31 Review Plugin Gratis Terbaik WordPress

WordPress menyediakan 40 ribu plugin berbeda yang bisa Anda download sesuai keinginan. Banyak hal yang bisa didapat, mulai dari galeri, SEO, widget hingga toko online. 

Tentunya, Anda tidak perlu menginstall semua plugin tersebut. Cukup download dan gunakan plugin WordPress yang dibutuhkan untuk website dan pastinya harus yang paling bagus.

Seperti yang kita tahu jika plugin dikenal sebagai aplikasi tambahan yang berguna untuk menambah fungsi dan fitur website WordPress. Seperti yang kita tahu jika WordPress hadir dengan fitur yang sedikit saat pertama kali diinstal penggunanya. Nah, agar website WordPress makin kaya fitur, tentunya plugin sangat diperlukan.

Salah satu keunggulan yang ada di WordPress adalah penggunanya bisa mendapat limpahan resources yang dapat digunakan sesuai keinginan untuk mengoptimalkan fungsi website yang pengguna buat. 

Inilah alasan kenapa WordPress menjadi CMS terbaik saat ini. Menjadi platform open source terbaik, tentunya WordPress dapat digunakan oleh siapapun.

Menariknya, Anda bisa menggunakan CMS ini secara gratis. Belum lagi tersedia beragam dukungan ribuan developer yang memberi bantuan gratis kepada penggunanya. 

Dukungan para developer tersebut tersaji di beragam cara. Misalnya tips trik WordPress yang dapat kita temui di forum yang ada kaitannya dengan WordPress.

Tak hanya itu tersedia juga dukungan di blog, website dan beragam tutorial yang membantu pengguna pemula. 

Bahkan theme WordPress yang dihadirkan juga ribuan yang tentu memudahkan pengguna untuk membangun website seperti yang mereka mau. Tersedia juga ribuan plugin WordPress yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Tentunya setiap plugin punya fitur, fasilitas dan kegunaan bebeda-beda. Jadi Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan masing-mnasing. 

Tentunya akan sangat mempengaruhi pemakaian WordPress. Nah, berbicara mengenai plugin, berikut rekomendasi plugin terbaik yang dapat Anda gunakan di sini:

Lantas plugin mana yang harus didownload? Bagi yang baru mengenal WordPress, tentunya nama plugin belum terlalu paham. Pilihan plugin sangat beragam dengan kustomisasi sesuai pengguna. 

Meskipun begitu, Anda tidak usah bingung karena di artikel ini kami akan membahas mengenai beberapa plugin terbaik WordPress yang bisa Anda gunakan. Berikut daftarnya.

1. Wordfence

Wordfence menjadi salah plugin paling tenar yang menambah keamanan WordPress Anda. Plugin ini telah diunduh lebih dari satu juta pengguna sehingga bisa dibilang sangat favorit. Sistem kerja plugin ini adalah untuk melindungi website dari serangan malware yang mengincar website.

Jika nanti ada aktivitas mencurigakan di website seperti gagal login hingga akses IP address yang tak dikenal, Anda bakal menerima notifikasi otomatis lewat email. 

Wordfence memungkinkan penggunanya untuk scanning website secara otomatis. Dengan demikian, Anda bisa tahu file yang dicurigai sebagai malware. Menariknya, theme dan plugin juga langsung diupdate.

Semua informasi akan ditampilkan dalam bentuk report yang mudah dibaca oleh penggunanya. 

Anda dapat menginstall plugin ini di dashboard WordPress. Tersedia video panduan instalasi sehingga pengguna yang belum pernah menggunakan plugin ini dapat menggunakannya dengan mudah.

Plugin yang satu ini sudah sangat jelas untuk meningkatkan keamanan WordPress yang Anda miliki. 

Meskipun memang tidak ada jaminan jika WordPress akan tahan terhadap serangan hacker. Meskipun begitu, paling tidak plugin ini mempunyai kemampuan untuk meningkatkan keamanan blog WordPress.

