10 Plugin WooCommerce Terbaik

Membuat dan mengoperasikan toko online sangat mudah untuk dilakukan. Kombinasi apik WooCommerce dan WordPress memberi fungsionalitas yang baik serta kemudahan pengoperasian toko online. Namun untuk meningkatkan penjualan produk, Anda bukan hanya membutuhkan platform ecommerce yang mumpuni saja.

Plugin WooCommerce sangat dibutuhkan supaya produk makin dikenal khayalak umum. Di artikel ini kita akan membahas beberapa plugin WooCommerce terbaik yang dapat digunakan. Berikut plugin-plugin tersebut.

Pilihan Plugin Woocommerce Terbaik Saat Ini

Setiap plugin WooCommerce yang kami bahas di artikal ini lumayan tenar dan baik untuk digunakan. Beberapa plugin bahkan menyediakan fungsi mengatur toko online. Sedangkan lainnya menciptakan pengalaman belanja online yang makin baik.

Tersedia plugin gratis dan berbayar sehingga dapat disesuaikan dengan penggunanya. Gratis dan berbayarnya plugin tidak menentukan ukuran plugin. 

Karena setiap plugin memang punya kelebihan dan kekurangan. Berikut rangkuman plugin WooCommerce terbaik yang dapat digunakan:

1. YITH WooCommerce Infinite Scrolling

Bagaimana jika scroll news feed, tapi laman yang baru terload setiap beberapa postingan sekali? Anda dapat membayangkan bagaimana sistem kerja Instagram, Twitter atau Facebook serta platform lain. Kadang kita beranggapan jika Infinite scrolling menjadi hal sepele meskipun fitur tidak diintegrasi ke WooCommerce secara otomatis.

Plugin ini mempermudah navigasi pengguna karena memungkinkannya untuk menjelajahi produk tanpa memuat satu halamanpun. 

Saat pengguna ingin mengecek produk, mereka tinggal scroll ke atas halaman saja. Selain lebih simple, tools juga user friendly serta mudah digunakan.

2. Metrilo

Metrilo memungkinkan pengguna dapat mengubah data ke konversi penjualan. Plugin ini dapat mengerjakan semua hal. Mulai dari menyediakan sistem analytics sampai menentukan bagaimana strategi pemasaran yang harus dilakukan oleh toko online tertentu.

Plugin juga menawarkan trial gratis selama 14 hari. Setelah masa trial habis, Anda bisa membeli plugin dan menikmati fitur canggih didalamnya. Adapun kegunaan plugin ini sebagai berikut:

  • Melacak bagaimana kebiasaan konsumen saat membeli produk
  • Mengklasifikasi konsumen sesuai kebiasaan
  • Mengirim email khusus berbasis data
  • Menyediakan laporan lengkap seputar performa email
  • Memperkecil bagian cart abandonment rate yang hanya dapat menambahkan produk ke cart tanpa lanjut ke proses pembelian
  • Menganalisa seperti apa marketing campaign yang ada
  • Memberikan rekomendasi mengenai apa yang perlu dijual sesuai data yang telah tersaji

3. YITH WoCommerce Request a Quote

Dengan menginstal plugin ini tentunya Anda bisa mengaktifkan pilihan Request a Quote. Fitur membuka kesempatan untuk bernegosisasi antar penjual dan pembeli saat menyepakati suatu harga.

Meskipun termasuk plugin WooCommerce yang lumayan tenar, tapi tidak sedikit pemilik toko online yang tidak mendownloadnya. Anda perlu mendownload plugin ini jika:

  • Anda ingin menawarkan layanan jasa. Untuk menentukan harga di bisnis jasa tersebut, biasanya Anda tidak dapat menentukan harga pasnya. Harga yang diberikan sesuai permintaan khusus konsumen. Untuk itulah, plugin ini dapat diaktifkan supaya klien bisa meminta informasi seputar estimasi harga.
  • Anda menjadi agen penyalur produk tertentu. Pembeli yang membeli produk dalam jumlah banyak umumnya meminta harga khusus. Anda bisa menginstall plugin ini supaya Anda dapat mendiskusikan harga terbaik dengan calon pembeli

4. Beeketing

Bukan hanya Metrilo, Beeketing juga punya fungsi untuk mengotomisasi pemasaran produk. Dengan fitur dan layanan artifical intelelligencenya yang bagus, Beeketing menjadi plugin WooCommerce terbaik yang bisa meningkatkan keuntungan toko. Berikut fitur yang ditawarkan di sini:

  • Menyediakan tawaran kupon supaya pelanggan baru mau melakukan pembelian pertamanya
  • Menyediakan kupon supaya pelanggan tidak hanya mengisikan cart produk saja tapi juga ke pembelian produk
  • Memberi tawaran khusus jika pelanggan baru ingin berlangganan email atau mengikuti media sosial toko yang Anda miliki
  • Mengirimkan informasi kepada pelanggan dari email jika transaksi belum diselesaikan
  • Menyarankan beberapa produk sebelum pelanggan beranjak ke laman proses transaksi

5. YITH WooCommerce Live Chat

Plugin WooCommerce Live Chat memberi akses kepada pelanggan untuk menghubungi Anda atau admin secara langsung. Jika konsumen memberikan pertanyaan, mereka dapat memakai fitur ini untuk mendapat jawaban terbaik atas pertanyaan tersebut.

