Review hosting fastcomet

Review Hosting FastComet Terbaru dan Terupdate Indonesia

Dunia hosting saat ini sangat merajalela, Anda bisa menemukan beragam hosting dengan paket beragam. Sebagai pengguna hosting internasional, mungkin FastComet bukan nama yang asing. FastComet menjadi salah satu penyedia website host global pribadi terbaik saat ini.

Maksudnya, hosting ini dikelola secara pribadi bukannya grub. Jadi kualitas hosting lebih terpercaya dan berbeda dengan hosting lain. Perusahaan hosting ini juga menyediakan harga hosting yang terjangkau. Jadi tidak akan memberi beban di kantong.

Informasi Mengenai Perusahaan Fastcomet

Sebelum berlangganan di sini, ada baiknya Anda mengenali perusahaannya terlebih dahulu agar nanti tidak kecewa saat berlangganan. FastComet adalah perusahaan hosting yang didirikan tahun 2013 silam. Awalnya, perusahaan ini didirikan dan dikelola oleh 4 orang saja.

Tidak sampai di situ, perusahaan ini mengalami perkembangan yang begitu pesat. Di tahun 2018 lalu, team perusahaan ini sudah mencapai 70 lebih orang. Di tahun yang sama, FastComet dapat mengumpulkan 50 ribu lebih pelanggan aktif di seluruh dunia.

Perusahaan setidaknya sudah memiliki 11 pusat data yang ada di dunia, termasuk salah satunya Singapore. Tentunya pencapaian yang luar biasa. Mengingat saat ini persaingan hosting di seluruh dunia juga membludak. Perjalanan hostingnya hampir mirip dengan SiteGround.

Bagaimana soal kualitasnya? Apakah sama dengan SiteGround atau malah lebih bagus? Untuk jawabannya, mari kita cari tahu sendiri. Jadi review kali ini kita ajan membahas mengenai FastComet. Mulai dari kelebihan, kekurangan dan informasi lainnya. Untuk reviewnya, simak ulasan artikel berikut.

Kelebihan Memakai Hosting FastComet

Berdasarkan pengalaman dari kami. FastComet adalah satu-satunya perusahaan penyedia hosting global yang tidak pernah dihostkan secara real. Artinya, hosting dan domain yang kami beli di sini hanya untuk kebutuhan review saja.

Tujuannya untuk membantu Anda mencari jawaban bagaimana kualitas hosting yang ditawarkan di sini. Sudah cukup lama kami melakukan monitoring terhadap hosting ini. Adapun kelebihan yang bisa kami jelaskan adalah sebagai berikut:

1. Memiliki rata-rata load time yang lumayan cepat

Bagi yang mencari hosting dengan kecepatan menjanjikan. FastComet menjadi pilihan terbaik untuk dipilih. Server yang mereka miliki sudah memakai SSD, baik untuk database ataupun file website yang dihadirkan. SSD sendiri diklaim mampu memberi kecepatan hingga 300% dibanding yang non SSD.

Tak hanya itu, setup server yang mereka miliki juga sudah dioptimasi sedemikian rupa untuk menambah performa server. Sejujurnya, kami memiliki ekspektasi yang cukup tinggi terhadap performa dari FastComet.

Dalam pengujian yang kami lakukan, rata-rata load time yang dimiliki hosting FastComet adalah 0,966 detik. Memang cepat tapi tidak secepat hosting lain seperti SiteGround. Melihat dari performance grade yang ada, Anda mungkin sadar jika nilai FastComet lebih kecil dibanding saingannya, 82.

Optimasi yang dimiliki ketiga perusahaan tidaklah sama. Hal ini karena score performance grade dari FastComet cukup rendah. Pertanyaannya, kenapa score tidak sama semuanya 91? Alasannya karena paket FastCloud tidak menyediakan fitur Keep Alive.

Karena tidak ada fitur tersebut, performance grade FastComet cukup rendah dibanding pesaingnya tersebut. Bagi yang ingin menikmati fitur tersebut di FastComet memang bisa. Hanya saja harus upgrade ke paket yang lebih mahal, yakni FastCloud Extra.

Jika dibanding dengan kedua pesaingnya, fitur tersebut dapat diaktifkan dengan mudah. Anda cukup menambah script sederhana ke file .htacess saja. Meskipun begitu, FastComet memiliki load time yang lebih bagus dibanding dua pesaingnya tersebut.

2. Support yang menjanjikan

Nampaknya, FastComet sangat percaya diri dengan layanan support yang mereka miliki. Mereka menyebut kenapa FastComet disebut sebagai penyedia hosting terpercaya dan terbaik saat ini, karena layanan support yang mereka miliki berbeda dengan yang lainnya.

