Review Avada Theme

Avada merupakan tema paling laris di pasar tema WordPress terbesar, ThemeForest saat ini. Avada sendiri dirilis pertengahan tahun 2012 atau lebih tepatnya bulan Agustus 2012 silam. 

Tema ini sudah digunakan oleh banyak pengguna WordPress, baik pro maupun newbie. Setidaknya tema ini sudah mendapat 500 ribu penjualan lebih hingga sekarang.

Tidak heran jika tema ini menjadi salah satu tema WordPress premium paling populer yang pernah ada saat ini. Demo Avada melakukan pekerjaan yang sangat apik untuk menjual tema karena mudah dipahami calon pembelinya. 

Tidak heran jika menjadi tema impian untuk bisa membangun situs website tanpa membutuhkan keterampilan pengkodean yang rumit.

Tidak heran jika tema ini juga sangat cocok untuk para pengguna pemula yang memang belum mahir di dunia WordPress. Namun kenyataannya pengguna produk kerap kali mendapat janji promosi yang agak berbeda. 

Tidak heran jika pengguna kerap bingung ketika menggunakan Avada untuk tema WordPress-nya.

Untuk membuktikan apakah hal tersebut benar atau tidak, kami akan melakukan percobaan atau review singkat di artikel ini seputar tema Avada. Jadi Anda bisa mendapat jawaban atas pemakaian Avada yang sebenar-benarnya. 

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak ulasan Avada Theme berikut hingga akhir sebelum menggunakan tema.

Informasi Mengenai Avada Theme WordPress

Sebelum menggunakan tema WordPress yang satu ini, Anda harus tahu jika ada jenis dua desain tema pada WordPress yang harus Anda tahu. 

Pertama, tema dibuat untuk jenis situs website tertentu dengan pilihan fungsional dan penyesuaian minimal dengan tambahan yang terbatas. Kedua adalah tema harus benar-benar multiguna.

Serta menyediakan banyak fitur yang nanti memudahkan pengguna saat memakai tema tersebut. 

Selain itu, tema juga menyediakan template halaman, pengaturan penyesuaian hingga opsi yang memungkinkan pengguna membangun semua jenis situs web di satu paket yang bersamaan. Avada masuk ke kategori kedua.

Dimana pengembang Avada menyediakan tema yang multiguna yang tentunya ada banyak fitur didalamnya. 

Selain itu ada juga ragam penyesuaian, integrasi plugin pihak ketiga hingga tata letak prebuilt yang menawan. Jika Anda membutuhkan tema yang multiguna, Avada bisa menjadi pilihan.

Bagi yang membutuhkan tema fleksibel yang bisa dimodifikasi untuk membangun situs website menarik tanpa harus mengerti kode, Avada bisa menjadi pilihan. 

Lantas apa saja fitur yang bisa dinikmati pengguna ketika memakai tema ini? Bagi yang penasaran bisa langsung simak pembahasannya berikut.

Fitur Yang Bisa Didapatkan Di Avada

Avada menjadi salah satu tema WordPress yang paling banyak digunakan saat ini. Tidak heran karena Avada sendiri dikemas dengan fitur yang lengkap dan terus dikembangkan hingga sekarang. 

Belum lagi setiap fitur juga terus diperbarui secara berkala agar memastikan tema dapat kompetitif dengan tema WordPress lainnya.

Pengembang tentunya juga sudah melakukan pekerjaan secara profesional untuk memperluas fungsionalitas inti WordPress untuk mencangkup tema multiguna yang diinginkan pengguna. 

Sebenarnya ada banyak fitur yang tidak bisa kami sampaikan di sini. Karena memang fitur Avada sangat lengkap.

