banyak desain yang ditawarkan dalam satu paket. Selain itu metode untuk menyesuaikan situs juga menjadi sorotan yang perlu dipertimbangkan.

Banyak sekali tema premium yang hadir dengan pilihan tema sendiri yang bukan asli WordPress. Berikut beberapa fitur yang ditawarkan :

1. Stacks

Seperti yang sudah disebutkan, Video X Theme menyediakan empat desain terpisah yang dikenal dengan sebutan stacks. 

Meskipun bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna, stacks di sini adalah dasar yang harus diperhatikan saat menggunakan X theme. Ada empat stacks yang bisa digunakan antara lain:

  • Icon
  • Renew
  • Integrity
  • Ethos

Tidak seperti tema pada umumnya, stacks dan desain individu adalah entitas yang terpisah. Namun Anda tetap bisa membuat tema anak untuk setiap stacks.

2. Cornerstone

Versi 4.0 adalah perilisan alat pembuat halaman baru milik X yang bernama Cornerstone. 

Alat pembuat halaman ini dikembangkan tim Themeco yang merupakan pecinta theme Video X itu sendiri. Alat pembuat halaman ini bisa diintegrasikan dengan baik ke situs WordPress dan X.

Cornerstone menjadi sekian banyak addon yang tersedia dan bisa digunakan sebagai plugin mandiri untuk pemakaian tema. 

Ini menjadi addon yang sangat penting untuk Video x karena ada beragam tata letak halaman baru yang dibuat dengan menggunakan tema ini.

Beserta kode pendek yang pastinya harus dipahami oleh pengguna. Plugin pembuat halamnan Visual Composer masih disediakan untuk salah satu addon opsional yang disertakan paket tema X. 

Namun pengembang Video X menyarankan penggunanya untuk menggunakan halaman Cornerstore sebagai gantinya.

Hal ini karena alat pembuat halaman dibuat oleh tim yang sama dari tema. Tidak heran jika hasil yang diberikan lebih maksimal. Setelah menginstal X dari layar, Anda bisa membuat postingan dan menentukan tata letak halaman kustom sesuai keinginan.

3. Customizer

Video X memiliki Customizer yang sangat familiar untuk penggunanya. Tidak heran karena dibuat di atas menu kustomisasi tema WordPress asli. 

Namun tenang karena sudah ditingkatkan untuk memberi pengguna sistem kontrol yang lebih bagus dari sisi tampilan dan fungsi situs tersebut.

Customizer yang dimaksud memungkinkan pengguna melakukan semua hal yang mempengaruhi tampilan situs seperti:

  • Mengubah stacks
  • Penempatan header
  • Penempatan menu
  • Posisi sidebar
  • Lebar kotak atau penuh
  • Warna
  • Font
  • Latar belakang
  • Logo
  • Tombol

Semua modifikasi di atas dapat dilakukan dengan menggunakan satu tombol saja. Bukan hanya itu, semuanya juga bisa dilakukan di satu jendela yang sama dengan browser. 

Meskipun perubahan bisa dipratinjau secara langsung tapi perubahan tersebut tidak terlihat oleh pengunjung situs.

Fitur yang sangat apik dari Customier ini adalah kemampuannnya untuk mengimpor dan mengekspor pengaturan sesuai keinginan pengguna. 

Artinya Anda bisa membuat situs persis seperti yang diinginkan. Kemudian setelah itu mengimpornya ke situs lain yang sudah memasang tema Video X.

Tentunya Anda tidak perlu membuang waktu saat menggunakan fitur ini. Karena tema bisa digunakan di beberapa situs sekaligus. 

Anda bisa mendapat tampilan dan nuansa yang sama dengan sangat cepat. Bagi yang ingin membangun situs, tentunya harus menggunakan fitur ini sebaik mungkin.

4. Ada beranda satu halaman

Di pembaruan terkini milik Video X, ada fitur unggulan yang memungkinkan pengguna bisa membuat beranda dalam satu halaman. 

Homepage satu halaman sudah menjadi tren desain web yang populer dalam beberapa waktu terakhir. Dengan menambahkan jenis tata letak tersebut, tentunya memberi kredibilitas klaim pengembang.

Tidak heran jika Video X banyak direkomendasi pengguna WordPress. 

Homepage satu halaman yang dibangun menggunakan fitur X ini memiliki navigasi horizontal tetap. Saat diklik, akan menggulirkan pengunjung ke bawah ke bagian halaman yang lebih relevan. 

Pengguliran juga berfungsi dengan baik di dua arah dengan desain lebar yang terlihat sangat baik.

5. Fungsionalitas melalui shortcode

Beberapa tema premium juga menyertakan banyak fungsi inti dari tema itu sendiri. Hal ini mencangkup fitur seperti formulir, tata letak, tombol, formulir, elemen dan masih banyak lainnya. 

