Plugin LMS WordPress Terbaik

Apakah Anda sedang mencari plugin LMS terbaik untuk keperluan website WordPress? Plugin Learning Management System (LMS) memungkinkan penggunanya membuat dan menjalankan kursus online dengan baik dan optimal.

Hal tersebut bisa dilihat seperti Udemy dengan WordPress-nya. Plugin WordPress LMS yang terbaik selalu menyediakan fitur yang nanti bisa mengelola konten kursus online, menangani langganan, menilai kuis dan menjalankan kuis, menerima pembayaran dan masih banyak lainnya.

Di artikel ini kami akan memulai membahas mengenai plugin LMS WordPress mana yang terbaik. Jadi Anda memiliki kesempatan untuk menemukan plugin terbaik nantinya. 

Ingat, plugin LMS ini menentukan kualitas kursus online yang akan Anda dapat. Jika LMS yang dipilih bagus, tentunya kualitas website juga bagus. Begitu pula sebaliknya.

Pilihan Plugin LMS Terbaik WordPress Yang Bisa Anda Gunakan

Untuk membangun situs website pembelajaran atau pelatihan menggunakan WordPress, hal pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan akun ke hosting WordPress terlebih dahulu. 

Ini menjadi rumah situs website di internet yang nanti digunakan untuk menyimpan segala file yang dibutuhkan.

Selain itu, Anda juga membutuhkan domain yang digunakan sebagai URL website. Sesuai namanya, ini menjadi alamat website situs di internet. Misalnya seperti WPBeginner.com atau     sebagainya. Ada banyak hosting yang bisa ditemukan saat ini. Setiap hosting pasti punya kelebihan dan kekurangan serta fitur yang berbeda.

Setiap hosting juga memiliki anggaran yang berbeda-beda. Ada hosting yang ditawarkan dengan harga mahal tapi ada juga yang harganya murah. 

Bagi yang anggarannya kecil memilih hosting Bluehost bisa menjadi pilihan terbaik. Mereka menjadi salah satu perusahaan hosting terbesar dan termurah di dunia.

Tak hanya itu, mereka juga memberi tawaran diskon 60% dan domain gratis serta SSL gratis untuk website. Bagi yang punya anggaran lebih, ada banyak hosting ternama dengan kualitas terbaik yang bisa dicoba. Misalnya seperti SiteGround atau WP Engine. Keduanya menjadi hosting yang direkomendasikan pihak WordPress.

Setelah itu, Anda harus menginstal WordPress di website masing-masing. Bagi yang masih pemula, ikuti petunjuk panduan lengkap yang sudah ada di situs. 

Situs langsung aktif dan berjalan dalam hitungan beberapa menit. Setelah itu Anda harus menentukan plugin LMS untuk situs. 

Berikut beberapa rekomendasinya:

1. MemberPress

MemberPress menjadi plugin keanggotaan WordPress yang paling kuat karena memiliki fitur bawaan seperti mengelola, mengatur dan membuat kursus dengan mudah. Hadir dengan Mode Kelas Khusus, pengguna seperti Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk merancang ruang kelas online yang ingin dibuat.

MemberPress juga menangani desain yang bagus untuk para penggunanya. Tidak heran jika kursus yang Anda miliki makin terlihat bagus dan pasti punya tingkatan penyelesaian yang sangat bagus dan halus. 

Anda juga bisa memakai antarmuka seret dan lepas yang sangat mudah untuk menentukan kurikulum kursus yang ingin digunakan.

Dengan begitu, Anda bisa menambahkan topik, pelajaran, menyematkan gambar, video dan masih banyak lainnya. Pembuat kursus yang mereka bangun ada di atas editor blok WordPress yang membuatnya makin mudah untuk diakses. Hal ini tentu menguntungkan para pemula yang baru pertama kali memakai plugin ini.

Sebagai seorang instruktur atau admin, Anda juga bisa melihat kemajuan setiap siswa untuk menentukan berapa yang mereka ingin mereka selesaikan. 

Anda bisa memakai MemberPress untuk membuat kursus gratis atau berbayar sesuai keinginan. Anda juga bisa membuat banyak kursus sesuai keahlian dengan mudah.

Tentunya dengan pilihan berlangganan berbeda dan bisa mengelola semuanya dari satu dashboard pusat. MemberPress juga mempunyai aturan kontrol akses yang sangat kuat dan memungkinkan penggunanya untuk melakukan konfigurasi dengan tepat mengenai siapa yang nantinya punya akses ke konten.

Anda juga bisa menambah tingkatan keanggotaan individu untuk setiap kursus yang ada. Tapi tenang saja karena Anda bisa membuat aturan yang makin canggih untuk menjual paket. 

Contohnya bisa membuat paket keanggotaan yang memberi pengguna untuk mengakses ke setiap kursus tingkat pemula. Anda bahkan bisa menawarkan tiket masuk.