Wordfence tersedia di plugin gratis ataupun berbayar dengan versi gratis menawarkan beberapa hal berikut:

  • Firewall dari web application
  • Memonitor keamanan
  • Blocking alamat IP
  • Mengurangi dan memblokir upaya brute force
  • Membatasi frekuensi login yang mencurigakan
  • Dan masih banyak pilihan lainnya

2. WP re-Captcha

Setiap pemakaian WordPress tentunya tidak ingin mendapat gangguan berupa komentar spam yang lumayan menganggu.Komentar ini tentunya sangat menjengkelkan dan pasti merugikan pengguna website. 

Namun Anda tidak perlu khawatir dengan adanya komentar tersebut. tersedia plugin WP reCaptcha WP yang bisa didownload secara gratis oleh para pengguna WordPress.

Tak hanya itu saja, sistem konfigurasi yang plugin ini miliki juga mudah untuk dilakukan. Selain Wordfence, plugin ini menjadi salah satu plugin keamanan WordPress terbaik yang mencegah komentar bot otomatis saat spamming di website. 

Cara kerjanya sangat mudah. Pengguna melakukan validasi kombinasi angka dan huruf sebelum mengisikan komentarnya.

Tujuannya tidak lain agar memastikan komentar yang ditulis benar-benar dilakukan manusia. Bagi yang ingin menggunakan plugin ini Anda dapat menginstal plugin secara gratis di dashboard admin WordPress. 

Untuk panduan instalasinya sangat mudah. Jadi Anda yang pemula tidak akan kesulitan. Tersedia dokumentasi untuk instalasinya juga.

3. Jetpack

Siapa sih yang tak kenal dengan pugin yang satu ini? Plugin besutan Auttomatic ini menjadi salah satu plugin yang paling diakui kualitasnya. 

Hingga saat ini sudah ada 5 juta pengguna yang menginstall plugin ini di website mereka masing-masing. Anda dapat mengecek di menu plugin masing-masing.

Jetpack menjadi plugin WordPress buatan Automattic yang paling populer saat ini. Plugin ini menjadi tim di belakang penggunaan WordPress pada umumnya. 

Tentunya ada banyak fitur yang ditanamkan di plugin ini sehingga membantu pemakaian WordPress menjadi lebih optimal dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Plugin menyediakan fitur-fitur lengkap yang membuat pengguna dapat menyeting WordPress dengan baik. 

Contohnya seperti media sosial, statistik blog, contack form, auto publish, site verification hingga coment yang dapat diintegrasikan dengan media sosial yang Anda miliki saat ini.

Menariknya untuk beberapa instalasi, plugin ini juga telah diinstal secara otomatis by default. Banyak kelebihan yang bisa Anda dapat di sini. Misalnya seperti:

  1. Tersedia brute force attack protection, dengan mengandalkan fitur plugin WordPress ini Anda bisa melakukan perlindungan website yang lebih optimal dari beragam serangan otomatis untuk menebak password dan username Anda.
  2. Secure plugin, fitur ini memungkinkan tidak ada pengguna yang mencoba menyusup ke website. Salah satu caranya dengan mengandalkan teknologi terbaru two factor authentication.
  3. Spam filtering, tentunya spam yang melimpah pada website lumayan menganggu pengguna. Namun dengan mengandalkan fitur ini, spam yang muncul tadi dapat diblokir secara otomatis.
  4. Malware scanning, dengan menggunakan fitur ini Anda dapat mencegah malware yang mengganggu website. Ditambah adanya automated threat resolution yang memungkinkan pengguna dapat mengatasi masalah tersebut dengan cepat

Meskipun sisi keamanan adalah hal yang paling menonjol di plugin ini tapi nyatanya masih banyak fitur lain yang sangat bermanfaat. 

Misalnya advanced stats and analytics. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengetahui data pengunjung dengan mudah.

