Review Elementor Page Builder

review elementor page builder

Anda masih ragu saat ingin menggunakan Elementor? Bagi yang masih ragu, di artikel ini kita akan membahas mengenai review elementor Page Builder ini.

Mulai dari terdiri dari apa saja alat pembuat halaman website ini, daftar kelebihan, kekurangan dan sebagainya. Jadi Anda yang masih bingung bisa tahu apa elementor cocok untuk digunakan atau malah sebaliknya.

Informasi Singkat Elementor Page Builder

Elementor merupakan plugin untuk pembuat halaman dengan sistem kerja drag and drop untuk CMS WordPress. Dirilis tahun 2016, Elementor menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan grafik WordPress. Setidaknya sudah ada 5 juta lebih situs web yang menggunakan Elementor sebagai Page Builder.

Tentu jumlah yang sangat banyak bukan? Bahkan hingga sekarang, Elementor juga terus meningkatkan upgrade Page Builder-nya. Dibanding penyedia Page Builder lain, mereka bisa dikatakan yang terbaik saat ini karena bisa mempertahankan peringkat 96% yang sangat mengesankan di ulasan WordPress.org.

Elementor akan membantu pengguna untuk menambah tata letak, gaya dan elemen desain lanjutan ke konten WordPress tanpa menggunakan kode khusus atau coding. Di versi terbaru Elementor Pro, pengguna bahkan bisa mendesain semua tema WordPres tanpa mengetahui kode apapun.

Benar-benar sangat cocok untuk pengguna pemula. Berikut beberapa hal di Page Builder yang harus Anda tahu sebelum menggunakannya:

Elementor memungkinkan pengguna membuat postingan serta halaman yang tampak unik dan asli. Bahkan lebih bagus dibanding template posting atau halaman standar yang ada di tema WordPress

Pengguna mendapat 100% interface terpisah untuk mengerjakan halaman dan postingan. Sebagian besar setting tidak disediakan di editor blok standar yang ditambahkan dengan WordPress

Saat menggunakan Elementor, penggunanya tidak membutuhkan keterampilan CSS/PHP atau HTML. Semuanya bisa dilakukan dengan interface yang praktis dan tidak ribet, bahkan untuk pemula

Saat menggunakan Elementor, ada tampilan preview yang bisa digunakan. Dengan menggunakan menu tersebut, pengguna bisa langsung melihat hasil dari pekerjaan yang sudah ia lakukan pada Elementor.

Elementor bisa digunakan untuk membuat tata letak konten menjadi seperti yang pengguna inginkan. Terlepas dari apa yang telah diizinkan WordPress.

Yang paling penting, Elementor Page Builder juga berfungsi sebagai tema WordPress sehingga bisa dipertahankan desain saat itu. Bahkan pengguna juga bisa mendapat semua barang yang telah disediakan di Elementor.

Menyatukan seluruh fungsi, manfaat memakai Elementor adalah pengguna bisa membuat tata letak atau desain halaman yang sangat mengesankan. 

Bahkan Anda yang seorang pemula sekalipun tetap bisa membuat halaman web tampak profesional dan berpengalaman. Ini sangat bagus, terlebih jika anggaran dana yang Anda miliki minim. 

Prinsip yang seperti ini tentunya sangat disukai pengguna Elementor Page Builder.

Kelebihan Yang Ada Di Elementor

Ada beragam kelebihan yang bisa dinikmati dari Elementor. 

Kelebihan ini yang membuatnya bisa bersaing dengan Page Builder lain. 

