review kinsta hosting

Review Kinsta, Hosting Luar Negeri Profesional Terbaru

Bagi yang ingin tahu dimana website besar menghostingkan websitenya, jawabannya adalah Kinsta. Tidak sedikit pengguna yang merasa puas dengan layanan dan fitur dari penyedia hosting Kinsta. Tidak heran jika banyak pengguna yang mulai beralih ke sini untuk layanan yang lebih berkualitas/.

Namun ingat, Kinsta bukan tempatnya hosting murah karena semua produk harganya cukup mahal. Tapi tenang karena fitur dan fasilitas yang dihadirkan di dalamnya tidak mengecewakan. Anda bisa membuktikan setelah berlangganan di penyedia hosting ini. Pasti tidak akan menyesal meskipun harus mengeluarkan duit yang cukup besar.

Bagi yang menggunakan CMS WordPress untuk platform website yang digunakan. Atau bagi Anda yang ingin hosting dengan perfoma terbaik, mulai dari uptime handal hingga load time yang super cepat untuk kebutuhan bisnis online.

Atau juga membutuhkan hosting yang didukung dengan infrastruktur terbaik saat ini, maka jawabannya adalah Kinsta. Dengan menggunakan hosting di sini, Anda juga tidak perlu repot untuk mengelola server dan juga keamanan yang menjanjikan.

Mengenal Perusahaan Hosting Kinsta

Hosting menawarkan WordPress expert yang bakal menjaga website WordPress menjadi lebih aman. Belum lagi ada juga sistem backup yang sangat membantu keamanan data penting di website. Semua itu bisa didapat dengan hanya berlangganan di Kinsta sebagai provider managed WordPress hosting terbaik saat ini.

Kinsta adalah perusahaan hosting yang didirikan Mark Gavalda di tahun 2013. Sejak saat itu, Kinsta mempunyai kantor pusat di Budapest, London dan juga Los Angeles. Tidak sama dengan provider hosting pada umumnya, Kinsta hanya fokus di platform WordPress saja.

Jadi keuntungan tersendiri bagi yang menggunakan CMS WordPress. Maksudnya, Kinsta bukan hanya fokus di aspek untuk pengelolaan website WordPress saja. Namun juga lingkungan yang diciptakan juga telah dioptimalkan agar mampu bekerja dengan optimal di WordPress.

Bahkan saat ini, Kinsta juga memakai infrastruktur terbaik dunia, yakni Google Cloud. Artinya, website WordPress akan dihost di infrastuktur yang dibua tdan juga dikelola oleh pihak Google yang juga dipakai untuk perusahaan besar dunia seperti Philips, HTC dan juga Best Buy.

Tak hanya itu, ada hal bagus lain yang bisa didapat di Kinsta. Dimana hal yang dimaksud adalah jaringan tingkat premium Google Cloud yang juga menawarkan 22 lokasi data center di dunia termasuk Singapura.  

Beberapa data center yang dimaksud adalah USA, Belgia, Taiwan, Australia, USA (Oregon), USA (Salt Lake City), Ashburn, dan masih banyak lainnya. Bagi yang ingin tahu seperti apa informasi lebih lanjut mengenai Kinsta, Anda bisa cek review kinsta hosting berikut.

Kelebihan-Kelebihan Hosting Kinsta

Bisa disebut jika Kinsta punya semua hal yang dibutuhkan dari provider managed WordPress hosting profesional. Misalnya, teknologi yang dipakai termasuk yang terbaik, seperti HTTP/2, Nginx, LXD Containers, DNS Via Amazon Route 53 dan tentunya jaringan infrastruktur cloud hosting terbaik, Google Cloud.

Tidak hanya itu saja, Kinsta juga menjamin keamanan pelanggannya. Layanan support yang dimiliki Kinsta juga mendukung Wordress Experts sehingga benar-benar mengesankan. Kami kira sangat sulit untuk mengatakan jika Kinsta bukan hosting terbaik saat ini.