4. SEO Yoast

SEO Yoast menjadi plugin yang menawarkan beragam kemudahan untuk menerapkan SEO dasar. Contohnya seperti pembuatan sitemap XML, pembuatan meta deskripsi, pemeriksaan keyword sampai menyembunyikan postingan yang tidak ingin ditampilan di mesin pencarian Google.

SEO Yoast patut dicoba pengguna WordPress supaya websitenya mudah masuk ke page one. Belum lagi di plugin ini juga menyediakan meta deskripsi dan title tag yang sudah ada di search engine.

Plugin ini juga membantu untuk mengoreksi segala hal jika Anda melakukan kesalahan ketika memasukkan deskripsi atau title di plugin ini. 

Untuk proses instalasi juga mudah, ringkas dan sederhana. Karena hampir sama dengan cara instal plugin lain. Bagi yang masih bingung, plugin juga menyediakan tutorial untuk membantu pengguna.

Joost de Valk menjadi salah satu sosok yang sangat terkenal sebagai pakar SEO yang paling disegani saat ini. 

Ia bersama timnya bernaung di bawah bendera Yoast sebagai seorang konsultan, pakar SEO dan developer SEO. Dengan bantuan Yoast, tim membuat plugin SEO terbaik bernama Yoast SEO.

Plugin ini bisa dibilang sangat lengkap untuk ukuran plugin SEO gratis yang ada di WordPress. 

Plugin juga mendukung verifikasi Google Search Console, XML sitemap, Alexa, Bing Webmaster hingga robots.txt. Plugin ini menjadi pilihan terbaik jika Anda mengincar page one di search engine.

5. W3 Total Cache

Kecepatan akses menjadi bagian penting untuk website yang Anda bangun. Kemampuan caching plugin W3 Total Cache bakal meringankan beban serta membuat website menjadi lebih cepat. 

Dasarnya, ketika pengunjung mengakses situs, semua data yang ada akan diunduh ke folder caching.

Saat mengakses halaman berikutnya, pengunjung langsung mendapat halaman tersebut tanpa harus mengunduhnya ulang dari server. 

Plugin ini sangat efektif untuk meningkatkan kecepatan website dengan metode caching. Semua fitur yang dihadirkan sangat bagus untuk kecepatan wbesite yang pengguna mau.

Contoh fitur cache yang diberikan seperti page cache minify cache, browser cache, database cache, object cache dan masih banyak lainnya

Keuntungan utama menggunakan plugin ini tentunya membuat kecepatan website menjadi lebih meningkat dan akhirnya bisa menghemat bandwidth. Detail instalasi juga mudah sehingga cocok digunakan oleh siapapun pengguna.

Cara tercepat untuk meningkatkan loading blog WordPress adalah menggunakan plugin W3 Total Cache. Segala hal seputar caching memang terdengar teknis di telinga. Tapi Anda jangan sampai mengganggap remeh hal tersebut. W3 Total Cache meningkatkan kecepatan loading blog saat diakses.

Yang akhirnya menambah pengalaman pengguna serta ranking blog yang Anda miliki di Google. Untuk melakukan konfigurasi, sayangnya plugin ini bisa dibilang ribet dan susah dibanding plugin lain. Namun sudah banyak cara setting dan tutorial panduan yang dapat dimanfaatkan.

6. WP Super Cache

Plugin ini memiliki fungsi yang sama dengan sebelumnya, yakni untuk mempercepat website saat loading atau mendownload data di folder. Fungsinya, file HTML statis bakal otomatis ditampilkan tanpa harus loading ulang di seluruh query di website setiap kali dikunjungi user.

Plugin ini mempunyai pengaturan yang sangat sederhana sehingga tidak membuat penggunanya kesulitan. Nantinya Anda mendapat pengaturan dasar dengan menekan tombol Caching on yang sudah disediakan di plugin ini.