MemberPress juga dilengkapi dengan beragam fitur konten menetes yang membuat pengguna bisa menampilkan konten terbatas untuk anggota setelah batas waktu tertentu. 

Misalnya merilis pembelajaran untuk seminggu sekali atau waktu tertentu lainnya. MemberPress sudah terintegrasi dengan pembayaran populer seperti Paypal, Authorize.net hingga Stripe.

2. LearnDash

LearnDash menjadi plugin LMS WordPress yang mudah digunakan dan sangat populer. Plugin juga menyediakan beragam fitur canggih yang membuat penggunanya makin suka dengan plugin ini. 

Hadir dengan pembuat kursus seret dan lepas yang sederhana membuatnya bisa digunakan untuk kursus multi lapisan dengan pelajaran, kategori, kuis dan topik sesuai keinginan.

Bahkan Anda bisa menyampaikan semua pelajaran sekaligus atau menjadwalkan seluruh durasi khusus menggunakan fitur konten Drip Feed. 

Memakai LearnDash membuat Anda bisa memberi tugas kepada pengguna dan kemudian menyetujui atau mengomentari tugas tersebut. Ini juga dilengkapi alat manajemen kuis dan tes untuk beberapa jenis pertanyaan yang ada.

Anda bisa mengatur prasyarat untuk siswa. Misalnya menyelesaikan pelajaran terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke pelajaran selanjutnya. 

Plugin juga menawarkan banyak pilihan monetisasi seperti:

  • Langganan
  • Pembelian satu kali
  • Keanggotaan
  • Keranjang belanja kursus pelatihan online

Plugin juga memberi gateway pembayaran yang lumayan beragam seperti 2 Checkout, PayPal atau Stripe. LearnDash telah diintegrasi dengan baik melalui eCommerce WordPress, plugin keanggotaan dan bbPress. Seperti yang telah disebutkan, plugin ini memiliki banyak fitur yang sangat menarik.

Salah satu fitur yang terbaik adalah fitur forum dinamis. Fitur memungkinkan pengguna bisa membuat forum khusus kursus yang nantinya dijadikan sebagai tempat siswa untuk berinteraksi atau membantu satu sama lain. 

Harga plugin mulai $159 untuk mendapat satu lisensi situs yang mendukung pembaruan selama satu tahun.

3. LifterLMS

LifterLMS menjadi plugin LMS WordPress yang kuat dan punya banyak fitur rapih didalamnya. Plugin memungkinkan pengguna untuk membuat kursus online yang menarik dan menawarkan banyak pengalaman belajar luar biasa kepada para siswa. Plugin juga sangat mudah diterapkan. Bahkan untuk WordPress yang sudah ada sebelumnya.

LifterLMS juga mendukung kursus multi tingkat dengan modul pelatihan, pelajaran, kategori dan masih banyak lainnya. 

Dengan plugin ini, Anda semakin fleksibel untuk membuat kursus yang lebih kecil atau bergelar penuh. Anda bisa menambah pelajaran multimedia, termasuk audio, teks, gambar atau video agar kusus semakin menarik.

Plugin memiliki konten menetes, keanggotaan grup, persyarat kursus yang juga menawarkan kontrol lebih besar untuk kursus yang Anda bangun. Agar menambah keterlibatan pengguna, plugin juga hadir dengan beragam fitur canggih. Misalnya:

  • Email otomatis
  • Gamifikasi lencana
  • Sertifikat setelah menyelesaikan kursus.

Ini memberi batasan konten bawaan yang memungkinkan pengguna membatasi halaman WordPress apapun untuk situs dan hanya dapat diakses oleh anggota. LifterLMS menyediakan koleksi addons yang sangat berguna. Addons tersebut bisa digunakan untuk:

  • Mengintegrasikan plugin dengan plugin eCommerce
  • Menghubungkan email ke layanan pemasaran email
  • Dan masih banyak lainnya

Tersedia beberapa pilihan pembayaran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya pembayaran via kartu kredit, pembayaran satu kali ataupun berulang, penawaran kupon hingga menjual paket kursus. 

Beberapa pilihan tersebut juga bisa diintegrasikan dengan Stripe, Paypal atau menerima pembayaran manual lewat cek.

Untuk harga, plugin ini menawarkan harga yang sangat terjangkau sehingga aman untuk kantong pengguna. Plugin addon individual seharga $99 yang nanti dapat digunakan untuk satu situs. 

Ada juga paket universal yang harganya $299 untuk satu situs juga. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing situs website.

4. Teachable

Teachable adalah pembuat kursus online yang sangat handal untuk Anda gunakan. Plugin ini bukan resmi dari WordPress, Namun Anda bisa menggunakannya untuk sub domain, nama domain kustom atau hanya sekedar penambah link halaman sekolah. 

