review a2hosting hosting

Review A2 Hosting Terupdate Dan Terbaru

Mungkin saja banyak diantara Anda yang belum pernah mendengar A2 Hosting. Begitu juga kami yang sebelumnya juga belum pernah mendengar nama hosting ini. Karena meskipun sudah berdiri sejak tahun 2001, tapi kepopuleran hosting ini tidak terlalu mencolok dibanding SiteGround, Bluehost atau Kinsta Hosting.

Dulunya, hosting ini dikenal dengan nama Inquinet dan kemudian direbranding menjadi A2 Hosting di tahun 2003. Meskipun demikian, A2 Hosting menjadi satu dari sedikit provider hosting yang mengembangkan dan menerapkan teknik canggih untuk memaksimalkan kinerja server hostingnya.

review A2 hosting terbaik luar negeri

Jadi tidak heran jika A2 Hosting mengklaim dirinya sudah mempercepat servernya sampai 20 kali dari sebelumnya. Untuk tambahan, A2 Hosting juga menjamin uptime hingga 99,90% dan juga layanan support terjamin yang berlaku 24 jam non stop. Kapanpun ada masalah CS akan membantu pengguna. Jadi kurang menarik apa?

Perusahaan hosting yang mengklaim dirinya menjamin uptime yang bagus dan dukungan support terbaik? Atau hanya sekedar perusahaan yang bagus dalam artian bahasa marketingnya saja? Nah, bagi yang ingin tahu, Anda bisa simak ulasan berikut untuk mencari jawabannya. Untuk review, kami sudah melakukan monitoring dalam beberapa bulan.

Kelebihan A2 Hosting

Selama monitoring, kami merangkum ada beragam kelebihan yang ditawarkan A2 Hosting untuk para pelanggan. Seperti yang sudah dibahas, provider A2 Hosting ini sangat percaya diri dengan server yang ia miliki. Lantas bagaimana untuk uptime yang mereka miliki? Apakah juga mengesankan? Untuk jawabannya, Anda bisa simak ulasan berikut:

1. Memiliki rata-rata uptime yang bagus, yakni 99,90%

Selama monitoring yang kami lakukan, A2 Hosting mempunyai rata-rata uptime yang cukup bagus, yakni ada di angka 99,90%/. Sebenarnya, skore yang mereka miliki ini bisa lebih bagus karena berbagai teknologi modern sudah disematkan di sini.

Hanya saja hal tersebut dibantahkan karena di Februari 2020 lalu, server hosting mengalami down yang cukup lama sehingga membuat skorenya juga jatuh. Untuk rata-rata uptime, simak datanya berikut:

Meskipun masih berada di angka 99,90%, tapi angka ini cukup tertinggal jauh dengan pesaingnya, yakni SiteGround yang ada di angka 99,99%. Namun masih lebih baik dibanding Fast Comet yang ada di angka 99,88%.

2. Rata-rata load time yang lumayan cepat

A2 hosting mengklaim jika dirinya menjadi hosting dengna kecepatan yang bisa 20 kali lebih cepat dibanding pesaingnya. Kami pikir hal tersebut sangat berani. Pertama, A2 Hosting sudah melakukan beragam pencegahan dengan memakai teknik yang mengesankan agar kinerja hosting tetap performanya baik dan stabil.

Contohnya dengan membatasi pengguna di server shared hosting yang mereka miliki. Selain itu, beberapa web hosting lain juga menawarkan SSD hosting tapi hanya dengan menghostkan OS ataupun database MYSQLnya saja tidak file-file yang tersimpan di websitenya.

Namun hosting A2 tidak demikian. Ia memakai penyimpanan SSD untuk segala hal sehingga kemampuan server menjadi lebih bagus. Inilah alasan kenapa A2 Hosting mengklaim dirinya lebih cepat dibanding pesaingnya. Tapi apakah faktanya benar demikian?

Berdasarkan monitoring yang kami lakukan, kecepatan A2 Hosting bisa dibilang sangat cepat tapi kurang stabil. Bukti monitoring dari kami membuktikan jika grafik load time yang mereka miliki turun dan naik. Tentu ini tidak bagus untuk website, terlebih bagi Anda yang ingin kecepatan website tetap stabil.