Akhirnya proses caching akan aktif di website. Plugin ini menjadi pilihan terbaik untuk pemula yang ingin mempercepat websitenya. 

Pasalnya sangat mudah dan juga sederhana. Belum lagi konfigurasi yang mereka miliki juga singkat dan instan. Sangat cocok untuk semua penggunanya.

7. LiteSpeed Cache for WordPress

Plugin ini memang belum terlalu populer dibanding beberapa plugin yang sudah disebutkan di awal. Pasalnya masih didownload oleh 800 ribu pengguna saja. Meskipun begitu Anda tetap tidak dapat memandang plugin ini sebelah mata. 

Plugin ini sangat bagus untuk membantu website supaya berjalan optimal karena fitur yang dimiliki serta kemudahan penggunaannya.

Ada banyak kelebihan yang dihadirkan di plugin ini. Salah satu yang paling ketara adalah kompatible dengan plugin populer lain seperti WooCommerce, Yoast SEO hingga bbPress. 

Jadi, meskipun Anda menggunakan beberapa plugin ini, Anda tetap bisa menjalankan plugin dengan baik tanpa hambatan sedikitpun.

LiteSpeed Cache mempunyai General Feature yang dapat digunakan untuk server seperti NgiNX, LiteSpeed, Apachge dan masih banyak lainnya.

Untuk exclusive feature hanya dapat digunakan untuk OpenLiteSpeed serta produk LiteSpeed lain. Berikut beberapa fitur yang bisa Anda nikmati di plugin ini:

  1. Image Optimization
  2. Browser Cache
  3. PageSpeed Score Optimization
  4. Minify CSS, HTML, HjavaScript
  5. Database Cleaner and Optimizer

Plugin ini dapat didownload secara gratis karena sifatnya open source. Anda tinggal masuk ke menu plugin WordPress. 

Setelah itu, temukan plugin LiteSpeed Cache di bagian direktori. Cukup mudah dan tentunya tinggal dipasang saja. Anda dapat mengatur sesuai kebutuhan website masing-masing.

8. Contact Form 7

Sesuai namanya, plugin ini menghadirkan beragam fungsi formulir yang bisa digunakan untuk keperluan. 

Proses penggunaan plugin juga mudah dan praktis sehingga tidak menyulitkan para penggunanya. Selain sudah terintegrasi dengan Google Mail, Anda juga bisa membuat formulir pendaftaran, formulir konfirmasiu dan formulir pemesanan di sini.

Proses instalasi Contact Form 7 juga bisa dibilang sangat mudah dan sederhana, Anda dapat install plugin di WordPress. Tetapkan sedikit settingan sederhana dan kemudian plugin sudah bisa digunakan sesuai keinginan. 

Bagi yang mengalami kesulitan, Anda tidak perlu khawatir karena ada panduan instalasi di plugin ini.

Oh ya, plugin juga menghadirkan dukungan CAPTCHA. Karena fitur ini Anda tidak perlu khawatir jika ada gangguan spammer yang terus-menerus mengirim email spam ke website. 

Pokoknya, menggunakan plugin ini sakan sangat membantu pengguna. Jadi wajar jika plugin ini masuk ke daftar plugin terbaik dan terpopuler saat ini.

Setiap blog harusnya memiliki contact form yang bisa memudahkan pengunjung. Terutama jika Anda ingin memonetisasi blog yang sudah dibuat. 

Nah, dengan menggunakan Contact Form 7 ini Anda bisa mendapatkan keperluan contact form dengan baik. Mengingat plugin ini adalah yang terbaik saat ini.

Plugin juga tersedia dalam versi gratis dengan setup yang sederhana dan mudah digunakan. Anda cukup membuat halaman kontak atau contact us. 

Setelah itu Anda dapat membuat satu contact form menggunakan concact form 7. Anda cukup menyematkan shortcode ke halaman tersebut. mudah dan pastinya lebih sederhana.

