jetdino hosting murah

Review Jetdino Hosting Indonesia Terbaik

Ada banyak penyedia web hosting di Indonesia. Setiap penyedia hosting tentunya punya layanan berbeda. Contoh provider web hosting yang memberi banyak layanan kepada pengguna website adalah Jetdino.

Jetdino termasuk provider terbaik hosting yang memberi tawaran paket hosting menarik dengan harga yang terjangkau dan bervariasi. Di sini Ada bisa memilih paket hosting yang disediakan dengan spesifikasi serta harga yang sesuai dengan kebutuhan website building masing-masing.

jetdino review

Menariknya, ada juga berbagai promo menarik yang membuat penyedia hosting ini makin diminati pengguna. Jetdino hadir di pasar hosting sejak 2010 silam. Artinya, penyedia hosting ini sudah berpengalaman di industri hosting lebih dari 10 tahun.

Bermarkas di Jakarta, tentunya Jetdino memberi paket hosting yang servernya juga beragam. 

Tercatat di Jetdino, Anda bisa memilih dua server utama seperti dari USA dan Indonesia. 

Bagi yang mau pesan di sini, berikut kami gambarkan review lengkap seputar hosting Jetdino.

Kelebihan yang ditawarkan oleh Jetdino

Tidak sedikit yang memilih hosting Jetdino karena beragam kelebihan yang ditawarkan di sini. Jika dirangkum, berikut beberapa kelebihan yang menonjol dari Jetdino:

1. Adanya fitur Daily dan Weekly Backup menggunakan JetBackup

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih hosting adalah fitur backup yang ditawarkan oleh perusahaan terkait. Jetdino menyediakan fitur backup yang bisa digunakan secara harian dan mingguan. Paket backup ini bisa digunakan untuk semua paket hosting yang sudah diberikan.

Menariknya, backup juga menggunakan teknologi JetBackup. Artinya, data dari website akan dicadangkan dengan teknologi tercanggih setiap hari dan setiap minggu. Proses backupnya juga diberikan secara gratis sehingga Anda tidak perlu menambah biaya sewa hosting.

2. Menyediakan harga Flat

Harga hosting yang ditawarkan di sini menggunakan sistem harga flat, baik itu untuk hosting  unlimited maupun paket enterprise. Maksudnya, tidak ada selisih harga yang berarti meskipun Anda memesan atau berlangganan selama 1 bulan saja.

Bahkan bagi yang mau berlangganan satu tahun, harga paket hosting yang disediakan juga lebih hemat. Perlu diketahui jika harga paket hosting untuk server USA dan Indonesia itu sama dan tidak ada perbedaan. Inilah salah satu alasan kenapa banyak yang menggunakan paket hosting ini.

3. Gratis migrasi hosting

Kadang banyak sekali pengguna website yang merasa sudah berlangganan di hosting lain tapi tidak puas dengan layanan dan fitur yang dihadirkan. Akhirnya, banyak yang memutuskan untuk pindah ke hosting lain yang dianggapnya lebih baik dan unggul.

Bagi yang punya keinginan demikian, Jetdino menyediakan fitur biaya migrasi hosting gratis untuk para penggunanya. Sehingga Anda tidak harus mengeluarkan dana tambahan jika ingin tranfer hosting ke penyedia hosting Jetdino.

4. Ada paket hosting langganan per bulan

Maraknya provider hosting yang ada saat ini membuat perusahaan jarang menyediakan paket hosting berlangganan per bulan. Namun tenang karena di Jetdino, Anda bisa menikmait paket hosting berlangganan per bulan. Jadi bisa mudah untuk melakukan monitoring nantinya.

Sebenarnya di sini ada beberapa pilihan paket berlangganan. Misalnya paket berlangganan selama 1 bulan, 3 bulan, 6 biulan dan 12 bulan alias 1 tahun. Dari segi harga tentu juga berbeda. Bagi yang berlangganan hingga 6 bulan atau 1 tahun, Anda mendapat harga terjangkau alias paket hemat.