Namun secara garis besar, berikut beberapa fitur utama yang dimiliki Avada untuk para penggunanya;

  1. Alat pembuat halaman berkonsep seret dan lepas kustom.
  2. Pustaka elemen yang besar dan lengkap untuk disisipkan di setiap konten yang Anda miliki.
  3. Ada pilihan situs web prebuilt dan juga template halaman individual yang terus bertambah.
  4. Ada dukungan untuk latar belakang video dan juga bisa memasukkan video ke konten masing-masing pengguna.
  5. Beragam tata letak tajuk dan juga area navigasi vertikal yang berbeda-beda.
  6. Gambar tata letak kabur, animasi dan efek memudar serta pilihan lainnya.
  7. Alat penerbitan testimonial, keterampilan dan portofolio didalamnya.
  8. Ada dukungan untuk plugin populer seperti Gravity Forms dan WooCommerce sehingga memudahkan pengguna.

Hampir semua fitur dan elemen yang dimiliki Avada bisa sepenuhnya disesuaikan memakai opsi dan pengaturan yang terperinci. Hal inilah yang membuat tema semakin fleksibel untuk digunakan di WordPress.

Langkah Memulai Menggunakan Avada Theme

Untuk menggunakan tema juga tidak rumit inilah yang membuat pengguna pemula tidak kebingungan ketika memakai Avada. Pertama, tentunya pastikan sudah menginstal dan mengaktifkan tema Avada yang ingin digunakan. 

Setelah itu Anda diminta untuk menginstal plugin Fusion Core dan Fusion Builder yang nanti dibutuhkan saat menggunakan tema.

Anda juga bisa menginstal plugin lain yang disertakan dengan tema tersebut, termasuk plugin premium LayerSlider WP dan juga Slider Revolution. 

Karena area admin yang ramah untuk pengguna, Avada juga membuat penggunanya punya kesempatan untuk mengelola plugin yang mudah dan anti ribet.

Jika melihat di bagian depan situs website setelah mengaktifkan tema, Anda pasti melihat bahwa itu bukan terlihat seperti demo Avada. 

Namun Anda mempunyai beberapa cara agar membuat segala hal tersebut menjadi makin menarik. Bagi yang ingin membuat situs baru, ada pilihan mengimpor salah satu situs demo Avada.

Sedangkan opsi lain bisa menggunakan Fuison Builder jika ingin membuat konten khusus Anda sendiri. 

Karena demo menjadi bagian penting saat menggunakan tema ini, ada baiknya menjelajahi demo tersebut untuk melihat beragam situs website yang bisa Anda gunakan dan buat dengan cepat memakai Avada.

Saat penulisan, setidaknya ada 49 demo yang bisa dipilih. Hal tersebut mencangkup beberapa hal seperti;

  • Situs web bisnis
  • Gaya hidup
  • Portofolio
  • Agensi
  • Dan masih banyak pilihan lainnya

Avada juga sepenuhnya sudah menyiapkan untuk berniaga dan beberapa demo yang berhbungan dengan toko online lain di setiap paket yang mereka hadirnya. 

Mengingat Avada terus diperbarui secara berkala, ada baiknya sering menambahkan demo baru ke tema. 

Setelah memilih demo, mengimpor demo ke situs WordPress menjadi hal yang sangat mudah.

Tidak seperti tema pada umumnya di WordPress, Anda juga bisa mendapat kontrol yang baik atas apa yang diimpor ke situs website. 

Termasuk apakah ingin mengimpor semua demo atau hanya elemen tertentu seperti bilah geser, pengaturan dan konten saja. 

Karena itulah Anda bisa mencampurkan dan mencocokkan beberapa elemen berbeda dari beberapa demo yang sudah ada.

Selama pengujian yang kami lakukan, demo Avada diimpor dan diterapkan di beberapa situs WordPress. Menariknya mereka tidak mengalami gangguan sama sekali. 

Akhirnya, kami bisa mendapat tema yang sesuai dengan situs. Inilah salah satu alasan kenaa Anda harus mencoba Avada seperti kami.