9. WP Social Sharing

Plugin ini memudahkan pengunjung website untuk membagikan postingan atau halaman ke media sosialnya masing-masing. Tombol share yang dimaksud di sini akan memberi kemudahan pengguna untuk mengatur sesuai keinginan. Anda dapat menampilkan postingan di mana saja sesuai kebutuhan.

WP Social Sharing juga mendukung 6 media sosial populer yang ada saat ini. Misalnya seperti Facebook, Twitter, GooglePlus, Linkedin hingga Pinterest. 

Plugin sangat mudah digunakan, simple dan tentunya responsif untuk beberapa perangkat. Tidak heran jika banyak yang mengandalkan plugin ini.

Bagi yang sedang membutuhkan plugin WP yang sederhana dan ringan tapi bermanfaat, WP Social Sharing bisa menjadi pilihan terbaik untuk didownload. Proses instalasi juga bisa dibulang sangat mudah dan sederhana. 

Bagi yang masih kesulitan Ana dapat mencari tutorial yang disediakan di plugin. Tapi secara garis besar, proses instalasinya memang mudah.

10. Add This Plugin

AddThis merupakan plugin yang menawarkan dua versi, gratis dan premium. Hingga kini plugin ini sudah didownload lebih dari 200 pengguna dari seluruh dunia. Beragam fitur andalan dapat digunakan di plugin ini. 

Contohnya seperti tombol share yang ada di bagian samping halaman yang selalu mengikuti saat pengguna scrool halaman.

Kemudahan lainnya, button sharing juga tetap tersedia ketika pengguna akses website lewat perangkat mobile. Hal ini tentunya sangat berguna dan bermanfaat untuk penggunanya. 

Tersedia juga tombol share yang ada di versi mobile sehingga memudahkan pengunjung ketika ingin membagikan konten website.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa mengintegrasikan dengan Analytics dan melihat laporan statis share setiap harinya. 

Untuk proses instalasi hampir sama dengan plugin lain. Anda bisa masuk ke Admin Area WordPress. Kemudian pilih Addthis dan temukan plugin. Setelah itu pilih Install Now.

11. BackupWordPress

BackupWordPress menjadi plugin backup data WordPress yang memungkinkan pengguna dapat mengatur jadwal sendiri sesuai keinginan. Pengaturan dan pengunaan plugin bisa dibilang sangat mudah dan sangat praktis. 

Tidak heran jika plugin sangat cocok digunakan oleh semua pengguna, ternasuk para pengguna pemula.

Ada banyak kemudahan yang ditawarkan di plugin yang satu ini. Salah satu kemudahan yang diberikan adalah BackUpWordPress tersedia di versi Linux atau Windows. 

Jadi bisa disesuaikan dengan perangkat masing-masing. Bahkan Anda juga bisa mengaktifkan mode pengiriman data backup lewat email.

Keistimewaan lain yang dihadirkan plugin adalah memungkinkan pengguna tidak banyak resource hosting sehingga cukup menghemat waktu. Kelebihan ini yang membuat plugin banyak digunakan, khususnya bagi yang sedang mencari plugin backup data.

12. Akismet

Akismet merupakan plugin anti spam besutan Automattic yang sudah ada di blog saat pengguna pertama kali install WordPress. Meskipun di awal rilisnya, plugin ini diragukan keampuhannya untuk menghambat masuk spam, tapi tetap saja Akismet terus berkembang.

Tidak heran jika saat ini, plugin Akismet menjadi salah satu plugin WordPress terbaik saat ini. Karena sudah ada sejak awal penginstalan WordPress, tentunya Anda bisa memanfaatkan plugin ini sejak pertama kali menggunakan WordPress. Benar-benar akan sangat membantu penggunanya

13. WP-Optimize

Bagi yang sering menulis artikel ataupun merevisi yang telah ada, mungkin saja post revision yang ada di databse sudah mulai penuh. Jika demikian tentunya akan mengganggu performa website WordPress yang Anda miliki. 

