review hostnic hosting

Review Hostnic hosting Indonesia Terupdate 2020

Hostnic mungkin dinobatkan menjadi salah satu pemain hosting paling lama di Indonesia. Tercatat, penyedia hosting ini sudah berdiri di Indonesia sejak tahun 2000 silam. Umurnya bahkan lebih tua 2 tahun dari RumahWeb yang mungkin sudah sangat Anda kenal di dunia hosting.

Hingga detik ini, perusahaan penyedia hosting ini menjadi perusahaan yang punya sistem market share paling besar di Indonesia. Dari sini, kita bisa asumsikan jika penyedia hosting ini sangat berpengalaman di dunia hosting.

Namun kembali ke review yang sudah dibahas sebelumnya, penyedia hosting yang berpengalaman belum tentu menyediakan hosting terbaik. Lantas apakah hal ini juga berlaku untuk Hostnic yang kita bahas kali ini. Untuk itu, mari kita bahas di artikel ini hingga tuntas.

Di review hosting Indonesia Hostnic kali ini, kita juga akan membahas beberapa aspek penting dari penyedia hosting ini. Untuk memperkuat review Hostnic kali ini, kami menyediakan beberapa data valid agar isi review semakin kuat. Jadi Anda bisa mengambil keputusan ingin menggunakan hosting yang mana untuk pembuatan website.

Kelebihan dari Hosting Hostnic

Sama dengan review yang kami berikan, selalu ada komitmen untuk memberi informasi yang tidak biasa dan transparan untuk para pengunjung. Semua review yang kami berikan menggandalkan data relevan yang bisa dipertanggung jawabkan. Termasuk review hosting Hostnic ini.

Pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai kelebihan yang dihadirkan oleh hosting Indonesia Hotsnic. Setiap hosting pasti punya kelebihan berbeda yang menjadikannya terkenal dan digunakan pengguna hosting. Ini juga berlaku untuk hosting Hostnic. Adapun kelebihan yang ditawarkan sebagai berikut;

1. Punya Rata-Rata Uptime yang stabil

Hostnic menjadi penyedia hosting dengan server yang bisa dibilang cukup stabil. Hal ini dibuktikan lewat uptime yang mereka miliki selama 4 bulan percobaan. Dimana uptimenya mencapai 99,90 sesuai dengan garansi uptime yang mereka berikan. Bisa dibilang uptime dengan skor 99,90% adalah skor yang bagus.

Faktanya, dari beberapa review hosting yang kami berikan, hanya beberapa provider hosting yang memiliki rata-rata sama atau lebih dari 99,90%. Untuk data lengkapnya, Anda bisa cek tabel berikut:

Sebenarnya masih terlalu cepat jika menyebut rata-rata uptime dari Hostnic itu cukup stabil. Pasalnya proses monitorongnya saja masih berjalan 4 bulan. Hal ini berbeda dengan provider lain yang sudah 14 bulan lebih.

Namun jika bersumber dari data yang ditampilkan pada tabel tersebut, rata-rata yang dimiliki Hostnic sangat bagus. Dari datanya, penyedia hosting ini hanya gagal di bulan September 2020 saja. Untuk perkembangan review berikutnya bisa cek ulasan atau update selanjutnya.

2. Memiliki layanan support yang bagus

Untuk menguji bagaimana layanan support dari penyedia hosting ini, kami melakukan pengetesan data lewat email dan juga live chat. Pertama, kami membahas support melalui live chat terlebih dahulu. Seperti sebelumnya kami hanya menanyakan beberapa hal dasar dan sederhana, misalnya cara menambah domain atau add on di cPanel.

Kami menilai jika layanan support yang mereka miliki tergolong standar. Artinya, layanan support yang mereka miliki lewat live chat ini tidak terlalu banyak membantu penggunanya. Alih-alih mencoba menjawab hingga selesai, pihak penyedia hosting malah memberi link untuk menuju panduan yang sudah mereka tulis.

Jadi, pengunjung harus menyelesaikan masalahnya sendiri lewat link tersebut. Perlu diketahui jika layanan support seperti ini tidak terlalu bagus untuk kenyamanan pengguna. Layanan hosting seperti Siteground bahkan memberi sistem pendekatan yang sangat melayani pengguna.

Sebelum menutup chatnya, mereka memastikan jika masalah yang menghampiri pengguna sudah selesai dan siap membantu step by step hingga selesai. Karena tidak semua pengguna tahu solusi masalah yang berbau teknis.