Artinya jika Anda mengubah tema, sebagian besar konten Anda rusak dan tidak dapat ditampilkan seperti sedia kala.

Untung saja Video X sudah menyediakan plugin khusus yang berisi kode pendek untuk sebagian besar fungsionalitas pada tema tersebut. 

Artinya, Anda yang beralih ke tema lain tidak dibiarkan melakukan pekerjaan pembersihan besar-besaran untuk memperbaiki setiap konten postingan yang rusak tersebut. 

Hal tersebut asalkan plugin sudah terpasang di website.

6. Ada dukungan eCommerce

Tema ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin membangun toko eCommerce terbaik. 

Tidak heran karena tema sudah diintegrasikan dengan plugin pembuat toko online WooComerce yang sangat terkenal itu. Anda bisa menggunakan dukungan ini secara gratis.

Setiap stacks juga dilengkapi dengan desain toko onlinenya masing-masing. Artinya, siapapun yang membangun toko online pasti tidak akan melewatkan pemilihan desain situs individual dengan bantuan tema populer ini.

7. Desain yang responsif

Desain yang responsif harus menjadi hal penting pada tema. Dengan banyaknya pengguna yang mengunjungi situs website melalui ponsel dan table, tidak bisa diterima jika tema yang digunakan tidak bisa menampilkan website ketika diakses menggunakan perangkat seluler.

Untung saja stacks yang ada di tema ini sudah menyertai tema yang memungkinkan cepat melakukan respon terhadap layar sesuai ukurannya masing-masing. 

Tentunya ini berkat tata letak yang lancar dan mudah dipahami oleh sistem.

8. Tampilan

Ada beragam fitur yang disediakan di Video X dan semuanya berkaitan dengan penampilan website. Tetapi singkatnya berikut rangkuman tampilan tema yang diberikan:

  • 600 font
  • Latar belakang yang mendukung gambar, pola dan warna solid dan banyak gambar yang sudah bertransisi di satu postingan.
  • Font ikon untuk menambah 400 ikon responsif individu ke postingan.
  • Ada dukungan retina yang bisa menampilkan website di resolusi tertingginya.
  • Ada tombol untuk berbagi ke media sosial yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
  • Ada semua file PSD Photoshop

9. Integrasi dan ekstensi

Ini adalah salah satu hal yang membuat video X semakin bersinar dibanding tema lain di WordPress. Di luar kotak, tema yang dihadirkan sudah mencangkup 20 ekstensi yang memungkinkan pengguna bisa memperluas X sesuai kebutuhan website. 

Anda bisa menemukan ekstensi untuk menambah halaman 404 kustom, formulir option email, komentar Facebook hingga komentar disqus.

Tak hanya itu, Video X juga terintegrasi dengan WooCommerce dan bahkan menyertakan ekstensi yang memungkinkan pengguna menyesuaikan tampilan checkout sesuai keinginan. 

integrasi penting lainnya meliputi Gravity Forms, Soliloquy slider, bbPress dan masih banyak integrasi lainnya.

Kelebihan Dan Kekurangan Video X Theme

Video X juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan tema. 

Jadi Anda harus mempertimbangkan apakah tema ini sesuai dengan keinginan atau tidak. Berikut rangkumannya:

Kelebihan:

  1. Ada pembuat header dan footer yang memungkinkan pengguna membuat header dan footer kustom untuk setiap halaman di situs website masing-masing. Ini menjadi salah satu fitur yang tidak ditemukan di tema serupa seperti tema Divi.
  2. Template dan bagian yang sudah dibuat sebelumnya bisa memfasilitasi proses pembuatan halaman yang dibutuhkan penggunanya.

Kekurangannya;

  1. Pembuat halaman tidak seintuitif yang ditemukan di tema Divi ataupun Elementor
  2. Anda harus membayar biaya ekstra untuk menikmati fitur yang ada di tema atau plugin serupa lainnya.

Harga Video X Theme

Bagi yang ingin menggunakan Video X Theme, Anda bisa menemukannya di ThemeForest. Untuk harganya lumayan murah karena hanya $59 saja. Harga tersebut sudah memberi dukungan selama 6 bulan dari perusahaan induk tema.

Bagi yang merasa fitur di dalam tema ini masih kurang, Anda juga bisa mengupgrade ke fitur yang lebih bagus. 

Misalnya ada fitur untuk pembuat header, pembuat konten dan footer, dropdown cerdas, dan masih banyak lainnya.

Untuk upgrade, Anda harus membayar biaya tambahan $10. Video X menjadi salah satu tema terlaris yang ada di ThemeForest dengan fitur hebat dan lengkap didalamnya.