Dengan mengandalkan WP-Optimize ini tentunya akan sangat berguna agar database WordPress kembali segar.

Cukup satu klik saja dan database sudah berhasil dioptimalkan dengan menghilangkan post revision yang tidak digunakan lagi. Komentar spam juga mulai dihilangkan secara otomatis hingga trackback serta pingback yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

14. Broken Link Checker

Plugin ini dapat dimanfaatkan jika Anda ingin mengecek link mana saja yang sebenarnya tidak dibutuhkan di website. Dengan tahu link mana saja yang tidak berfungsi atau tidak dapat diakses pengunjung, Anda dapat mencabut dan kemudian menggantinya dengan link baru lainnya.

Hal sederhana seperti ini tentunya juga sangat bagus dan bermanfaat untuk keperluan SEO. Dengan mengandalkan plugin sederhana ini Anda dapat melakukan monitoring terhadap semua link yang ada di blog. Mulai dari link yang telah tersematkan hingga komentar.

15. Revive Old Post

Seiring berkembangnya WordPress yang Anda bangun saat ini, tentunya blog pasti mempunyai banyak artikel yang telah dibaca oleh pengunjung. Bagi yang sudah memiliki halaman media sosial khusus untuk blog seperti Facebook Fan Page, memanfaatkan plugin ini bisa menjadi pilihan terbaik.

Karena plugin ini dapat digunakan untuk meng-share kembali postingan lama yang ada di blog Anda ke beragam media sosial secara otomatis. Yang diperlukan hanya frekuensi share. 

Entah rentang waktu 8 jam sekali atau sebagainya. Anda dapat mengklasifikasikan postingan lama yang ingin dishare sesuai kategori yang ada.

16. UpdrafPlus Backup and Restoration

Seperti namanya, plugin WordPress terbaik ini berfungsi untuk membackup seluruh data yang ada di blog WordPress dengan mudah. Entah database atau keseluruhan file yang ada. 

Plugin juga dapat digunakan secara gratis dan berbayar sehingga tinggal disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya saja.

Tentunya kedua versi punya kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Untuk versi berbayar Anda diberikan fitur yang lebih lengkap. 

Plugin dapat membackup data sesuai waktu yang ditentukan. Anda dapat melakukan backup langsung atau dengan mendownloadnya langsung di dashboard WordPress.

17. Yet Another Related Posts

Seperti yang kita tahu, plugin related posts memang ada banyak. Nah, dari banyaknya plugin tersebut, plugin ini menjadi yang paling banyak dipakai saat ini. Tidak heran karena memberi hasil yang sangat bagus untuk para penggunanya.

Belum lagi plugin ini juga sangat cocok untuk pemakaian mayoritas theme WordPress pada umumnya. Plugin menjadi plugin related post yang paling direkomendasikan saat ini. Tidak heran jika penggunanya juga banyak dan terus bertambah.

18. WP Smush

Setiap artikel yang diposting di blog akan semakin lengkap jika mempunyai gambar sebagai ilustrasinya. Kebanyakan gambar yang diupload ke blog mempunyai ulkuran yang lebih kecil. 

Paling tidak ukuran gambar tadi masih dikompress sampai menghasilkan ukuran yang kecil tanpa mengurangi kualitasnya.

Sehingga memori disk di server tentunya harus dioptimalkan dengan baik supaya keepatan blog juga dapat ditingkatkan. Plugin sederhana WP Smush hadir sebagai jawabannya. Anda dapat mengompres ukuran gambar saat ingin mengupload ke blog WordPress.

19. NextGen Gallery

Bagi yang ingin membuat galeri di website WordPress, plugin yang satu ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk digunakan. 

Plugin ini memungkinkan pengguna dapat menampilkan kumpulan foto yang tergabung di galeri menjadi lebih responsif dan rapi dari sebelumnya.