Selain beberapa hal yang kami sebutkan, Anda juga bisa cek kelebihan secara spesifik dari hosting Kinsta ini berikut:

1. Punya performance yang begitu mengesankan

Supaya review yang kami berikan terasa adil, kami membeli paket Starter Kinsta dengan langganan 2 bulan dan domain khusus yang dijadikan sebaga website test. Pengujian atau monitoring yang kami lakukan mencakup uptime dan juga load time. Ternyata hasilnya sebagai berikut:

Kami jelaskan satu per satu mulai dari uptime yang dimiliki Kinsta:

• Uptime

Data uptime yang dimiliki Kinsta sangat mengesankan karena begitu stabil untuk server. Selama 2 bulan pengujian, server Google Cloud yang dipakai Kinsta hanya mengalami downtime sekali saja dengan durasi 17 menit. Rata-ratanya adalah 99,98%.

Bagi yang membutuhkan data monitoring yang lebih panjang, lihat rata-rata uptime yang kami monitoring selama 4 bulan. Dari data tersebut, server Google Cloud yang digunakan Kinsta hanya downtime sebanyak 4 kali dengan durasi 37 menit. Secara keseluruhan rata-ratanya 99,98%.

• Rata-rata response times paling cepat

Diantara web hosting yang kami review, termasuk 20 lebih shared hosting dalam dan mancanegara serta 3 cloud hosting dari CloudWays, Kinsta adalah penyedia hosting tercepat soal rresponse server.

Bahkan dibanding hosting CloudWays dengan server yang mengandalkan Digital Ocean, Kinsta masih jauh unggul lebih dari 100ms. Artinya, Kinsta menjadi pilihan paling bagus untuk Anda yang menggunakan platform WordPress yang menginginkan server menjanjikan.

• Berhasil di Ioad Impact

Untuk menjawab seberapa baik server dari Google Cloud milik Kinsta ini, kami melakukan tes Load Impact. Dengan begitu, nantinya Anda tahu bagaimana server menangani traffic ramai dari pengunjung.

Dari pengujian ini, kami mengirimkan 200 virtual server yang menavigasi website Kinsta selama kurang lebih 10 menit. Menarikna, hasilnha sangat menjanjikan dan tidak bisa disampai dengan berbagai web hosting lain.

2. Teknologi tercanggih masa kini

Bagi yang ingin menggunakan hosting dengan kualitas teknologi tercanggih saat ini, Kinsta adalah salah satu jawaban terbaik. Hal ini dibuktikan dengan beragam teknologi canggih yang disematkan di sini. Adapun teknologi yang dimaksud sebagai berikut:

  • PHP 7.4 Support
  • Full Page Caching
  • MariaDB
  • Infrastruktur Google Cloud Platform
  • HTTP/2
  • LXD containers
  • SSH, WP-CLI di semua paket yang dihadirkan
  • NGINX
  • Free DNS Amazon Route 53
  • Automatic MySQL Database optimization

3. Memiliki control panel yang ramah untuk pemula, cantik dan juga sangat intuitif

Nampaknya, Kinsta tidak puas dengan control panel populer yang ada di pasaran, meskipun itu cPanel yang disebut-sebut sebagai yang terbaik saat ini. Tidak heran jika pihak penyedia hosting membuat control panel yang mereka miliki sendiri dibanding provider lain.

Hal menariknya, control panel yang dibuat pengembang Kinsta ini berbeda dengan control panel lain. Banyak yang bilang jika sistem control panelnya sangat cantik, ramah untuk para pemula dan juga intuitif sehingga benar-benar sesuai dengan website masa kini.

Perlu diingat jika Kinsta memang tidak menggunakan control panel cPanel, Plesk dan juga Direct Admin yang mungkin sering Anda dengar dari penyedia hosting lain. Fakta menarik lainnya, control panel custom dari Kinsta memang hanya fokus pada website WordPress sehingga lebih dioptimalkan.

Tidak heran jika fitur yang tidak ada hubungannya dengan WordPress tidak akan ditemukan di sini. Bahkan meskipun fitur tersebutt adalah salah satu yang diunggulkan di control panel sebelah. Dari dashboard utama control panel ini, Anda bisa melakukan banyak tugas harian.

Contohnya seperti menambah website baru, mengaktifkan keamanan SSL, mengatur DNS seperti sedemikian rupa, backup, restore, clone website hingga analytic website itu sendiri. Untuk apa fitur tersebut Anda bisa cek di poin berikutnya.