Berikut kelebihan-kelebihan yang disematkan di sini:

  1. Gratis, meskipun ada versi pro, Anda tidak harus membelinya.
  2. Elementor memiliki fitur dan juga mudah digunakan oleh semua kalangan, bahkan untuk pemula sekalipun. Fitur yang luar biasa dari Elementor bisa digunakan secara gratis seperti yang telah disebutkan
  3. Anda dapat membangun tata letak serta desain halaman kustom sesuai keinginan. Menariknya, pengguna tidak harus tahu bahasa pemrograman seerti HTML, CSS ataupun PHP
  4. Fitur seperti pratinjau real time hingga pengeditan teks memiliki tampilan interface yang sederhana sehingga bisa dilakukan dengan mudah. Tersedia akses real time yang membuat pengguna bisa memakainya dengan baik
  5. Kemampuan untuk menyesuaikan tampilan di beragam perangkat seperti seluler, desktop hingga tablet
  6. Penggunanya bisa mengatur secara rinci, meliputi margin, nilai alignment hingga padding.

Kekurangan di Elementor

Meskipun ada kelebihan, Elementor juga tidak bisa lepas dari kekurangan. Berikut daftar kekurangannya:

  1. Menambah gaya kustom ke link yang diinginkan tidak selalu seperti yang diharapkan. Anda bisa saja terjebak dengan tipografi default serta pengaturan warna elementor yang mungkin tidak dapat digunakan semuanya
  2. Jika tidak selaras dengan halaman yang ada, kerap kali akan sulit untuk menemukan nilai margin yang tepat.
elementor design

Fitur Yang Dihadirkan Elementor Page Builder

  1. Pertama, tersedianya fungsi untuk membuat halaman utama website WordPress
  2. Menyediakan 90 elemen dan modul konten lebih untuk dipilih, baik berupa penghitung, tombol, judul, gambar, testominial hingga keperluan lain
  3. Sebagian besar fungsinya bisa dilakukan dengan drag and drop sehingga Anda bisa mengambil elemen apapun serta memindahkannya ke tempat baru sesuai dengan keinginan.
  4. Di Elementor ada sistem yang berbunyi, apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan. Artinya, pengunjung website mendapat versi laman yang sesuai dengan yang diatur di WordPress, misalnya HTML, CSS dan sebagainya
  5. Halaman yang disediakan sangfat responsif terhyadap penggunaan seluler dan ramah terhadap SEO
  6. Menyediakan direktori template yhalaman yang siap digunakan kapanpun. Anda cukup mengimpor serta melakukan modifikasi terhadapnya. Ketika penulisan, ada 150 tempalte gratis serta 300 lebih tempalte pro yang disediakan. Anda juga bisa menyimpan template sendiri
  7. Bagi yang menggunakan Elenmtor Pro, Anda juga bisa memakai fitur pembuat tema yang memungkinkan pengguna mengubah bagian elemen inti tema seperti header, template posting tunggal, arsip bloig hingga footer
  8. Tersedia juga modul WooCommerce Builder yang sangat mirip. Modul ini mirip dengan Theme Builder tapi memungkinkan Anda dapat mengulang semua halaman WooCommerce default, misalnya seperti halaman produk tunggal ataupun arsip produk.

Seperti yang telah disebutkan di awal, fungsionalitas inti plugin ini adalah memungkinkan pengguna untuk membangun, menyesuaikan dan mengubah halaman WordPress dengan bebas. Menariknya, pengguna juga bisa mendapat hasilnya secara real time. Fitur pratinjau menguntungkan pengguna karena tidak perlu bertanya seperti apa halaman yang akan diterbitkan.

Lantas apa yang bisa kita lakukan di sini? Pertama adalah Anda bisa memanfaatkan beragam elemen atau modul konten yang sudah disediakan. Anda dapat menempatkan modul tersebut sesuai keinginan di mana saja. Anda bahkan juga bisa mengatur ulang elemen dengan menggunakan dukungan drag and drop seperti yang telah disebutkan.

Elemen konten yang disediakan di sini meliputi paragraf, gambar, judul, video, teks, pemisah, ikon, galeri gambar hingga testimonial. Tak hanya itu, Anda juga bisa memakai widget sesuai keinginan di WordPress. Elementor juga memberi akses ke pengaturan tampilan masing-masing. Di sini Anda bisa mengubah bagian latar belakang, warna default, margin hingga font.