Plugin ini sangat cocok untuk digunakan sebagai alat pembangun kursus online yang interaktif.

Plugin juga menyediakan integrasi pemasaran email, analitik dan masih banyak alat pemasaran lainnya. Untuk sistem pembayaran, plugin juga menangani biaya kursus yang nanti dapat dibayarkan menggunakan Stripe ataupun Paypal. 

Periode pembayaran juga sangat bervariasi sesuai paket harga plugin yang dipilih saat membeli.

Harga yang bisa dibayarkan mulai dari $29 per bulan. Teachable menawarkan alat lengkap yang memungkinkan penggunanya untuk mengelola, membuat dan juga menjual kursus online. 

Plugin juga bisa menangani banyak siswa dan kursus sesuai keinginan. Mengingat ini adalah platform mandiri, tentunya Anda tidak harus melakukan pembaruan atau pencadangan lagi.

Kelebihan yang dimiliki plugin ini adalah banyak fitur yang sangat membantu untuk pengguna. Jadi akses kursus online makin mudah dan menyenangkan untuk diterapkan. 

Tak hanya itu, plugin juga memiliki interface yang mudah dan sederhana sehingga cocok untuk pemakai pemula. Kekurangannya, plugin LMS ini umayan mahal dibanding plugin LMS lainnya.

5. LearnPress

LearnPress menjadi plugin LMS WordPress gratis yang menyediakan beragam fitur canggih didalamnya. Tidak seperti plugin gratis LMS pada umumnya, plugin ini dilengkapi dengan fitur wizard pengaturan yang memungkinkan pengguna dapat melakukan setting sendiri sesuai kebutuhan pada saat itu.

Proses pemakaian plugin juga terkesan sangat mudah dan sederhana sehingga bisa dilakukan oleh siapapun. Pembuatan kursus mudah dilakukan dengan bantuan pelajaran, pertanyaan ataupun kuis. 

Anda bisa memakai pelajaran atau kuis dari satu kursus dalam kursus lainnya. LearnPress juga memungkinkan pengguna mengekspor konten.

Jadi Anda bisa memakainya di situs WordPress lain memakai LearnPress. Plugin juga menyediakan addon gratis yang menambah tampilan kursus. 

Bagi yang ingin menikmati berbayar, plugin juga menyediakan addon berbayar dengan tambahan fitur menarik didalamnya. Ada dukungan konten terjadwal, penilaian, kuis, tugas dan masih banyak lainnya.

Plugin juga mendukung integrasi plugin keanggotaan bbPress, WordPress dan WooCommerce. LearnPress bisa berfungsi dengan baik untuk beragam tema WordPress apapun. 

Anda juga bisa memilih tema LMS WordPress yang mereka miliki sendiri. Tentunya hal seperti ini membantu Anda untuk menghindari kompatibilitas dan menawarkan pengalaman yang makin baik untuk pengguna.

6. WP Courseware

WP Courseware merupakan plugin LMS WordPress handal lain yang dilengkapi fitur pembuat kursus seret dan lepas. 

Pembuatan kursus yang satu ini memiliki tampilan sangat kuat dengan banyak fitur yang membuat kursus semakin baik dan menarik. Baik digunakan di kursus online besar maupun kecil.

Setiap kursus yang dihadirkan juga bisa untuk kuis, unit dan modul dengan baik. Tentunya mereka juga mendukung persyarat kursus maupun fitur tetesan konten yang sangat menarik untuk digunakan para penggunanya. 

WP ini juga menawarkan beragam hal menarik seperti:

  • Profil instruktur
  • Email khusus
  • Buku kelas siswa
  • Dan masih banyak fitur lain yang membantu pengguna menciptakan pengalaman untuk para pengunjung.

Plugin juga dilengkapi dengan bank soal sehingga Anda bisa cepat membuat kuis dengan baik tanpa harus login ke alat tertentu lainnya. 

Plugin juga menyediakan fitur monetisasi yang sangat kuat untuk menjual kelas online di situs. Plugin mempunyai pilihan keranjang belanja internal yang memungkinkan pengguna dapat menghubungkan PayPal atau Stipe.

Anda juga bisa membuat kursus gratis dan memberi penggunanya untuk mencoba kelas yang Anda miliki. 

Untuk menggunakan plugin tersebut, Anda bisa membayar $129 untuk dua situs serta mendapat dukungan dan pembaruan selama satu tahun. 

Plugin  juga mendukung semua tema yang dihadirkan WordPress.

7. Sensei

Sensei menjadi plugin LMS WordPress yang sangat kuat karena dibuat oleh tim WooCommerce. Plugin sangat fleksibel dan tentunya mudah untuk digunakan. Anda bisa megikuti praktik terbaik yang sama seperti WooCommerce atau WordPress sesuai keinginan. Pembuat kursus ini juga sangat mudah tapi tidak sekuat yang lainnya.