4. Memiliki fitur yang sangat kaya dan sudah dioptimalkan dengan website WordPress

Banyak yang suka Kinsta bukan hanya dari load time, uptime yang bagus dan beberapa keunggulan lain. Namun juga karena disuguhi berbagai fitur modern dan menjanjikan untuk memaksimalkan kinerja website WordPress.

Dasarnya, semua fitur yang Anda perlukan untuk melakukan tugas harian WordPress bisa didapat semuanya di Kinsta. Untuk detail fitur yang dihadirkan bisa cek ulasan berikut:

• Fitur restore dan backup

Kabar bagus ditujukan untuk Anda yang mengeluarkan duit untuk menggunakan plugin backup premium BackupBuddy dan juga UpdraftPlus. Pasalnya Kinsta memberi fitur backup harian yang dapat digunakan secara gratis dan disediakan di semua paket hosting yang disediakan, termasuk paket termurah.

Dengan ini Anda dapat menghemat biaya hingga $70 per tahun jika memakai plugin backup premium lainnya. Data dari backup tersedia ulai dari 14 hingga 30 hari tergantung paket hosting yang dibeli. Di sini Anda juga bisa melakukan restore dan juga backup manual jadi lebih aman.

• Fitur Staging Environment

Selain fitur restore dan juga backup yang sudah kami bahas di awal, fitur ini menjadi salah satu fitur unggulan yang tidak dimiliki di penyedia hosting lain. Dimana Anda bisa mengetes plugin dan tema sesuai keinginan.

Selain itu masih banyak fitur lain yang tidak bisa dijelaskan satu persatu. Misalnya fitur Website Tools, User Management, Melihat Website Analytics, gratis premium Kinsta DNS, fitur Redirect dan masih banyak fitur lainnya.

5. Support yang ditangani langsung WordPress Expert

Ini menjadi salah satu kelebihan utama kenapa harus menggunakan Managed WordPress Kinsta. Dimana semua permasalahan yang terjadi pada website WordPress akan ditangani oleh WordPress Expert langsung. Tentunya sangat berpengalaman dan ahli di bidangnya sehingga solusi lebih tajam.

Faktanya, kami sudah memonitoring hosting Kinsta selama 10 bulan dan selama itupun tidak ada masalah yang tidak bisa ditangani oleh Kinsta. Jadi, kami percaya jika Anda mengalami masalah apapun, timnya akan mengatasi dan memberi solusi terbaik untuk para pelanggan. Bahkan saat website Anda dihack atau diserang malware sekalipun.

Di sini Anda bisa bertanya dan konsultasi mengenai berbagai cara teknis. Bahkan pihaknya dapat membantu untuk blocking website yang mengirim fake atau spam traffic. Kabar baiknya, ada dua tim support yang asalnya dari indonesia, yaikni Mas Thoriq dan Mas Agus yang berasal dari Surabaya dan Jakarta.

Pastikan Anda meminta untuk diforward ke dua tim ini jika mengalami kesulitan bahasa. Kinsta memiliki support yang begitu profesional dan berpengalaman. Tidak heran karena responnya kurang dari 5 menit dan layanannya berlaku 24 jam.

6. Punya security yang bisa diandalkan

Keamanan website menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat memilih hosting dan membangun website yang profesional. Kinsta sendiri melakukan langkah aktif dan pasif untuk menghentikan berbagai serangan yang nanti muncul di website Anda.

Contohnya dari melakukan monitoring uptime website setiap dua menit sekali sampai mendeteksi saat ada serangan DdosS saat dmenghentikannya. Jika website Anda berhasil disusupi oleh hacker jahat, Kinsta memberi tawaran hack fix guaranttee.

Mereka bekerja maksimal untuk mengembalikan website tadi hingga kembali secara normal. Anda tidak perlu membayar karena layanan ini diberikan secara gratis. Selanjutnya, pihak Kinsta juga akan mengirimi email jika ada masalah plugin yang rentan saat digunakan di website.

Selanjutnya, Anda diberi arahan apa saja yang harus dilakukan saat itu. Contohnya seperti mematikan plugin yang rentan tadi hingga mengupdate ke versi terbaru. Semua ini tentu sangat membantu pengguna hosting Kinsta itu sendiri.

7. Gratis CDN yang kerjasamanya dengan KeyCDN

Di bulan November 2017 silam, Kinsta memberi tawaran integrasi CDN dengan penyedia CDN paling bagus saat ini, KeyCDN. Pemakaian CDN dan juga Google Cloud menjadi kombinasi yang bagus untuk meningkatkan performance dan juga kecepatan website ke level tertinggi.

