review jetorbit hosting indonesia

Review Jetorbit Hosting Indonesia

Hosting yang ada di Indonesia itu sangat melimpah dan bahkan terus bertambah hingga sekarang. Ada pemain lawas dan ada juga pemain baru. Dari segi fitur dan paket juga beragam dengan daya tarik masing-masing. 

Artinya, Anda bebas mau memilih hosting yang mana tapi tetap memperhatikan kebutuhan website. Contoh pemain hosting baru di Indonesia adalah JetOrbit.

Tidak heran karena hosting ini baru berdiri tahun 2012 silam. Karena tergolong baru, wajar saja jika banyak yang belum terlalu mengenai hosting ini. 

Bahkan cenderung banyak yang meremehkan kualitas hostingnya/ Sama dengan berbagai hosting populer lain seperti Niagahoster, Hostinger Indonesia,  JogjaHost, DomaiNesia, ArdetaMedia, hosting ini bermarkas di Yogyakarta.

Atau lebih tepatnya di Sleman. Jika dipikir-pikir, Yogyakarta bukan hanya kota pelajar tapi juga kota developer. Mungkin di review Jetorbit kali ini tidak akan banyak yang dibahas. Pasalnya web hosting ini belum ada informasi seputar tentang kami. Namun review sudah dilakukan dengan data terbaik.

Kelebihan Menggunakan Hosting Indonesia JetOrbit

Umumnya ada 3+1 yang dipakai untuk mengetahui performa server hosting, yakni support, page loading, uptime dan juga load impact. Menurut data yang telah kami temukan, JetOrbit memiliki performa yang sangat mengejutkan karena termasuk yang paling stabil dibanding provider hosting lain di Indonesia.

Ini tentu langkah baik untuk JetOrbit mengingat menjadi pemain baru di dunia hosting Indonesia. Untuk lengkap, Anda bisa simak kelebihan-kelebihan yang bisa ditemukan di JetOrbit berikut

1. Memiliki Uptime yang paling stabil

Dalam penelitian terbaru yang kami lakukan, ada dua hosting yang bisa menjaga server tetap stabil untuk pelanggan dengan waktu yang ideal, salah satunya adalah JetOrbit ini./ JetOrbit memiliki rata-rata yang stabil di angka 99,93% dan termasuk uptime yang paling baik diantara semua web hosting yang ada di Indonesia. Untuk data lengkapnya bisa simak berikut:

Dari data yang sudah disajikan, JetOrbit hanya gagal di bulan April 2020 saja. Dimana pada bulan itu, server mengalami down sebanyak 30 kali dengan total waktu down 2 jam. Namun untuk bulan-bulan lainnya, uptime yang mereka miliki sangat bagus.

Untuk menambah kenyamanan pelanggan, JetOrbit juga mempunyai halaman uptime monitoring yang dapat diakses di halaman https://uptime.jetorbit.com/

2. Sukses menyelesaikan load impact tanpa gagal

Baru-baru ini, untuk mengetahui baik buruknya kualitas website ada tambahan berupa load impact. Apa itu? Ini adalah proses bagaimana suatu website mendapat response server saat mendapat pengunjung 15 sampai 25 pengunjung secara bersamaan dalam kurun waktu 10 menit.

Tentu saja Anda ingin kecepatan website tetap baik saat pengunjung pertama hingga pengunjung seterusnya bukan? Jika iya, load impact bisa menentukan segalanya untuk kualitas hosting tersebut. Hasil tes di JetOrbit sebagai berikut:

3. JetOrbit Ada Sistem Backup Offsite sehingga lebih aman untuk data

Saat ini tidak banyak provider yang memberi back up offiste untuk pelanggannya. Namun kabar baiknya, JetOrbit menyediakan backup offsite tersebut sehingga benar-benar membantu pelanggannya. Artinya, website yang Anda miliki akan dibackup di luar backup yang dilakukan oleh sistem.

Contohnya jika terjadi sesuatu pada website, seperti hosting tiba-tiba kena hacker yang membuat data hilang. Maka Anda tidak perlu khawatir lagi karena jetOrbit mempunyai cadangan backup yang diberikan di luar backup sistem yang mereka gunakan. Jadi, kapanpun membutuhkan backup tersebut, Anda tetap bisa meminta ke tim support.

4. Hostingnya beragam dengan pilihan sewa yang bervariasi

Hosting yang disediakan di JetOrbit tergolong sangat beragam. Menariknya waktu penyewaannya juga bervariasi. Anda bisa menyewa untuk bulanan, tiga bulan, enam bulan hingga 3 tahunan. 

Harga hosting yang dimilikinya juga tergolong murah tapi bukan berarti murahan. harga yang ditawarkan juga tergolong adil. Jadi cocok untuk budget berapapun.

5. Ada WordPress Hostingnya

Bagi pengguna CMS WordPress, JetOrbit menyediakan tawaran menarik yang cocok untuk Anda. Dimana tersedia hosting untuk WordPress. Dengan tersedianya hosting ini tentu saja akan menambah kenyamanan pengguna CMS ini. Dari sisi keamanan juga akan lebih mempermudah pengguna CMS-nya.