Galeri juga mudah dioptimasi dan diatur sesuai kebutuhan pengguna. Tidak heran jika plugin ini sangat perlu digunakan agar tampilan website menjadi lebih menarik dari biasanya. Anda bisa coba sekarang dan rasakan tampilan WordPress yang makin bagus.

20. Google Analytics Dashboard for WP

Plugin ini telah terintegritas dengan akun Google Analytics yang Anda miliki. Jadi jika tidak mau repot harus membuka dashboard blog dan Google Analytics sekaligus, plugin ini dapat digunakan. 

Jadi Anda dapat melihat laporan pengunjung dengan mudah di dashboard masing-masing pengguna.

Plugin ini memiliki tampilan yang sederhana serta tepat sasaran untuk digunakan penggunanya. Anda dapat melihat laporan pengunjung dengan mudah setiap periodenya. 

Belum lagi pengunjung yang dilihat juga realtime sehingga memudahkan proses optimasi penggunanya.

21. BJ Lazy Load

Ada plugin lain yang bisa digunakan untuk mempercepat proses loading blog yang Anda miliki, yakni BJ Lazy Load. 

Plugin ini cukup populer untuk digunakan. Plugin ini memberi efek penting di setiap elemen gambar yang tersedia di blog. Cara kerjanya lumayan mudah. Setiap gambar di blog tidak muncul secara bersamaan.

Namun muncul satu per satu mengikuti gerak pembaca yang melakukan scroll ke bawah. Jadi browser meloading gambar satu per satu sesuai scroll yang dilakukan pengunjung. 

Dengan proses yang seperti ini tentunya proses loading menjadi lebih cepat tanpa mengganggu kenyamanan pengguna.

22. Redirection

Mengganti permalink serta menghapus segala konten yang pernah dipublish bakal menghasilkan 404 not found karena permalink yang sudah tidak eksis lagi. 

Hal tersebut tentunya membuat gangguan pada SEO blog karena banyaknya halaman 404 yang muncul dari URL yang tidak aktif tadi,

Agar dapat mengurangi halaman tersebut, Anda dapat mengarahkan halaman URL 404 ke URL baru, bisa URL utama ataupun URL lain yang ada di blog. Inilah manfaat utama penggunaan plugin redirection, yakni mengubah link 404 menjadi 301 permanent. Tentu sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan website.

23. WooCommerce

Bagi yang punya niatan membuat toko online berbasis WordPress, plugin ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk digunakan. 

Sudah terintegrasi dengan sistem yang mendukung kepentingan toko online membuatnya menjadi blog WordPress toko online yang optimal sehingga menambah pengalaman pelanggan.

Di plugin ini tersedia beragam fitur yang menambah kecakapan toko online. Misalnya seperti tampilan produk yang sangat menarik, kupon diskon yang terpajang, payment checkout hingga keranjang belanjaan. Di antara plugin yang ada di repository WordPress, plugin ini adalah yang terbaik saat ini.

24. Shortcode Ultimate

Jika menggunakan theme WordPress yang minim fitur di TinyMCE, maka plugin ini dapat menjadi pelengkap terbaik yang sangat istimewa untuk blog Anda. 

Bukan hanya bisa didownload secara gratis saja, plugin juga sangat populer dan punya fitur yang tergolong lengkap ketika digunakan.

Anda dapat membuat shortcode untuk spoiler, tombol dengan ikon dan sebagainya.\Banyak yang bilang jika Shortcode Ultoimate menjadi salah satu plugin WordPress terbaik dan paling banyak digunakan saat ini.

25. P3 Plugin Profiler

Plugin yang satu ini dikembangkan GoDaddy untuk mendeteksi plugin yang banyak memakan resource server. Setelah memeriksa bagaimana beban server yang ada di setiap plugin, tentunya Anda dapat menentukan dengan mudah bagaimana nasib plugin tersebut.