5. Banyak tersedia paket unlimited

Kebutuhan website saat ini terus bertambah. Tidak heran karena algoritma Google memang terus berubah dan tidak bisa diprediksi. Bagi yang ingin memenuhi kebutuhan para pengunjung, Anda bisa berlangganan paket unlimited, mulai dari unlimited bandwidth, database, email dan sebagainya.

Hal ini bisa didapat di Jetdino. Perusahaan ini menyediakan beberapa pilihan paket hosting unlimited sehingga kebutuhan website makin terpenuhi. Di sini tersedia paket unlimited bandwidth sehingga jumlah pengunjung tidak terbatasi.

6. Paket dan layanan hosting yang beragam

Jetdino juga menyediakan paket hosting yang beragam sehingga membantu pengguna yang ingin memaksimalkan performa websitenya. Setiap paket hosting tersebut memiliki harga yang berbeda tapi tetap saja sangat terjangkau.

Tak hanya itu, setiap paket hosting juga memiliki fitur yang beragam sehingga dapat dianalisa mana paket yang dibutuhkan. Bagi yang mencari paket hosting terlengkap dengan harga murah, Jetdino menjadi rekomendasi terbaik.

7. Uptime yang cukup stabil

Untuk menentukan baik buruknya suatu hosting, uptime menjadi perhatian yang sangat penting. Di Jetdino, selama pantauan 5 bulan terakhir memiliki data uptime yang cukup bagus karena stabil. Namun ada beberapa bulan awal yang memang cukup buruk karena berada di bawah rata-rata uptime seharusnya. Berikut datanya:

Dari data yang sudah disediakan, bisa disimpulkan server tidak stabil pada dua bulan pertama awal tahun 2020. Selanjutnya cukup bagus dan bahkan terus naik. Bisa diamsumsikan, kemungkinna besar pihak Jetdino sedang mengupgrade sistemnya. Tapi untuk jawabannya, Anda bisa tunggu di update berikutnya.

8. Support yang cukup bagus

Jetdino juga memiliki layanan support yang cukup bagus dibanding penyedia web hosting lain di Indonesia. Meskipun kendala teknis harus menggunakan link panduan bukannya layanan CS, tapi overall cukup bagus.

Customer service yang digunakan di sini juga punya respon yang cepat dan tanggap. Kendala apapun bisa ditangani dengan baik. Hanya saja seperti di awal, layanan teknisnya masih menggunakan link panduan. Sebenarnya cukup mengecewakan karena sudah banyak web hosting di luar yang menggunakan teknis langsung dari CS.

Kekurangan dari Jetdino

Selain ada kelebihan web hosting yang telah disebutkan di awal, Jetdino juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut kekurangan yang paling nyata dari Jetdino;

1. Tidak memiliki garansi

Hal yang sangat disayangkan dari hosting sekelas Jetdino. Penyedia hosting ini tidak memberi garansi untuk setiap pembelian hosting yang dilakukan para penggunanya. Tentu saja hal ini cukup menjadi kekurangan yang sangat fatal bagi Jetdino.

Mengingat banyak perusahaan penyedia hosting yang sudah memberi garansi setidaknya selama 30 hari. Namun untuk menyiasati tidak adanya garansi ini, Anda bisa membeli paket 1 bulan terlebih dahulu.

Jika dikira server dan performanya bagus, bisa memperpanjang., tapi jika sebaliknya, bisa langsung cari penyedia web hosting lain. Memang cukup mengecewakan sih sebenarnya. Belum lagi ini sekelas penyedia hosting Jetdino.

2. Tidak memiliki Free Domain Untuk Personal Hosting

Kekurangan selanjutnya yang paling terasa dari Jetdino di sini adalah tidaknya free domain bagi pembeli yang berlangganan personal hosting. Amat disayangkan, mengingat beberapa paket hosting lain sudah diberi free domain.

\Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengeluarkan dana tambahan atau bisa memilih paket enterprise. Meskipun harga berlangganannya cukup tinggi tapi di paket tersebut sudah menyediakan free domain. Sayangnya paket ini juga memberi free domain untuk 1 tahun pembelian pertama.

3. Tidak ada paket unlimited storage

Meskipun di paket ini ada pilihan unlimited bandwidth, sayangnya Jetdino tidak memberi paket unlimited storage untuk paket hosting yang ia tawarkan. Semua paket hosting yang ditawarkan, baik personal ataupun Enterprise dibatasi storage maksimal.

Misalnya untuk paket personal, storage yang ada hanya sebatas 4 GB saja. Sedangkan paket maksimal enterprise hanya memberi storage sebesar 60 GB saja. Tentu ini tidak  bisa memenuhi kebutuhan website yang terus meningkat.

4. Tampilan website utama yang terlalu simple

Memang tampilan simple dari website sangat membantu pemula yang ingin memesan hosting. Sayangnya, Jetdino terlalu kebablasan untuk masalah simple ini. Dimana tampilan websitenya terlalu simple dan agak monoton.

Paket Hosting Yang Disediakan Jetdino Dan Harganya

Provider hosting ini menyediakan beberapa pilihan paket hosting yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Tentu saja setiap hosting juga punya spesifikasi dan harga berbeda-beda. Ini tergantung layanan yang didapat. Kami rangkumkan paket hostingnya berikut:

1. Paket starter

Paket pertama yang disediakan di Jetdino adalah paket personal starter yang bisa didapat dengan biaya langganan Rp 25 ribu. Dari biaya tersebut, ada beberapa fitur yang disediakan untuk kebutuhan website makin terjamin.

Misalnya seperti 1 GB SSD storage, 1 vCPU, 20 EP, 2 addon domain, unlimited subdomain, control panel cPanel dan masih banyak lainnya. Hosting ini cocok untuk keperluan website personal yang tidak terlalu berat.  Atau juga bisa untuk CV online saat melamar pekerjaan.

2. Paket Standard

Paket berikutnya yang bisa dibeli di Jetdino adalah paket Standard, Paket ini memiliki spesifikasi fitur dan layanan yang lebih unggul dibanding paket hosting sebelumnya. Karena itulah harga berlangganan paket ini adalah Rp 35 ribu per bulan.

Dari biaya berlangganan tersebut, Anda bisa mendapat fitur 2 GB SSD storage, RAM 1 GB, unlimited email, unlimited subdomain, control cPanel hingga unlimited database. Benar-benar sangat membantu untuk keperluan website Anda.

3. Paket profesional

Paket profesional juga disediakan di hosting Jetdino. Sesuai namanya, paket profesional ini digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan profesional. Untuk menikmati paket, Anda harus berlangganan seharga Rp 40 ribu per bulan.

Dari segi fitur juga tidak mengecewakan. Anda bisa mendapat 3 GB SSD storage, RAM 1 GB, 1 vCPU, 5 addon domain, 30 EP, no limit IOPS & IO, unlimited subdomain dan sebagainya. Semua fitur tersebut sangat membantu saat Anda ingin website makin berperforma.

4. Paket Advanced

Paket hosting selanjutnya yang didapat dari Jetdino adalah Paket Advanced. Paket hosting ini menawarkan harga langganan sebesar Rp 50 ribu per bulan. Hosting ini cocok untuk keperluan bisnis menengah ke atas yang sudah mulai berkembang.

Fitur yang didapat dari paket ini cukup beragam. Mulai dari 4 GB SSD storage, unlimetered bandwidth, RAM sebesar 1 GB,m unlimited database., gratis backup harian, no limit IOPS & IO, cPanel, unlimited email akun dan masih banyak pilihan fitur lainnya.