Ada riwayat revisi lengkap yang memungkinkan pengguna bisa kembali ke versi halaman sebelumnya. Terakhir yang tak kalah penting adalah pengguna Elementor juga bisa mendapat kontrol penuh atas tampilan halaman yang ada di seluler, tablet dan desktop sesuai keinginan masing-masing.

Dengan memakai toggle yang kecil tersebut, Anda bisa beralih antar perangkat dengan mudah. Bahkan bisa juga menyesuaikan detail halus untuk menyusun halaman agar lebih bagus dan sesuai dengan yang diharapkan. Lakukan sesuai keinginan dan tempel dimana saja sesuai kebutuhan pengguna.

Harga Elementor

Berapa harga yang harus dibayarkan untuk menggunakan Elementor Page Builder?

Gratis

Ya, benar-benar gratis tapi dengan fitur dan elemen yang sangat menjanjikan untuk digunakan. Memang tersedia fitur Pro yang membuat pengguna bisa menikmati tambahan fitur didalamnya. Namun nampaknya hal seperti ini tidak diperlukan.

elementor theme builder

Plugin utama ada dalam pustaka WordPress resmi. Tidak ada biaya tersembunyi atau tambahan saat menggunakannya. 

Anda tidak perlu membayar untuk melakukan pendaftaran atau registrasi. Di edisi Pro, Anda bisa menikmati beberapa hal berikut:

  1. 50 lebih elemen atau modul konten tambahan untuk digunakan
  2. 300 template halaman tambahan untuk pengguna
  3. Tersedia pembuat tema yang memungkinkan pengguna bisa mengubah header dan footer dari tema yang diinginkan
  4. Tersedia WooCommerce Builder yang memungkinkan pengguna bisa membangun kembali produk WooCommerce
  5. Bisa membangun Popup yang disesuaikan dengan WordPress masing-masing. Anda bisa membuat pop up serta mengintegrasikannya dengan mengintegrasikan penawaran khusus
  6. Ada visual Form Builder yang diintegrasikan dengan alat pemasaran terbaik
  7. Anda bisa membuat Widget Global serta memaaiainya kemabli ke situs yang diinginkan
  8. Menambahkan CSS khusus ke Elementor sesuai keinginan
  9. Menerapkan elemen Elementor di widget serta sidebar masing-masing

REVIEW ELEMENTOR PAGE BUILDER DALAM CHANNEL YOUTUBE

Cara Menggunakan Elementor

Bagaimana cara untuk memakai atau memulai penggunaan Elementor? Caranya sangat mudah dan tidak ribet. 

Elementor merupakan plugin WordPress yang memungkinkan pengguna bisa menerapkan Page Builder dengan mudah tanpa ribet. Tapi tenang karena teknologi didalamnya sangatlah modern.

Agar bisa menggunakannya, Anda bisa menginstall dan juga mengaktifkan plugin terlebih dahulu. 

Ini tentu sama dengan beragam plugin WordPress lain. Berikutnya tinggal ikuti tutorial berikut:

  1. Di bagian panel pengaturan yang Anda kunjungi, Anda bisa masuk ke halaman WordPress dna membuat baru. Langhkahg ini tidak wahjib, Anda bisa melakukannya sesuai kebutuhan saja
  2. Berikutnya nanti ada pilihan Edit dengan Elementor. Klik saja menu tersebut dan Anda bisa melihat interface pengguna Elementor yang mudah dan tidak ribet itu. Beberapa menu yang harus diketahui sebagai berikut:
  • Kanvas utama yang bisa digunakan untuk meletakkan blok konten serta menyesuaikannya dengan keinginan
  • Elemen konten yang disiapkan
  • Bisa mengakses pengaturan elementor dalam bentuk warna, font dan lainnya
  • Pengaturan sistem global dari halaman yang ingin dikerjakan
  • Sejarah dari revisi halaman
  • Mengganti perangkat sesuai keinginan, baik dari perangkat desktop, tablet atau seluler sesuai kebtuhan
  • Mempublikasikan halaman
  • Pratinjau perubahan
  1. Berikutnya, Anda bisa langsung membuat halaman dasar menggunakan Elementor. Untuk memahami halaman dasar tersebut, Anda harus paham struktur hjalamannya terlebih dahulu. Berikut struktur halaman yang dimaksud:
  • Halaman bisa mempunyai beberapa bagian didalamnya
  • Setiap bagian bisa mempunyai satu atau lebih kolom untuk digunakan
  • Setiap kolim yang ada bisa menampung satu ataupun banyak elemen konten
  • Setiap elemen yang ada dala onten bisa ditata secara individual
  1. Untuk memulainya, Anda bisa menambah template yang telah jadi di WordPress ataupun bisa juga menyertakan bagian yang osong didalamnya
  2. Di bagian baru Anda bisa menambah kolom baru dan kemudian mengisi kolom dengan konten. Cukup dengan menyeret dan melepaskan bvlok tertentu saja. Tentunya Anda juga bisa mengatur ulang bagian yang ada dengan drag and drop
  3. Setelah mempunyai blok konten, Anda bisa mengklik bagian tersebut untuk menyesuaikan detail secara halus dari yang ada di bagian konten. Ada tiga pilihan tab yang bisa digunakan, yakni Gaya, Lanjutan dan Konten

Secara menyeluruh, Elementor memang bisa digunakan dengan mudah dan tentunya sangat intuitif ketika digunakan. Setelah paham hierarki halaman, struktur serta tahu elemen konten, pekerjaan akan menjadi lebih menyenangkan. Ada beberapa fitur canggih yang biasanya sering dipakai, misalnya:

  1. Bereksperimen dengan indeks Z elemen
  2. Menyesuaikan kebutuhan elemen ketika melayang dengan mengubah tampilan berdasarkan kursor
  3. Bisa mengatur bagian transisi antar bagian sesuai kebutuhan pengguna
Elementor Template

Template Yang Ada Di Elementor

Kemampuan mendesain di Elementor bisa dibilang sangat mengesankan tapi akan mengecewakan jika Anda tidak bisa menggunakannya dengan baik. 

Anda bisa memakai salah satu dari banyaknya template yang dihadirkan di Elementor. Di sini ada 150 template yang telah disediakan dalam versi gratis.

Elementor pro

300 Template

Bagi yang merasa kurang, bisa menggunakan Elementor versi Pro dengan template sebanyak 300 lebih. 

Hanya saja untuk menggunakannya Anda harus membayar terlebih dahulu. 

Bagi yang masih kurang, Anda bisa mengandalkan Elementor Kits, koleksi template yang menyertakan desain dan estetika yang sama serta membuat situs website menjadi lebih konsisten dan utuh.

review elementor page builder olawebdesign
review elementor
Custom Template

Edit Template

Direktori berisi jenis halaman umum yang ditujukan untuk keperluan berbeda. Di sini Anda bisa menemukan pilihan bagus seputar homepage, halaman kontak hingga halaman arahan.

Anda tidak hanya bisa mengimpor template ke halaman yang sudah ada saja tapi bisa menyesuaikan hingga mendapat hasil yang diinginkan.

Terakhir, Elementor juga memungkinkan pemakainya untuk menyimpan halaman serta menjadikannya sebagai template khusus. 

Anda bisa memakainya kembali di halaman lain ataupun membagikannya dengan komunitas publik. Benar-benar sangat menguntungkan pelanggan bukan?

Demikian review elementor page builder yang bisa kami berikan. Apapun Page Builder yang digunakan mungkin tidak menjadi masalah. Anda hanya perlu memastikan bisa menggunakannya dengan baik agar mendapat halaman web yang bagus dan sesuai dengan yang diharapkan. 

lihat juga Brizy page builder website terbaru yang akan menjadi saingan dari elementor

Mulai Membuat website dengan elementor