Anda bisa membuat kuis, tugas atau menilai secara otomatis maupun manual. Bahkan tersedia lencana dan sertifikat kepada para siswa. 

Untuk menjual kursus yang telah dibuat serta menerima sistem pembayaran, Anda bisa memakai WooCommerce. Untuk kursusyang ingin dijual, Anda bisa membuat produk dan bisa ditautkan ke kursus yang Anda buat.

Sayangnya, plugin tidak menyediakan banyak integrasi ke pihak lain. Anda bisa mengintegrasikan Sensei dengan plugin keanggotaan yang sudah ada. 

Hanya saja tidak ada tambahan addon didalamnya. Jadi Anda harus memperhatikan hal ini sebelum menggunakan plugin.

8. SP WooCommerce Product Slider

Baik pembeli maupun penjual dapat memanfaatkan slider yang telah terpasang di toko online. Penjual bisa memakainya untuk menampilkan diskon, info menarik hingga promo lain. 

Tak hanya itu, dari sisi pelanggan, mereka juga bisa melihat tawaran menarik yang ada di toko online dengan sangat mudah.

Plugin sangat bermanfaat jika tema WooCommerce yang diterapkan tidak mempunyai slider sebagai bawaannya. Berikut kustomisasi dari plugin yang bisa dinikmati:

  • Mobile friendly, slider yang sangat responsif
  • Pengaturan unik di setiap slider yang diberikan
  • SEO friendly
  • 3 pre desigend tempalte
  • Dapat kustomisasi warna huruf dan ukuran huruf
  • Menunjukkan navigasi warna sesuai keinginan

9. Customer Review For WooCommerce

Ulasan yang diberikan pelanggan sebelumnya mempengaruhi reputasi bisnis Anda. Dimana reputasi bisnis bisa naik dan turun karena ulasan yang ditinggalkan pelanggan tersebut. Umumnya pelanggan langsung membaca ulasan toko secara menyeluruh sebelum mereka membeli produk.

Dengan menginstall plugin ini Anda bisa mengajak pengunjung untuk memberi ulasan mereka. Berikut fitur lain yang diberikan di plugin:

  • Mengingatkan konsumen untuk memberi ulasan produk via email
  • Mengingatkan pembeli tepat setelah menerima produk yang mereka beli
  • Mengkustomisasi email pengingat
  • Memberikan kupon kepada pelanggan yang sudah mengulas produk ataupun layanan toko online lain

10. WOOCS – Currency Switcher for WooCommerce

WooCommerce Currencry Switche menjadi pilihan tool terbaik jika Anda menargetkan pasar global. Tersedia beragam fitur unggulan yang membuat toko online makin bagus dan berkualitas, Adapun fiturnya sebagai berikut:

  • Menentukan pilihan mata uang yang akan digunakan berdasarkan metode flags + flag
  • Otomatis mengubah ataupun mengganti mata uang sesuai alamat IP pelanggan
  • Memungkinkan pelanggan melakukan pembayaran memakai mata uang yang mereka miliki.

Pastinya ada kesulitan tersendiri ketika seseorang ingin mengelola toko online. Untungnya saat ini sudah ada plugin WooCommerce yang dapat diandalkan sehingga manajemen toko online makin mudah dan tidak ribet. 

Bahkan meskipun toko online yang Anda buat tidak ada admin tambahan. Menurutmu plugin WooCommerce mana yang paling sesuai dengan kebutuhan?

Plugin LMS Mana Yang Lebih Baik?

Seperti yang sudah disebutkan, setiap plugin LMS WordPress memiliki kelebihan dan kelemahan yang berbeda-beda. Sebelum menggunakan plugin, tentunya Anda harus memilih mana yang paling unggul. 

Tentunya harus juga disesuaikan dengan website yang ingin dibuat. Pasalnya akan sangat bagus jika plugin yang digunakan sesuai atau cocok dengan website yang Anda miliki.

Hanya saja menurut pengalaman kami, MemberPress adalah plugin LMS terbaik yang banyak digunakan. Tidak heran karena plugin sangat ramah terhadap pemula dan pastinya membuat kursus online yang Anda miliki makin bagus dengan desain yang makin indah dan tampak menarik. 

Menariknya, Anda juga tidak membutuhkan kode untuk mengatur plugin sesuai yang diharapkan.

Itu tadi pembahasan mengenai plugin LMS WordPress terbaik yang bisa digunakan. Seperti yang telah disebutkan, setiap plugin punya keunggulan dan kekurangan berbeda. 

Tentunya sebelum memilih plugin Anda harus menentukan apakah plugin yang ingin dipilih sesuai dengan kebutuhan atau tidak.