3. Layanan support cukup baik

Hosting yang punya kecepatan cepat dan juga skor uptime yang mengesankan tidak cukup agar dirinya disebut sebagai hosting bagus. A2 Hosting basisnya ada di United States dan mereka tidak mengoutsource karyawan yang diperkerjakan di customer service.

A2 Hosting memiliki layanan support yang bisa dimanfaatkan lewat telephone, tiket, email dan juga live chat. Layanan supoort yang mereka miliki tersedia 24 jam non stop. Kjadi Anda tidak usah khawtaitr jika nanti menemui masalah saat menggunakan hosting. Pihak provider akan membantiu kapanpun.

Untuk membuktikan kualitas supportnya, kami langsung menghubungi customer support A2 lewat live chat untuk memberi review yang tidak biasa dan fair. Pesan yang kami kirimkan dibalas dengan sangat cepat karena kurang lebih hanya 1 menit saja. Belum lagi mereka juga memiliki layanan yang ramah dan sangat membantu.

4. Ada fitur keamanan yang terjamin dan ada di semua paket hosting yang ditawarkan

Keamanan menjadi hal penting saat membangun website. Bagi yang menghostkan website di A2 Hosting, Anda mendapat banyak keuntungan. Pasalnya banyak fitur keamanan yang ditawarkan di sini. Contohnya seperti free HackScan, two factor authentification, patchman, reinorced ddpos protection dan juga dial firewall serta virus scanner.

Untung saja, semua fitur keamanan tadi dapat digunakan di semua paket hosting, bahkan juga di paket hosting Lite yang menjadi paket hosting termurah di sini. Namun ada beberapa komplain dari fitur hosting ini. Komplain tersebut menjelaskan jika server A2 down, itu akan merugikan pengguna.

Pasalnya data yang tersimpan akan hilang, backup data juga tidak tersedia bahkan hal ini juga berlaku untuk akses file website untuk download backup itu sendiri. Jadi, Anda harus memperhatikan hal penting ini agar nanti tidak merusak kesenangan saat menggunakan hosting di sini.

5. Sudah menyediakan gratis migrasi

A2 Hosting nampaknya memberi fitur yang menambah kenyamanan dan kemudahan pengguna saat ingin migrasi ke hostingnya Hal ini dibuktikan dengan adanya layanan memigrasikan website atau blog dari hosting lama ke hosting mereka. Bagi yang perlu bantuan, CS-nya akan membantu dengan sebaik mungkin.

Tak hanya itu, layanan ini juga bisa dinikmati secara gratis tanpa harus membayar. Anda harus tahu jika migrasi hosting ini memang membutuhkan kehati-hatian. Pasalnya agak rumit untuk pemuka. Belum lagi prosesnya juga membutuhkan waktu yang lama. Terlebih jika website yang Anda miliki mempunyai banyak halaman.

Namun A2 Hosting memberi jasa ini untuk Anda secara gratis. Padahal di provider hosting lain, layanan seperti ini perlu membayar terlebih dahulu. Misal di Bluehost, Anda harus membayar sebesar $144,99 untuk melakukan migrasi hosting.

6. Memberi pilihan data center di Singapura

Berita baik bagi Anda yang ingin menargetkan website untuk negara Indonesia atau ingin mendaftarkan website berbahasa Indonesia di hosting ini, karena A2 Hosting menyediakan pilihan server yang berasal dari Singapura.

Tentunya ini juga bagus untuk pemilik website yang juga mau menargetkan pengunjung di Malaysia atau Brunei. Untuk informasi tambahan saja, A2 Hosting sendiri memberi bberapa pilihan server, misalnya di South Field, Michigan, Singapore dan juga Amsterdam.

7. Ada garansi uang kembali di pemakaian 30 hari dan Refund Prorata setelah 30 hari

Bagi yang mencari penyedia hosting paling adil untuk digunakan, maka jawabannya adalah A2 Hosting. Penyedia hosting ini adil, bahkan banyak yang bilang sangat adil. Anda sebagai pengguna tidak usah khawatir jika mengalami hal tidak mengenakan saat menggunakan A2 Hosting.