Meskipun begitu, layanan support yang dimiliki penyedia hosting berlaku 24 jam non stop. Di monitoring terakhir, kami menjelaskan permasalahan dan dibalas dengan cepat kurang dari 2 menit.Tentu keunggulan tersendiri dibanding penyedia hosting lainnya.

3. Punya fitur backup harian

Untuk menjamin kenyamanan dan keamanan pelanggan dalam hal data website di server, penyedia hosting menawarkan fitur yang hampir penyedia hosting lain tidak memberikannya. Dimana fitur yang dimaksud adalah layer backup lokal dan juga remote yang dapat membackup data website secara harian dan dua harian.

File backup harian ini ada sampai 3 hari kebelakang. Selanjutnya tersedia juga backup 2 harian seperti yang sudah dibahas di awal. Hal bagusnya, data backup yang disediakan juga ada 7 data. Jadi Anda tidak harus repot untuk melakukan backup sendiri.

Namun untuk berjaga-jaga, disarankan untuk membackup website sendiri di layanan hosting dan jika perlu gunakan produk yang menawarkan cloud backup agar lebih aman. Kekurangan fitur backup yang dimiliki penyedia hosting ini adalah harus download file secara manual dan menguploadnya secara manual juga.

Mereka bahkan belum memakai fitur JetbackUp. Dimana klien isa melakukan restore atau backup hanya dengan satu klik saja. Sebenarnya cukup mengecewakan tapi melihat hal yang ada di sebelumnya, fitur ini tertutupi sedemikian rupa.

4. Paket UKM-A mempunyai sumber daya yang cukup untuk membangun website baru

Tersedia paket hosting menarik dan murah yang bisa dibeli di Hotsnic. Misalnya dengan paket hosting UKM A, Anda bisa mendapatkan layanan host untuk 5 website, gratis 1 domain, 500 MB disk space dan masih banyak lainnya.

Jumlah atau paket hosting ini sudah sangat mencukupi jika ingin membangun website baru. Belum lagi Anda juga mendapat gratis layanan SSL sehingga keamanan data lebih terjamin. Jarang-jarang penyedia hosting menyediakan layanan ini secara gratis.

Dari soal harga juga tidak terlalu mahal alias aman untuk dijangkau kantong. Hal inilah yang membuat penyedia hosting semakin tenar dan banyak digunakan oleh pemula yang dananya masih minim.

5. Gratis migrasi hosting dan gratis domain untuk semua paket hosting

Sama dengan penyedia hosting lain yang sudah direview, Hostnic juga menyediakan migrasi hosting secara gratis alias tanpa harus membayar terlebih dahulu. Dengan layanan ini tentunya Anda bisa pindah ke hosting lain tanpa harus menambah biaya.

Hal baik lainnya dari penyedia hosting adalah adanya layanan gratis satu domain untuk pembelian semua paket hostig. Di Indonesia, penyedia hosting seperti ini hampir tidak ada. Jika adapun ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi sebelumnya,

Beberapa paket domain yang diberikan antar lain.com, ,net, .org, .web.id dan masih banyak lainnya. Dengan layanan gratis domain, tentunya pengeluaran pembuatan hosting senakin terjangkau. Belum lagi, Anda juga sudah memiliki alamat khusus saat ingin membangun website.

Kekurangan Dari Hostnic

Melihat umur yang tua, tidak membuat penyedia hosting Hostnic terlepas dari kekurangan. Hal ini sudah wajar di dunia perhostingan. Namun Hostnic selalu mengupgrade sistem agar kekurangan tersebut bisa diminimalisir. Apa saja kekurangan hosting ini? berikut daftarnya;

1. Memiliki rata-rata load time yang tergolong buruk

Parameter untuk menentukan cepat atau lambatnya load time dari hosting adalah melalui load time itu sendiri. Biasanya hosting yang punya load tim cepat tidak akan lebih dari 1 detik. Artinya, jika load timenya kurag dari 1 detik, ini enandakan jika hosting tersebut bagus atau cepat.

Begitu pula sebaliknya, jika rata-ratanya lebih dari 1, bisa dipastikan hosting tadi lamban atau buruk soal load time. Lantas abgfaiaman load time yang dimiliki penyedia hosting ini. Untuk data lengkapnyta, Anda bisa cek tabel berikut:

Sejauh dari monitoring yang kami lakukan selama 4 bulan, rata-rata page load dari Hostnic cukup lambat. Tapi data yang kami berikan di atas hanya 4 bulan monitoring, kita tidak tahu apa yang dilakukan penyedia hosting ke depannya. Jadi Anda bisa menunggu update dari kami terlebih dahulu.