Hal menariknya lagi, fitur tersebut bisa dinikmati secara gratis tanpa membayar. Fitur juga diberikan untuk semua penikmat hosting, termasuk pelanggan hosting yang berlangganan paket termurah, Startre. Anda bisa mengaktifkannya dengan satu klik saja. Jadi anti ribet.

8. Gratis migrasi ke Kinsta

Secara umum memang tidak banyak yang menyediakan lokasi server sebanyak provider hosting FastComet. Hal ini fakta dan bisa dibandingkan engan povider lainnya secara global. Setidaknya mereka mempunyai 11 data center yang tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang berdekatan dengan Indonesia.

Bagi yang tertarik dengan hosting dari FastComet, Anda bisa saja menghostkan website yang berbahasa Indonesia. Jika demikian, And dapat memilih lokasi server yang dekat dengan indonesia, yakni Singapore.

9. Punya Knowledge Base yang sangat lengkap

Ada banyak hal yang percaya atau tidak percaya, hal tersebut kami sukai dari Kinsta. Salah satunya adanya halaman knowledge base yang lengkap dengan panduan yang bagus. Belum lagi blog yang mereka miliki juga sangat aktif sehingga informasinya selalu update.

Nampaknya Kinsta benar-benar sangat serius dengan bisnis yang mereka jalankan saat ini. Bahkan kami kira tidak ada penyedia hosting di luar sana yang seprofesional Kinsta.

Kekurangan Hosting Kinsta

Meskipun kelebihan Kinsta ada banyak sekali, tapi bukan berarti Kinsta tidak memiliki kekurangan. Ada beberapa kekurangan yang mencolok dari Kinsta. Adapun kekurangannya sebagai berikut;

1. Tidak menjadi pilihan hosting murah

Seperti yang sudah disebutkan di awal, hosting Kinsta itu bukan pilihan bagi Anda yang mencari hosting murah. Tidak heran karena kinsta tidak menyediakan pilihan hosting low cast budget. Harga paket termurah untuk berlangganan di Kinsta saja $30 per bulan.

Biaya tersebut hanya bisa digunakan untuk menghostkan 1 website WordPress. Bagaimana jika Anda memiliki 2 website? Tentu saja Anda harus menggunakan hosting Pro dengan biaya langganan $60 per bulan atau $100 per bulan untuk 5 website.

Sayangnya, Kinsta juga membatasi bandwidth yang mereka miliki. Di sini mereka tidak menyebutnya dengan nama Bandwidth tapi moontly visits. Paket starter saja hanya mampu menampung 20 ribu kunjungan per bulan.

Bagaimana jika kunjungannya lebih dari 20 ribu? Anda harus membayar biaya tambahan sebesar $1 untuk 1000 kunjungan selanjutnya Dari sini tentunya Anda sudah tahu jika Kinsta digunakan untuk kalangan pebisnis dan juga pengembang.

2. Tidak menyediakan pilihan pembayaran lewat Paypal

Hingga saat ini, Kinsta hanya menyediakan pilihan paket dengan pembayaran melalui kartu kredit. Tetapi Anda juga bisa memakai Prepaid Master/Visa Card, contohnya seperti Neteller dan juga Payoneer. Sejauh yang kami tahu, Payoneer adalah pembayaran yang sangat aman.

3. Tidak menjual email hosting dan domain

Seperti yang sudah disebutkan di awal jika Kinsta itu hanya menyediakan hosting untuk managed WordPress saja. Perusahaannya tidak menjual domain. Artinya Anda harus membeli di perusahaan lain seperti GoDaddy dan juga Namecheap untuk mendapat domain yang diinginkan.

Selanjutnya mengarahkan nameserver domain milik Anda ke nameserbver Kinsta. Tak hanya itu saja, Kinsta juga tidak memiliki layanan email hosting. Artinya, pengguna harus memakai layanan third party supaya bisa mengirimkan email.

Apakah Kinsta Hosting Direkomendasikan Untuk Digunakan?

{{ reviewsTotal }} Review

{{ reviewsTotal }} Reviews

{{ options.labels.newReviewButton }}
{{ currentUserData.canReviewMessage }}