6. Ada layanan migrasi gratis

Migrasi gratis menjadi salah satu layanan penting untuk pelanggan. Khususnya bagi yang sudah berlangganan di web hosting lain dan ingin pindah ke JetOrbit. Perusahaan ini menyediakan proses migrasi yang gratis dan tergolong cepat. Anda tidak akan kena biaya tambahan untuk migrasi hosting.

Hasil Test Review Jetorbit

Tes pertama

Pertama, jumlah request memang harusnya meningkatkan selama bertambahnya virtual user dan ini adalah hal normal. Setelah itu, waktu response idealnya memang harus stabil dan tidak ada lonjakan atau kenaikan ketika virtual user bertambah 1 ataupun sudah di angka 15. Nyatanya, selama uji coba tersebut, waktu response JetOrbit bisa dibilang stabil.

Memang ada beberapa kali kenaikan, tapi intensitasnya tidak terlalu banyak dan ini menjadi indikasi yang bagus untuk server. Faktanya, ada 4 dari 16 provider hosting di Indonesia yang waktu response stabil, JetOrbit adalah salah satunya. Artinya, paket hosting yang ada di JetOrbit bisa menghandle traffic pengunjung online meskipun secara bersamaan.

Tes kedua

Di tes kedua ini, ternyata waktu responsenya sudah tidak stabil karena terus naik dan turun. Meskipun ada kenaikan tapi naiknya tidak terlalu tinggi. Yang paling tinggi di sini adalah 0,476 detik yang masih tergolong normal. Sejauh ini server yang dimiliki JetOrbit memang sangat bagus.

Kekurangan Yang Dimiliki Jetorbit

Selain kelebihan yang ditawarkan, JetOrbit ternyata juga memiliki berbagai kekurangan. Kekurangan inilah yang sebenarnya merusak performa dari JetOrbit itu sendiri. Untuk detailnya, simak kekurangan-kekurangannya berikut;

1. JetOrbit Mengalami Penurunan Load Time

Uptime yang stabil milik JetOrbit tidak cukup, Anda tentunya harus memastikan server mempunyai page load yang cepat juga. Idealnya, kecepatan website yang bagus itu tidak lebih dari 1 detik.

Lantas bagaimana dengan JetOrbit, di beberapa bulan awal monitoring memang bagus, tapi untuk bulan terakhir monitoring ternyata buruk alias menurun. Berikut data lengkapnya:

Dari data yang sudah ditampilkan, terjadi kenaikan load time di bulan Maret hingga Mei 2020.  Naik di sini artinya melambat dan itu tidak baik.  Melambatnya server ini bukan tanpa alasan. 

Alasan utamanya karena ada upgrade yang dilakukan oleh pihak pengembang. Jadi untuk kedepan, kita bisa lihat sendiri bagaimana hasilnya.

2. Mempunyai aturan garansi yang begitu ketat

JetOrbit memang memberi garansi untuk hosting yang ditawarkan hingga 30 hari. Namun dengan catatan untuk menikmati garansi tersebut, Anda harus memenuhi ketentuan terlebih dahulu.

Tidak heran jika banyak pelanggan yang menyebut jika JetOrbit sama saja tidak memberi garansi 30 hari ini. Kenapa bisa begitu? Berikut alasannya;

Klaim bisa dilakukan jika uptime kurang dari 99%

JetOrbit memberi jaminan uptime 99,9% tapi garansi yang disediakan adalah kurang dari 99% saja. 

Mungkin dari angka sangat tipis karena hanya 0,9 saja. Tapi nyatanya dalam hitungan  kalkulator uptime, jumlah tersebut sangat besar. 99,9% di sini artinya website memiliki uptime dengan downtime rata-rata 43 menit atau 49.7 detik per bulan

Berbeda dengan 99% yang artinya website harus down 7 jam 18 menit atau 17.5 detik setiap bulannya. Bedanya hampir 7 jam dan itupun harus dimonitoring lewat uptimerobot.com terlebih dahulu.

 

Anda tidak dapat klaim garansi tanpa bukti kuat

Artinya, jika Anda hanya kecewa dengan satu atau dua layanan saja di JetOrbit, bisa dipastikan tidak dapat klaim garansi.

3. Supportnya bagus sayangnya tidak 24 jam non stop

Pertama, support JetOrbit yang bertemakan agak teknikal itu bisa dilakukan melalui tiket. Sayangnya, ini bukan hal yang baik karena biasanya membutuhkan waktu yang lama. Belum lagi jika Anda membutuhkan tanggapan yang urgent tentu saja tiket ini bukan pilihan yang baik untuk Anda.

JetOrbit sendiri memiliki aturan layanan tike dalam waktu 1×24 jam. Untuk pertanyaan dasar seperti cara membuat akun email dan sebagainya, Anda akan diberikan link untuk jawaban tadi. Ini bukan support yang baik meskipun hampir semua support provider hosting di Indonesia menggunakan sistem yang seperti ini.

Namun beberapa provider luar negeri seperti SiteGround, MDD Hosting menyediakan layanan yang sebaliknya. Mereka akan memandu hingga masalah Anda tadi selesai. 