2. Gagal Load Impact

Kekurangan berikutnya adalah gagal di load impact. Apa itu Load Impact? Umumnya, terlebih saat menggunakan hosting shared hosting, saat menerima server traffic yang ramai, performa hosting atau server akan menurun.

Bahkan di beberapa kasus, sering terjadi overload sehingga membuat sistem down dan error. Nah, kali ini kita ingin menguji bagaimana server dari hosting populer ini. Bagaimana cara mengujinya, kali ini dengan memanfaatkan sistem load impact.

Kami melakukan dua kali pengetesan dengan mengirim 10 sampai 15 virtual server. Anda dapat melihat datanya di tabel berikut:

Dari tabel yang sudah diberikan, hasilnya menyatakan cukup buruk unutk load impact hosting Hostnic. Datanya bahkan memberi catatan masalah performance, yaitu througput limit detected. Artinya, server mengalami overload yang menyebabkan response time meningkat.

Jika hal ini terus dilanjutkan, biasanya akan mengalami down yang tentunya sangat merusak server. Pasalnya bisa menyebabkan server down. Faktanya, hampir setengah provider hosting yang kami review juga mengalami masalah ini.

3. Garansi hanya 7 hari saja

Kebanyakan layanan hosting memberi garansi pembelian hosting selama 30 hari. Namun di hosting Hostnic, garansi yang diberikan hanya berlaku 7 hari saja. Meskipun begitu masih ada ketentuan khusus yang membuat garansi ini cukup mengecewakan pelanggan.

Dimana garansi yang diberikan akan hangus jika Anda sudah memakai 50% resource bandwidth, tentu saja cukup mengecewakan pelanggan. Belum lagi jika ia masih pemula yang harus belajar banyak hal mengenai hosting.

4. Ada beberapa biaya tambahan untuk layanan tertentu

Layanan tambahan yang disediakan di Hostnic tidak diberikan secara gratis. Hosting memberikan beberapa biaya tambahan seperti, downgrade hosting yang dikenakan biaya Rp 50 ribu. Ada juga biaya pergantian server dengan biaya Rp 50 ribu. Ada juga biaya penggantian main domain dengan biaya Rp 50 ribu.

Kami memasukkan beberapa biaya tambahan ini di kekurangan Hostnic karena biasanya di penyedia hositng lain diberikan secara gratis alias tanpa ada tambahan biaya. Jadi sebelum membeli hosting, Anda harus menentukan server terbaik dan paling tepat agar tidak dikenakan biaya tambahan tersebut.

5. Tidak ada pilihan berlangganan bulanan

Meskipun paket hosting yang disediakan di sini sangat beragam, tapi sayangnya tidak ada paket berlangganan bulanan di sini. Tentu cukup mengecewakan karena hosting sebesar Hotsnic tidak memberi paket bulanan.

Dengan adanya paket bulanan tersebut, pengguna pemula tentu bisa memonitoring bagaimana kualitas hosting yang ia beli dengan baik.

Layanan Yang Diberikan Hostnic

Sebagai pemain lama di dunia hosting Indonesia, tidak heran jika Hotsnic memberi beragam layanan untuk para penggunanya. Penyedia hosting ini menawarkan banyak pilihan paket hosting yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari paket hosting untuk keperluan UMKM, email hosting, Corporate, unlimited hosting, wordpress hosting dan masih banyak jenis layanan lain.

Tak hanya itu ada juga layanan paket hosting yang ingin reseller. Ada juga paket hosting cloud hosting yang bisa digunakan untuk performa website yang lebih bagus dan teruji. Ada juga hosting VPS yang embuat  server semakin tajam dan berkualitas dan yang paling bagus ada dedicated server hosting.

paket hosting hostnic

Artinya, apapun kebutuhan hosting yang Anda inginkan, di hosting ini sudah semuanya. Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Ada beberapa tips untuk menentukan pilihan hosting. Tentunya Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan.

Misalnya, bagi UKM yang membutuhkan hosting, Anda jangan langsung memilih unlimited atau corporate terlebih dahulu. Namun pilih dulu hosting 500 atau 750. Pasalnya website baru belum membutuhkan resource yang besar.

Apakah Hostnic Direkomendasikan Untuk Digunakan?

{{ reviewsTotal }} Review
{{ reviewsTotal }} Reviews
{{ options.labels.newReviewButton }}
{{ userData.canReview.message }}