Alasan Kenapa Harus Menggunakan Avada

Banyak hal menarik yang membuatmu makin cinta dengan tema Avada WordPress ini. Selain memiliki fitur lengkap yang sudah disebutkan di awal, Avada juga punya banyak hal menarik lain. Berikut rangkumannya:

1. Editor konten fusion builder

Avada juga dilengkapi dengan alat pembuat halaman sendiri, yakni Fusion Builder. Alat pembuat halaman ini bisa digunakan untuk membuat tata letak khusus jika ingin memposting konten atau halaman. 

Tidak sama dengan pembuat halaman lain di WordPress, pekerjaan yang Anda lakukan bukan di situs website lewat editor WYSIWYG.

Namun langsung dilakukan di bagian dashboard WordPress masing-masing pengguna. 

Meskipun begitu, interface yang dihadirkan sangat mudah dipahami dan memungkinkan pengguna melakukan pengeditan konten yang sudah dibuat sebelumnya. Anda juga bisa membuat desain khusus dari awal tanpa kesulitan.

Saat memulai pekerjaan, Anda bisa mengimpor salah satu template prebuilt dari demo Avada yang sudah disiapkan. 

Alternatifnya, jika ingin memulai dengan halaman kosong, langkah awalnya dengan menentukan tata letak kolom untuk bagian yang sedang dikerjakan saat itu. 

Setelah menambah penampung ke halaman, Anda kemudian bisa memasukkan elemen Fusion Builder.

Setiap elemen bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Tentunya memberi Anda kontrol penuh atas tampilan halaman yang sedang dibuat pada saat itu. 

Mengingat cara kerja Fusion Builder yang seperti ini, tentunya tata letak bisa maju seperti yang dibutuhkan. 

Dengan menambah beberapa penampung ke halaman dan mengisinya dengan elemen, Anda bisa terbebas dari batasan Editor WordPress.

Meskipun tidak memiliki pratinjau front end langsung dari pekerjaan yang dikerjakan saat itu, tapi Anda bisa mudah melihat pratinjau postingan atau halaman seperti yang dilakukan di konten biasa WordPress. 

Jika ingin melakukan perubahan, Anda cukup beralih ke tab sebelum tempat bekerja WordPress.

Fitur bagus yang diberikan Fusion Builder tak hanya sampai di situs. Setiap tata letak halaman yang dibuat dengan alat ini bisa disimpan ke pustaka template untuk digunakan kembali di area lain dari situs. 

Tidak heran Anda tidak perlu mengerjakan proyek berulang kali. Cukup menggunakan yang sudah ada saja.

2. Opsi halaman dan postingan

Selain mengandalkan Fusion Builder, dengan Avada Anda juga bisa menyesuaikan setiap tampilan konten lewat panel opsi yang ditambahkan ke tema layar editor halaman dan postingan WordPress di bagian bawah area editor utama. 

kontrol di panel Fusion Page Options mencangkup beberapa pengaturan seperti:

Konfigurasi tampilan header

Sidebar yang ditampilan di bagian samping postingan atau halaman Ingin menggunakan latar belakang atau tidak

Mengingat pilihan seperti hanya berlaku untuk setiap postingan atau halaman yang sedang dikerjakan saja, Anda bisa mendapat banyak fleksibilitas dalam tampilan dan fungsi konten di situs website. 

Jika membuat halaman arahan, Anda pasti ingin memastikan elemen yang lumayan mengganggu seperti sidebar dan header.

3. Panel kontrol opsi Avada

Cara lain yang disediakan Avada untuk mempersonalisasi situs website adalah lewat kontrol opsi tema. 

Seperti yang kita tahu, ada banyak pilihan dan pengaturan yang disediakan di sini. Tentunya bisa disesuaikan dengan masing-masing situs website. 

Tidak seperti tema WordPress pada umumnya, Avada tidak memberi dukungan untuk interface Penyesuai WordPress.