Untuk informasi, FastComet mempunyai 3 level support yang berbeda. Level 1, level 2 dan level senior support. Perusahaan akan memastikan jika pelanggan dilayani oleh orang tepat sesuai kompetensi yang Anda permasalahkan.

FastComet juga mengklaim jika 10 ribu support, setidaknya 83% dapat diselesaikan dengan cepat kurang dari 15 menit. Sangat menjanjikan bukan? Karena alasan ini, tidak mengherankan jika FastComet mendapat penghargaan best customer service pada tahun 2019 dari HostAdvice.

Untuk membuktikan seberapa bagus kualitas support yang dimiliki hosting, kamu sudah mencoba melalui live chat dan ticket. Lewat live chat, pesan kami dibalas kurang dari 5 menit. Dari test ini, kami hanya menanyakan informasi dasar seperti cara membuat sub domain.

Pihak CS menjawab dengan cepat serta memberikan panduan yang berkaitan dengan masalah terkait. Kami juga menanyakan tentang support tech dari mereka berlaku 24 jam atau tidak, ternyata jawabannya tidak. Dimana support via live chat tersedia di hari kerja saja, yakni Senin hingga Jumat.

Untuk weekends, mereka hanya menerima keluhan dari tech saja. memang termasuk kekurangan, tapi hal ini dapat ditutupi dengan layanan mereka yang profesional dan beda dengan penyedia hositng lain di Indonesia.

3. Punya garansi yang lebih panjang, yakni 45 hari

Standar pemberian garansi yang diberikan oleh web hosting adalah 30 hari atau satu bulan. Namun di FastComet tidak demikian. Pelanggan mendapat garansi hingga 45 hari. Jadi, jika merasa tidak puas dengan layanan yang mereka miliki, Anda dapat meminta untuk membatalkan layanan.

Selanjutnya bisa meminta uang kembali. Bagusnya, pihak perusahaan tidak mempersoalkan hal ini dengan menanyakan alasannya. Jadi Anda bisa lebih leluasa untuk menggunakan garansi sesuai keinginan.

4. Memiliki fitur keamanan yang dapat diandalkan

Nampaknya hosting FastComet benar-benar menjamin keamanan dari para pelanggannya. Hal ini bisa dilihat dari berbagai fitur keamanan yang diberikan untuk pelanggan. Mereka melindungi server pengguna dengan berbagai macam fitur untuk menjaga website pelanggan tetap aman saat diserang oleh hacker yang tidak bertanggung jawab.

Seperti yang kita ketahui saat berlangganan shared hosting, website yang Anda miliki diletakkan d website lain dengan satu server yang sama. Artinya website Anda harus berbagi hosting atau sumber daya dengan website kain di kelasnya. Kemungkinan buruknya, bisa saja website terkena malware.

Nah, untuk menjaga website agar hal seperti ini tidak terjadi, hosting FastComet mengisolasi website Anda dari website lainnya. Cara kerjanya hampir sama dengan teknologi VPS. Jika ada website yang terkena malware, website Anda tidak ikut terkena dampak buruknya. Jadi lebih aman.

Fitur seperti ini juga bisa didapatkan di paket termurah sekalipun. Inilah alasan kenapa FastComet memastikan website Anda tetap aman meskipun berada di wadah yang sama dengan website lainnya.

5. Memberi fitur backup gratis harian untuk pelanggan

Secara umum, fitur backup harian menjadi salah satu fitur premium yang tidak sembarang hosting menyediakannya. Anda memang dapat menikmati fitur ini. Namun biasanya harus membayar terlebih dahulu. Namun di hosting FastComet, fitur ini dapat digunakan secara gratis, bahkan untuk paket hosting termurah sekalkuipun.

Penyedia hosting mengandalkan teknologi JetBackup dari cPanel hosting untuk membackup data website pelanggan secara otomatis. Namun ada perbedaan backup di setiap paket yang dihadirkan di sini.

Paket FastCloud dan FastCloud Plus memiliki perbedaan dengan paket FastCloud Extra. Di FastCloud dan FastCloud Plus, Anda dapat mengakses file backup 7 hari kebelakang. Hal ini berbeda dengan FastCloud Extra yang sampai 30 hari kedepan.

6. Gratis migrasi hosting dan gratis domain

Sama dengan provider hosting lain secara global, FastComet juga menyediakan pelanggan layanan gratis migrasi dan juga gratis domain. Anda bisa pindah hostng di sini tanpa harus membayar biaya layanan tambahan sehingga tidak membebani isi kantong.