Buruknya lagi, JetOrbit tidak menyediakan support 24 jam non stop. Hanya ada di waktu 5 pagi hingga 10 malam saja.

Ini adalah alasan kuat kenapa kami memasukkan support di kekurangan JetOrbit. Namun support yang diakses melalui tiket meskipun balasannya adalah 1×24 jam, tapi Anda bisa mendapat balasan lebih cepat, yakni kira-kira 15 menit.

4. Backup hanya dilakukan sekali dalam seminggu

Ada batasan backup yang dimiliki JetOrbit. Dimana backup di akun hosting hanya bisa dilakukan sekali dalam seminggu dengan penyimpanan backup sebanyak 4x setiap akunnya.. Hal ini berbeda dengan beberapa penyedia hosting lokal seperti DomaiNesia yang memberi fitur backup secara harian.

Tapi tetap saja Anda disarankan untuk menggunakan layanan backup sendiri dan jangan terlalu tergantung dengan provider. Pasalnya Anda tidak tahu jika penyedia hosting gagal untuk backup file yang Anda miliki. Tentu saja hal ini sangat beresiko karena membuat data dalam website bisa terhapus.

5. Paket Pluto ada batasan sumber daya

Perlu diketahui jika Pluti itu digunakan untuk website atau blog yang hanya mempunyai beberapa halaman saja. Misalnya seperti portofolio, CV dan sebagainya./ pasalnya, paket ini hanya memiliki penyimpanan 300 MB saja.

Rangkuman Hosting Yang Disediakan Di Jetorbit

Paket hosting di sini terbagi menjadi beberapa paket dan layanan. Untuk lebih lengkapnya berikut paket hosting tersebut:

1. Shared hosting

Dibagi menjadi tiga paket utama, yakni paket personal (Pluto, Merkurius dan Mars, paket bisnis (Venus, Earth, Jupiter) dan paket Sensasional. Setiap paket memiliki harga dan fitur yang berbeda-beda sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan website Anda masing-masing. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 12 ribu rupiah.

2. Paket WordPress Hosting

Menariknya, JetOrbit juga menyediakan paket WordPress untuk CMS WordPress. Di sini ada beberapa pilihan paket yang biaya sewanya mulai dari Rp 59 ribu per bulan. Di paket ini, Anda sudah mendapat unlimited bandwidth. Untuk fitur atau fasilitas lainnya juga beragam.

Selain dua paket hosting populer ini, JetOrbit juga menyediakan layanan lain seperti reseller hosting dengan panel DirectAdmin dan juga layanan Cloud Hosting Dedicated Server sehingga bisa menambah performa website.

Fitur dan Layanan

JetOrbit menyediakan berbagai fitur dan layanan secara gratis untuk pelanggan. Berikut fitur dan layanan yang dimaksud;

  1. Ada registrasi domain .com gratis yang bisa digunakan untuk rancangan hosting bisnis
  2. Ada sertifikat SSL gratis untuk semua penggunanya
  3. Instaler CMS yang tergolong sangat mudah
  4. Ada layanan migrasi situs web yang gratis untuk digunakan
  5. Memiliki uptime sangat baik di angka 99%
  6. Ada email hosting untuk setiap pengguna

Diatas adalah fitur-fitur yang disediakan di JetOrbit.

Berikut berbagai layanan yang ditawarkan di sini untuk menambah performa website Anda;

1. liteSpeed Web Server dan CloudLinux

Kombinasi ini membuat kecepatan muat menjadi lebih tinggi dan perlindungannya juga lebih maksimal yang nanti dapat dialokasikan ke akun Anda melalui server.

2. WordPress Hosting

JetOrbit menerbitkan rancangan yang ditujukan untuk WordPress dan bisa diprainstalasi CMS ini. Jadi menambah kualitas website

3. Penyimpanan SSD

Solusi hosting yang disediakan JetOrbit sudah menjalankan penyimpanan SSD untuk mendapat performa yang optimal didalamnya

4. Website Builder

Rancangan shared hosting hadir dengan builder situs web sehingga memudahkan Anda untuk membuat situs website

5. Dukungan untuk bahasa script tingkat lanjut

JetOrbit juga mendukung bahasa seperti Ruby on Rails, Git, PHP, dan tentu saja MySQl sehingga meningkatkan pengalaman pengguna saat memakai hosting ini.

JetOrbit mempunyai situs yang juga sangat modern dan ramah untuk para penggunanya. Mereka juga menangani setup serta proses instalasi software dan akuyn bisa diaktifkan dengan cepat karena tidak menunggu waktu yang lama.

Apakah Merekomendasikan JetOrbit?

Dari data yang sudah ditampilkan di atas, sebenarnya JetOrbit itu adalah web hosting yang baik. Alasannya karena beberapa keunggulan yang sudah dibahas sebelumnya. Sayangnya, performa dari JetOrbit sendiri juga terus menurun seperti data yang ditampilkan di atas.

Itu adalah review mengenai JetOrbit. Hosting ini adalah salah satu yang paling banyak direkomendasikan karena harga paket hosting yang tergolong terjangkau dengan layanan atau fitur yang tidak terlalu buruk.