Untuk shared hosting, ada paket hosting Enterprise yang mempunyai sumber daya yang besar. Di paketnya ada 4 pilihan yang ditawarkan sehingga bisa disesuaikan dengan budget masing-masing. Berikut paketnya:

  1. Paket Bronze dengan biaya langganan Rp 72 ribu per bulan
  2. Paket Silver dengan biaya berlangganan Rp 132 ribu per bulan
  3. Paket Gold dengan biaya berlangganan Rp 180 ribu per bulan
  4. Paket Platinum dengan biaya berlangganan Rp 300 ribu per bulan

Di setiap paket juga ada fitur gratis domain yang bisa dimanfaatkan untuk pembelian satu tahun di semua paket. Jadi Anda tidak perlu membeli domain lagi untuk bisa mengaktifkan website yang digunakan.

Layanan Lain Yang Disediakan Oleh Jetdino

Tak hanya paket hosting saja, Jetdino juga menyediakan beberapa layanan lain yang tidak kalah menarik. Dengan berlangganan paket hosting ini tentunya membuat kinerja website makin meningkat. Adapun layanan yang ditawarkan sebagai berikut:

1. VPS

Bagi pengguna yang ingin fleksibilitas saat mengelola Virtual Private Server, ada paket VPS dari Jetdino yang bisa dimanfaatkan. Paket VPS yang dihadirkan juga beragam sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing website. Anda bisa memilih VPS OpenVZ, VPS Windows dan juga VPS KVM.

Bagi yang membeli paket VPS Windows dan juga OpenVZ, ada server Indonesia dan USA yang bisa digunkaan. Sementara untuk VPS KVM sementara hanya ada untuk server Indonesia saja.

2. Dedicated Server

Jetdino juga memberi layanan dedicated yang memenuhi kebutuhan sumber daya yang jauh lebih besar dengan akses yang tanpa ada halangan sedikitpun. Dengan menggunakan paket ini, tentu saja website tetap stabil dan membuat kinerjanya tetap optimal. Hal ini membuat traffic terus meningkat.

Ada dedicated server dengan pilihan 4 tipe CPU. Pilihan tersebut antara lain Intel i3-4130, Intel Dual Xeon X5570, Intel Dual Xeon E5-2620v3 dan juga Intel Xeon E3-1231v3. Setiap pilihan dedicated server punya fitur berbeda yang dapat disesuaikan dengan website.

3. Colocation Server

Bagi yang sudah memiliki server sendiri dan ingin memaksimalkan kecepatan server, tidak ada salahnya jika menempatkan server Anda melalui data center Jetdino. Selain menambah kecepatan server, keamanan server juga menjadi terjamin.

Setidaknya ada 6 pilihan paket ytang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Pilihan paket tersebut antara lain 1U, 2U, 4U, ¼ rack, ½ rack dan juga Full Rack. Jetdino menyediakan 5 pilihan server yang bisa dipilih sesuai keberadaan website.

4. Reseller Hosting

Jetdino juga memberi kesempatan bagi Anda yang ingin membuka usaha dengan ikut reseller hosting. Tersedia 4 pilihan paket reseller hosting yang servernya adalah Indonesia dan USA. Keempat paket reseller hosting tersebut adalah paket starter dengan harga Rp 150 ribu per bulan.

Ada juga paket Standard yang harga berlangganannya adalah Rp 375 ribu per bulan. Bagi yang merasa tidak cocok ada juga paket profesional dengan biaya berlangganan Rp 600 ribu per bulan. Ataupun paket advanced dengan biaya langganan Rp 800 ribu per bulan.

Jetdino menjadi salah satu penyedia hosting kelas atas yang paling banyak dicari oleh pemilik website di Indonesia. Bermodalkan pengalaman yang sudah lama di dunia perhostingan membuatnya mampu bersaing dengan beberapa web hosting lawas lain. Tidak heran jika Jetdino menjadi rekomendasi bagi Anda yang mau membeli hosting.