Atau Anda yang merasa jika provider hosing ini bukanlah hosting yang tepat untuk hosting yang Anda butuhkan. Pasalnya di sini Anda mendapat garansi uang kembali 100% jika pemakaian belum mencapai 30 hari. Bagaimana jika sudah menggunakan lebih dari 30 hari dan ingin membatalkan layanan?

Tidak seperti penyedia hosting lain secara global yang tidak memberi garansi uang kembali setelah pemakaian 30 hari. Di A2 Hosting ini Anda diuntungkan karena provider menerapkan sistem prorata. Pengguna dapat meminta refund untuk layanan yang belum ia gunakan sebelumnya.

Artinya, bagi Anda yang berlangganan 12 bulan dan baru dipakai 3 bulan, Anda dapat meminta refund. Provider akan mengembalikan biaya langganan selama 10 bulan. Sangat adilkan? Setahu kami, provider hosting dunia yang menerapkan sistem seperti ini hanya A2 Hosting dan Kinsta.

Kekurangan Dari A2 Hosting

Sebelumnya kami sudah membahas mengenai berbagai kelebihan yang ada di A2 Hosting. Kini gantian kekurangan yang kita bahas. Intinya, tidak ada hosting yang layanannya sempurna. Pasti ada kekurangan dan kelebihan yang ia miliki. Ini juga berlaku untuk hosting ini. berikut daftar kekurangan yang ada di A2 Hosting:

1. Harga hosting memang terlihat murah, tapi

Di halaman awal, A2 Hosting memang menyediakan kisaran harga yang murah alias terjangkau. Cukup dengan $2,99 per bulan saja Anda sudah mendapat hosting yang sesuai dengan selera. Tapi apakah Anda tahu jika harga tersebut hanya didapat jika Anda berlangganan selama 3 tahun.

Bagaimana jika ingin berlangganan selama 1 tahun saja? Anda harus membayar biaya langganan per bulan sebesar $6,99. Bagaimana kalau dua tahun? Anda harus membayar biaya langganan sebesar $4,39 per bulan. Artinya, jika dibanding provider hosting lain, A2 Hosting memang menawarkan harga yang mahal.

2. Paket Shared Lite ada banyak keterbatasan

Di A2 Hosting Anda bisa menemui beragam paket hosting yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Contoh paket hosting yang disediakan adalah Shared Lite. Sebagai paket termurah di sini, tidak mengherankan jika paketnya cukup terbatas. Paket ini hanya bisa digunakan untuk satu website saja.

Selain itu hanya bisa digunakan untuk 5 database dan tidak termasuk up to 20x faster. Bagi yang ingin menggunakan fitur turbo tersebut, Anda harus beralih ke paket premium terlebih dahulu.  Anda harus upgrade ke paket turbo yang lebih mahal dibanding sebelumnya.

Tak hanya itu saja, di sini Anda juga tidak mendapat fitur backup harian secara otomatis. Artinya, jika ingin backup Anda harus meletakkannya secara manual atau mandiri. Bagi yang merasa kesulitan Anda bisa upgrade ke fitur yang lebih mahal.

Apakah Kami Merekomendasikannya pada review A2 Hosting?

Secara umum, A2 Hosting memang termasuk ke dalam hosting yang kualitasnya bagus dan terpercaya. Hal ini didukung dengan beragam fitur yang disematkan di sini. Hanya saja kami menemukan jika server yang ia miliki memang tidak terlalu stabil. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata load time yang naik dan turun.

Tentu saja aktivitas seperti ini cukup mengganggu server yang Anda gunakan. Padahal di kelas lain, pesaing dari A2 Hosting cukup bagus di server yang ia gunakan. Bagi yang mempunyai budget lebih, tidak ada salahnya membeli di paket hosting yang lebih mahal karena lebih bagus kualitasnya.

Apakah A2 Hosting Direkomendasikan Untuk Digunakan?

{{ reviewsTotal }} Review
{{ reviewsTotal }} Reviews
{{ options.labels.newReviewButton }}
{{ userData.canReview.message }}