review hosting digital ocean

Review Hosting Digital Ocean Terbaru

Digital Ocean merupakan perusahaan yang menyediakan layanan cloud berjenis laaS. Perusahaan hosting ini bermarkas di New York, Amerika Serikat. Soal server, Digital Ocean punya banyak server yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Ada 12 server yang tersebar di seluruh dunia, salah satunya di Singapura yang menjadi server paling dekat dengan Indonesia.

Jumlah pengguna hosting Digital Ocean juga terus bertambah. Salah satu produk unggulannya, yakni softwae developer yang sudah digunakan 1 juta developer di seluruh dunia. Produk ini juga sudah dideploy sekitar 78 juta droplet. Mungkin Anda mau mencoba hosting populer ini? Jika demikian, simak dulu review hosting Digital Ocean berikut.

Kelebihan Hosting Digital Ocean

Sebelum menggunakan hosting, sudah pasti Anda harus tahu kelebihan hosting yang ingin digunakan terlebih dahulu. Ini juga berlaku untuk Digital Ocean yang sedang dibahas kali ini. Ada beberapa kelebihan yang tersematkan di Digital Ocean. Berikut kelebihannya:

1. Pembuatan akun yang mudah

Kelebihan pertama di Digital Ocean adalah proses pembuatan akun yang tergolong mudah dilakukan. Ketika ingin membuat akun baru di sini, Anda harus memasukkan metode pembayaran terlebih dahulu. Metode yang diberikan di sini cukup banyak.

Anda bisa memilih kartu kredit, PayPal dan juga kartu debit. Bagi yang ingin menggunakan kartu debit, disarankan untuk memakai PayPal terlebih dahulu. Paypal yang disediakan di sini harus membayar deposit sebesar $5 terlebih dahulu.

2. Produk yang ditawarkan lengkap

Ingin mencari produk hosting lengkap dan menjanjikan? Digital Ocean adalah pilihan terbaiknya. Di sini ada banyak produk menarik yang dapat digunakan sesuai keinginan. Setidaknya ada 6 produk pilihan yang bisa digunakan di sini. Berikut kami rangkumkan produknya:

  • Droplets : layanan VPS yang paling populer di Digital Ocean. Ada distro Linux dan FreeBSD di sini. Spesifikasi droplet yang dihadirkan di sini adalah RAM 1 GB untuk yang paling rendah. Anda harus membayar biaya sewa sebesar $5 per bulan atau membayar $0,007 per jam untuk menikmatinya.
  • Spaces : ada juga object storage DigitalOcean yang harus membayar biaya langganan $5 per bulan. Setelah berlangganan, Anda mendapat kapasitas penyimpanan 250 GB
  • Kubernetes : DigitalOcean telah menggunakan teknologi Kubernetes Cluster. Meskipun masih di tahap limited access.
  • Load Balancers : di sini ada load balanced yang berfungsi untuk membagi beban server ke droplet yang dihadirkan di hosting
  • Block Storage : bagi yang merasa kapasitas disknya tidak cukup dan ingin menyimpan data di disk lain, Digital Ocean menyediakan storage tambahan dengan langganan sebesar $1.10 per giga per bulan.
  • One-Click Apps : Di sini ada image droplet yang sudah berisi paket aplikasi khusus seperti Docker, GitLab, Ghost, LAMP, WordPress, LEMP dan LAMP. Jadi Anda tidak perlu mengkonfigurasikannya satu per satu.

3. Punya dokumentasi dan tutorial yang lengkap

Keunggulan lainnya, di Digital Ocean juga tersedia dokumentasi dan berbagai tutorial yang disediakan secara lengkap. Jadi saat ada masalah saat menghubungkan ke hosting, Anda bisa memanfaatkan dokumentasi yang diberikan.

Banyak pengguna pemula yang memanfaatkan dokumentasi dan tutorial yang diberikan. Tidak heran mereka tidak bingung ketika menggunakan hosting atau produk yang ditawarkan di Digital Ocean.

4. Komunitas dan Open Source yang melimpah

Untuk mendukung gerakan Open Source didalamnya, Digital Ocean menggelar Hacktoberfest setiap tahun. Biasanya gerakan ini digelar pada bulan Oktober. Oktober 2019 lalu adalah tahun ke 6 penyelenggaraan gerakan ini.