Plugin juga bakal membantu pelanggan agar semakin yakin seputar kualitas barang yang dijual. Dengan fitur ini, pelanggan juga bisa bertanya seputar produk ataupun lokasi toko jika ingin berkunjung ke toko offlinenya.

6. WooCommerce Multilingual

Menambah pasar tentunya membuat Anda punya kesempatan menaikkan penjualan produk tertentu. Jika ingin menargetkan konsumen dari luar negeri, Anda harus menerjemahkan situs ke bahasa target pasar terlebih dahulu.

Untuk itulah, plugin WooCommerce ini sangat perlu digunakan di list yang diharapkan untuk plugin. WooCommerce Multiliungual akan membantu pengguna untuk menerjemahkan produk, halaman produk hingga informasi lain seputar toko online.

Anda juga bisa memakai plugin ini untuk mengirimkan email multibahasa di pelanggan sesuai bahasa yang mereka gunakan. Jadi, meskipun Anda tidak mengenal bahasa yang mereka gunakan, anda tetap bisa berjualan produk untuk pasar mereka.

7. OptinMonster

Jumlah trafik yang datang ke toko online bukan berarti penjualan saat itu juga banyak. Ada pengunjung yang datang ke toko online tapi mereka langsung pergi dan tidak kembali lagi. Nah, plugin OptinMonster ini hadir untuk mengatasi ketidaktahuan optimasi trafik di toko online.

OptinMonster merupakan plugin powerfull yang bisa membuat sekaligus meningkatkan penjualan di internet. Dengan mengandalan plugin ini Anda bisa mengonversi trafik menjadi subscriber email ataupun follower media sosial sesuai keinginan.

Anda juga bisa menghubungi kembali pengunjung yang dulunya pergi lewat media sosial, email ataupun media lainnya. Belum lagi plugin ini juga mampu memberi campaign yang lumayan akurat sesuai kebiasaan belanja konsumen.

8. SP WooCommerce Product Slider

Baik pembeli maupun penjual dapat memanfaatkan slider yang telah terpasang di toko online. Penjual bisa memakainya untuk menampilkan diskon, info menarik hingga promo lain. Tak hanya itu, dari sisi pelanggan, mereka juga bisa melihat tawaran menarik yang ada di toko online dengan sangat mudah.

Plugin sangat bermanfaat jika tema WooCommerce yang diterapkan tidak mempunyai slider sebagai bawaannya. Berikut kustomisasi dari plugin yang bisa dinikmati:

  • Mobile friendly, slider yang sangat responsif
  • Pengaturan unik di setiap slider yang diberikan
  • SEO friendly
  • 3 pre desigend tempalte
  • Dapat kustomisasi warna huruf dan ukuran huruf
  • Menunjukkan navigasi warna sesuai keinginan

9. Customer Review For WooCommerce

Ulasan yang diberikan pelanggan sebelumnya mempengaruhi reputasi bisnis Anda. Dimana reputasi bisnis bisa naik dan turun karena ulasan yang ditinggalkan pelanggan tersebut. Umumnya pelanggan langsung membaca ulasan toko secara menyeluruh sebelum mereka membeli produk.

Dengan menginstall plugin ini Anda bisa mengajak pengunjung untuk memberi ulasan mereka. Berikut fitur lain yang diberikan di plugin:

  • Mengingatkan konsumen untuk memberi ulasan produk via email
  • Mengingatkan pembeli tepat setelah menerima produk yang mereka beli
  • Mengkustomisasi email pengingat
  • Memberikan kupon kepada pelanggan yang sudah mengulas produk ataupun layanan toko online lain

10. WOOCS – Currency Switcher for WooCommerce

WooCommerce Currencry Switche menjadi pilihan tool terbaik jika Anda menargetkan pasar global. Tersedia beragam fitur unggulan yang membuat toko online makin bagus dan berkualitas, Adapun fiturnya sebagai berikut:

  • Menentukan pilihan mata uang yang akan digunakan berdasarkan metode flags + flag
  • Otomatis mengubah ataupun mengganti mata uang sesuai alamat IP pelanggan
  • Memungkinkan pelanggan melakukan pembayaran memakai mata uang yang mereka miliki.

Pastinya ada kesulitan tersendiri ketika seseorang ingin mengelola toko online. Untungnya saat ini sudah ada plugin WooCommerce yang dapat diandalkan sehingga manajemen toko online makin mudah dan tidak ribet. 

Bahkan meskipun toko online yang Anda buat tidak ada admin tambahan. Menurutmu plugin WooCommerce mana yang paling sesuai dengan kebutuhan?