Apakah masih ingin menggunakan plugin tersebut atau malah menguninstall plugin karena mengganggu performa plugin yang lain. Tentu Anda harus mempertimbangkan plugin WordPress terbaik ini supaya website makin bagus dan berkualitas.

26. Nextscript Auto Poster

Bagi yang mempunyai beragam akun media sosial dan ingin membagikan setiap postingan blog ke media sosial tersebut, tentunya Anda akan sedikit repot jika membagikan postingan satu per satu.

Karena itulah Anda harus mengandalkan plugin Nextscript Auto Poster ini. Dengan memanfaatkan plugin ini tentunya Anda dapat mempublikasikan artikel secara otomatis ke setiap media sosial tanpa menghabiskan waktu.

27. AddtoAny Share Buttons

Adanya tombol sharing media sosial di postingan blog bakal meningkatkan pengalaman pembaca untuk membagikan atikel yang diposting ke media sosial yang mereka miliki. Plugin ini memberi pilihan beberapa akun media sosial dengan lengkap serta pilihan untuk follow button.

Dimana setiap pembaca dapat menjadi followers atau likers di Facebook Fan Page khusus blog. 

Plugin ini sangat bagus agar perkembangan website semakin optimal. Selain itu, setiap konten yang sudah Anda bangun di website juga mudah dilirik pengunjung lain berkat adanya plugin ini.

28. Print Friendly and PDF Button

Jika Anda memiliki blog yang sifatnya adalah panduan dan bersifat komprehensif, maka mencetak atau mengubah isi artikel dalam bntuk PDF bisa menjadi pilihan terbaik yang bisa Anda coba. Sayangnya tidak semua artikel dapat dicetak dan diubah menjadi PDF seperti yang Anda inginkan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan plugin ini untuk membuat struktur teks di artikel jadi print friendly serta terlihat apik di PDF. Terlepas bagaimana kompleksnya struktur theme WordPress yang Anda gunakan saat ini.

29. Adsense Integration WP QUADS

Dengan menggunakan plugin ini Anda bisa menyematkan beragam iklan seperti yang diinginkan. Misalnya iklan Google Adsense di banyak tempat sesuai keinginan. Baik di tengah paragraf, akhir paragraf hingga awal paragraf

Anda juga dapat menempatkan iklan di paragraf spesifik, misalnya paragrake ke 4 di setiap artikel yang ada atau sebagainya. Dengan plugin ini proses penempatan iklan menjadi lebih sederhana dan tidak rumit lagi.

30. Image lnject

Ada baiknya setiap tulisan yang diposting di blog dilengkapi dengan satu gambar ilustrasi. Namun mencari gambar terbaik dengan izin memposting ulang hampir sangat sulit untuk didapatkan. 

Bahkan tidak ada gambar yang demikian. Jika Anda asal comot gambar di internet tentunya melanggar hak cipta.

Dengan menggunakan plugin ini Anda dapat mengatasi permasalahan ini dengan mudah. Setelah instal plugin Anda bisa menyetting sedikit langkah supaya gambar di hasil pencarian bisa bebas dari kewajiban lisensi. Setelah itu Anda baru bisa memposting artikel sesuai keinginan.

31. Really Simple Captcha

Plugin ini bisa mengintegrasikan beragam form dengan Captcha agar meningkatkan keamanan bloig dari unsur spam yang merugikan pengguna. 

Meskipun pemakaian Akismet saja sudah cukup, tapi tidak ada salahnya jika mengandalkan plugin ini juga. Tujuannya agar nanti keamanan dapat lebih optimal.

Itu pilihan plugin WordPress gratis yang dapat digunakan. Anda bisa bebas menggunakan plugin yang mana saja.

Setiap plugin umumnya memiliki kelebihan dan keunggulan berbeda-beda. Plugin tersebut juga dihadirkan dengan beragam pilihan sehingga pengguna cukup menyesuaikannya saja. Jadi, menurutmu mana plugin WordPress yang paling cocok untuk digunakan di website Anda?