Tak hanya itu saja, provider juga menyediakan gratis domain dengan penawaran hingga satu tahun. Tentunya menjadi penawaran yang bagus dan menguntungkan para pelanggan bukan? Dari sekia banyak hosting global yang kami review, FastComet adalah penyedia hosting yang memberi gratis domain kepada pelanggan.

7. Menyediakan banyak lokasi server

Secara umum memang tidak banyak yang menyediakan lokasi server sebanyak provider hosting FastComet. Hal ini fakta dan bisa dibandingkan engan povider lainnya secara global. Setidaknya mereka mempunyai 11 data center yang tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang berdekatan dengan Indonesia.

Bagi yang tertarik dengan hosting dari FastComet, Anda bisa saja menghostkan website yang berbahasa Indonesia. Jika demikian, And dapat memilih lokasi server yang dekat dengan indonesia, yakni Singapore.

8. Harga hosting yang cukup terjangkau dibanding pesaingnya

Dibanding pesaingnya, FastComet menawarkan harga yang cukup terjangkau untuk hosting yang ia sediakan. Anda dapat berlangganan dengan biaya $3,45 per bulan. Menariknya, harga ini juga tidak menentukan waktu berlangganan.

Maksudnya, entah berlangganan selama satu bulan, 12 bulan, 24 bulan atau 36 bulan sekalipun, harga yang ditawarkan tidak berubah sama sekali. Artinya, perusahaan hosting FastComet memang tidak main harga di sini.

Kekurangan dari FastComet

Meskipun kelebihan Kinsta ada banyak sekali, tapi bukan berarti Kinsta tidak memiliki kekurangan. Ada beberapa kekurangan yang mencolok dari Kinsta. Adapun kekurangannya sebagai berikut;

1. Uptime yang dimilikinya memang bagus tapi….

Kami sudah melakukan monitoring server dari November 2019 dan hingga artikel ini kami publikasikan. Artinya, setidaknya sudah 7 bulan kami melakukan monitoring terhadap server di FastComet. Pada bulan pertama, kami sangat impresif dengan performa yang dimiliki servernya.

Sayangnya di Desember 2019, FastComet melakukan maintenance yang cukup fatal karena mampu memakan waktu 5 jam lamanya. Kami menerima informasi ini karena ada pemberitahuan yang pihak provider kirimkan ke email.

Inilah yang membuat rata-rata uptime dari Fastcomet cukup buruk karena membuatnya terjatuh. Namun jika dilihat di uptime tahun 2020, mereka puna uptime yang sangat mengesankan. Untuk datanya sebagai berikut:

Secara keseluruhan, rata-rata yang dimiliki FastComet adalah 99,98%. Saat ini kami tidak bisa menyebut jika uptime miliki Fastcomet itu buruk. Pasalnya hosting dari website sekelas Google dan Facebook saja juga pernah mengalami downtime. Jadi kami akan terus memantau perkembangan ini lebih lanjut

2. Ada verifikasi lewat telepon jika order hosting pertama kali

Saat ingin membeli hosting di FastComet, nantinya ada staff yang menelepon Anda untuk melakukan verifikasi hosting yang sedang dibeli. Beberapa hosting juga menyediakan fitur yang seperti ini, termasuk GreenGeks. Hal ini untuk keamanan saja karena kadang banyak order fraud sehingga verifikasi harus dilakukan. Namun kadang verifikasi ini juga cukup menganggu.

Apakah FastComet Direkomendasikan?

Secara umum, FastComet menjadi salah satu hosting terbaik untuk digunakan. Hanya saja jika Anda ingin menyewa hosting luar negeri, biasanya emembutuhkan layanan yang lebih unggul jika dibanding di dalam ngeri. Terlebih jika harganya lebih mahal. Tentunya Anda mau faktor terbaik di segala aspek bukan?

Sayangnya di pengujian yang kami berikan, FastComet cukup buruk di bagian Uptime karena mengalami maintenance hingga 5 jam di bulan Desember 2019. Namun perlu dipahami jika maintenance ini juga kerap terjadi di penyedia hosting, termasuk SiteGround dan bahkan website sekelas Google.

Jadi sebenarnya ini bukan hal yang terlalu dipersoalkan. Keputusan ada di tangan Anda. Anda boleh saja menggunakan hosting ini. Namun boleh saja tidak dengan alasan tertentu. Jadi jangan sampai salah ambil langkah.

{{ reviewsTotal }} Review

{{ reviewsTotal }} Reviews

{{ options.labels.newReviewButton }}
{{ currentUserData.canReviewMessage }}