Di Digital Ocean juga menjamur berbagai komunitas yang bisa dimanfaatkan para pengguna hosting. Dengan komunitas yang dihadirkan pelanggan bisa sharing ilmu atau pengetahuan dengan pengguna lain.

5. Migrasi hosting gratis

Sudah menggunakan hosting di penyedia hosting lain? Merasa ada yang mengganjal dan kurang puas dengan layanan yang mereka berikan? Tenang saja, di Digital ocean Anda bisa berpindah ke hosting ini tanpa membayar alias gratis.

Istilahnya adalah migrasi hosting yang benar-benar gratis dan bisa dilakukan kapanpun. Proses migrasi juga tergolong cepat karena tidak membutuhkan waktu lama. Setidaknya Anda tinggal menunggu 24 jam saja hingga migrasi selesai.

6. Sudah menggunakan SSD

Bagi yang masih ragu dengan kecepatan Digital Ocean, kami beritahu jika penyedia hosting ini sudah menggunakan teknologi SSD. Dengan menggunakan teknologi ini tentunya performa dan kecepatan hosting lebih terjamin.

SSD ini disematkan di penyimpanan yang mereka berikan untuk pelanggan. Dengan SSD, kecepatan membaca data semakin teratasi dengan baik. Jadi pengunjung tidak perlu menunggu lama untuk mendapat hasil yang ia inginkan.

7. Layanan support yang menjanjikan

Saat memilih hosting, tidak sedikit yang juga harus memperhatikan layanan support yang diberikan oleh penyedia hosting tadi. Dengan layanan support, tentunya pelanggan yang ada msalah dapat mengatasi maslah tersebut dengan udah.

Di Digital Ocean, layanan support yang diberikan benar-benar sangat berbeda. Akses supportnya 24 jam tanpa henti. Kapanpun membutuhkan layanan ini Anda bisa langsung menghubungi mereka. Tak hanya itu, respon yang mereka berikan juga cepat karena tidak sampai 5 menit.

Kekurangan di Digital Ocean

Digital Ocean juga memiliki beragam kekurangan sama dengan beberapa penyedia hosting pada umumnya. Berikut kekurangna yang ada di Digital Ocean:

  1. Bagi yang ingin memperpanjang waktu langganan produk, Anda memang harus mengeluarkan biaya tambahan yang lumayan besar. tidak heran banyak pelanggan yang putus di tengah jalan karena tidak ingin mengeluarkan biaya yang mahal tersebut
  2. Garansi yang diberikan cuku singkat yakni hanya 14 hari. padahal penyedia hosting lain di kelasnya saja ada yang memberi garansi 30 hingga 90 hari. Tentu kekurangan yang cukup fatal untuk sekelas hosting global ternama.
  3. Loading time yang dimiliki juga cukup mengecewakan. Hal ini dibuktikan dengan data monitoring yang menunjukkan rata-rata load time hosting ini adalah di atas 250ms. Tentu angka yang buruk.

Alasan Kenapa Harus Menggunakan Digital Ocean

Setelah tahu kelebihan dan kekurangan Digital Ocean, mungkin masih ada ragu di hati Anda untuk menggunakan produk dari Digital Ocean. Ini terutama bagi And ayang benar-benar berniat untuk meningkatkan aktivitas dan kinerja website supaya menjadi lebih menonjol. Bagi yang ingin meningkatkan performa website, sudah saatnya untuk beralih ke Digital Ocean, khususnya produk VPS-nya.

Keuntungan memakai produk ini adalah Anda tidak perlu membayar biaya langganan yang terlalu mahal. Namun tetap dapat diandalkan seperti alnya menggunakan produk dedicated server. Tidak heran karena di sini Anda menggunakan hosting yang berteknologi virtualisasi sehingga bisa digunakan bersama-sama.

Anda juga mendapat kendali penuh atas hosting ini. Misalnya bisa dipakai untuk sistem operasi apapun dan bisa digunakan untuk software sesuai kehendak masing-masing. Performa yang dihadirkan juga bagus.

Apakah Digital Ocean Direkomendasikan Untuk Digunakan?

{{ reviewsTotal }} Review
{{ reviewsTotal }} Reviews
{{ options.labels.newReviewButton }}
{{ userData.canReview.message }}