Oleh karena itu, alih-alih melihat efek perubahan di opsi dan pengaturan tema secara real time, Anda harus menyimpan perubahan dan kemudian memuat situs untuk melihat seperti apa tampilan situs tersebut agar mendapat hasil maksimal. 

Tentunya Anda harus meluangkan waktu untuk mempelajari opsi dan pengaturan terlebih dahulu.

Namun bagi yang baru mencoba tema Avada, pilihan yang terbaik adalah melakukan pendekatan yang lebih baik terlebih dahulu untuk menemukan pengaturan yang ingin diubah sesuai keperluan dibanding harus tersesat di bagian belakang situs website. 

Inilah yang memungkinkan pengguna semakin nyaman saat menggunakan Avada.

4. Pengaturan, fitur dan opsi lain Avada

Selain opsi postingan dan halaman, jenis posting kustom Avada seperti jenis portofolio dan FAQ juga memiliki serangkaian opsi dan taksonomi kustom sendiri yang membantu pengguna untuk mengatur situs website menjadi lebih efisien saat menggunakan website. 

Avada juga memberi opsi untuk membuat beberapa area bilah sisi untuk situs website.

Kemudian bisa ditampilkan satu atau beberapa halaman setelah itu. Membuat beberapa sidebar juga memberi Anda kontrol penuh untuk widget yang ditampilkan di samping jenis konten. 

Tak hanya itu, Anda juga mendapat akses ke plugin LayerSliderWP dan Slider Revolution premium jika ingin menambah tayangan slide animasi yang menarik perhatikan ke situs website.

Kelemahan Avada

Mempunyai banyak fitur serta alat yang lengkap berpotensi mendorong Anda berlebihan ketika membuat situs website. 

Hanya karena saat ini Anda mempunyai kemampuan untuk menambah slider, efek animasi atau beragam elemen menarik lain ke postingan atau halaman, tidak berarti Anda harus menambah fitur yang terlalu banyak ke situs website.

Hal ini tentunya mempengaruhi muat halaman situs website yang menggunakan tema Avada ini. 

Kadang mengadopsi pendekatan less is more desain website adalah cara terbaik untuk melakukan sesuatu. Selain itu, Avada juga memiliki opsi konfigurasi yang banyak,  dan tata letak yang banyak juga. 

Hal ini kadang membuat pengguna kewalahan iuntuk membangun situs website.

Bahkan dengan hadirnya konfigurasi tersebut, pengguna merasa kurang nyaman saat menggunakan tema. 

Meskipun begitu, jika Anda sudah punya proyek yang jelas ingin dibawa ke arah mana, Avada bisa menjadi pilihan terbaik karena fitur dan opsi yang ditawarkan benar-benar sesuai dengan yang diharapkan.

Harga Avada

Soal harga, bisa disebut Avada salah satu tema dengan fitur paling lengkap tapi harga terjangkau yang harus masuk ke list. Di ThemeForest, Anda hanya perlu membayar $60 untuk mendapat Avada. 

Sama dengan tema pada umumnya, Anda bisa menggunakan tema untuk satu situs website saja. 

pembelian tersebut sudah mencangkup pembaruan tema yang secara berkala dilakukan pengembang.

Selain itu, Anda juga mendapat akses penuh seumur hidup dan enam bulan dukungan saat menggunakan tema Avada. 

Bagi yang ingin memperpanjang tema, Anda harus membayar ekstra untuk periode dukungan menjadi 12 hari. 

Dibanding tema lain, harga ekstra penambahan dukungan di sini lumayan murah.

Avada adalah salah satu tema terbaik milik WordPress yang bisa digunakan. Fitur yang lengkap dan beragam elemen yang dihadirkan membuat Anda makin nyaman saat menggunakan tema. 

Akhirnya keinginan mendapat situs website yang bagus dan sesuai bisa didapat dengan mudah. 

Jadi bagaimana? Segera download dan install Avada untuk situs website Anda.