Menjadi Web Designer

Skill Yang Dibutuhkan untuk Menjadi Web Designer

Kali ini saya tidak membahas tentang skill yang dibutuhkan untuk menjadi web designer secara formal. Ini Artikel ini bagi seseorang yang tidak memiliki dasar IT atau Informatika dan kita tidak akan membahas tentang coding ataupun hal lainnya yang membuat proses pembuatan website menjadi semakin terlihat ribet. 

Bacaan ini ditujukan untuk seorang pemula yang ingin belajar menjadi seorang web designer. Tidak ada batasan dalam faktor apa saja yang dibutuhkan dan syarat apa saja yang harus dimiliki oleh seorang web designer.

Menurut pendapat saya pribadi, yang terpenting adalah hasil akhir dari website yang dibuat, dan tujuan dari konsumen untuk memesan website dari seorang web designer telah terpenuhi dimana mereka puas akan hasil yang diberikan oleh seorang web designer.

Baca sampai akhir untuk mengetahui software yang saya gunakan dalam membuat website.

Web Designer

Pengertian web designer adalah seseorang yang bekerja membuat website dan mendesign website agar tampilan website tampak menarik, indah dan memiliki keunikan tersendiri.

Tentunya selain dari segi tampilan, fungsi dan kemudahan penggunaan website dapat terpenuhi. Bisa dikatakan seorang web designer adalah seorang seniman, dimana hasil karyanya bisa dinikmati oleh semua orang.

Apakah seorang web designer harus memiliki jiwa seni? Tentu saja tidak, karena itu semua butuh proses pembelajaran jika ingin menjadi seorang web designer.

Yang terpenting bagi seorang web designer adalah imajinasi dan kreatifitas dalam mendesign sebuah website dan teknologi terbaru yang digunakan dalam mendesign website.

Alasan Menjadi Web Designer

apa yang melatarbelakangi alasan seseorang menjadi seorang web designer? Setiap orang tentu memiliki alasan yang berbeda, sedangkan alasan saya berawal pada saat saya memesan website dari penyedia jasa website dan design dari sebuah perusahaan pembuat website.

Disana saya merasa cukup kecewa, dimana hasil website memang cukub bagus dan harga cukup sesuai. Akan tetapi saya tidak bisa melakukan apa – apa dalam mengedit sebuah website.

Karena tidak seperti bayangan saya ternyata saya harus mengetahui yang disebut dengan CSS, HTML dan yang lainnya.

Disanalah saya mulai penasaran dan belajar secara otodidak dari berbagai sumber, baik itu melalui kursus offline maupun online.

Cara Belajar Web Design Untuk Pemula

Bagaimana sih cara belajar web design untuk pemula? Dari pengalaman saya pribadi, saya lebih banyak paham untuk menjadi seorang web designer dengan cara belajar secara mandiri (otodidak).

Belajar di tempat kursus sepertinya tidak cocok, kecenderungan informasi yang didapatkan dari google dan youtube.

Saat ini banyak sekali channel youtube yang menjelaskan tentang masalah website design, cara membuat website dengan mudah dan juga hal lainnya yang dibutuhkan baik itu seperti pemilihan hosting terbaik dan permasalahan yang dihadapi serta solusinya.

Memulai Belajar Web Design

kapan saatnya memulai belajar web design? Ya tentunya secepat mungkin jangan ditunda, karena persaingan untuk menjadi seorang web designer semakin meningkat.

Yang perlu diperhatikan sebelum memulai belajar website yaitu pastikan di niat kalian untuk belajar.

Dedikasikan diri kalian untuk belajar, karena pengetahuan yang kalian miliki nanti di dalam pembuatan website pasti akan bermanfaat di kemudian hari.

Jangan dengarkan pendapat orang lain yang negative tentang seorang web designer yang hanya menggunakan wordpress saja sebagai platformnya.

Syarat Menjadi Web Designer

apa saja yang harus dikuasai oleh seorang web designer? Tidak ada syarat khusus tapi ada syarat utama yaitu memilih platform dalam pembuatan website.

Apa saja platform atau software atau aplikasi yang digunakan? Tentu saja jumlahnya banyak sekali, baik itu wordpress, joomla, Laravel, bootstrap dan Bahasa pemograman lainnya.

Saran saya sebaiknya kalian memilih platform yang termudah dan efektif dalam membuat website, yaitu wordpress.

Masih banyak orang yang tidak paham wordpress dan masih banyak yang mencap negative yang mengatakan wordpress memiliki banyak sisi kelemahan.

Tentu saja setiap platform pembuat website tidak ada yang sempurna, apakah kalian bisa menunjukan platform web design yang sempurna?

Software Yang Dibutuhkan Oleh Web Designer

Kita sudah memilih wordpress sebagai platform kita dalam mendesign sebuah website. Selain kekurangan masih banyak kelebihan dari wordpress yang sangat bermanfaat.

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah software apa saja yang dibutuhkan menjadi seorang web designer. Disini saya membuat daftar, terlepas dari pengertiannya.

Tools atau plugin atau software aplikasi yang biasa saya gunakan dalam mendesign sebuah website yaitu:

plugin wordpress terbaik

Pengertian wordpress tidak saya jelaskan disini, karena saya yakin kalian sudah paham dan juga sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya tentang apa itu wordpress.

2. Elementor

review elementor

Ini adalah salah satu page builder yang paling dikenal oleh hampir semua orang dalam membuat website. Sangat mudah cara penggunaannya dan sangat cocok dipadukan dengan wordpress.

Untuk proses pembelajaran sebaiknya gunakan elementor free dan jika sudah semakin mahir barulah beralih ke elementor pro.

Kelemahan elementor pro adalah ada tambahan biaya tiap tahunnya jika ingin tetap mendapatkan update.

3. Crocoblock

crocoblock

Merupakan kumpulan berbagai plugins dan elements yang tidak mampu disediakan oleh elementor pro.

Dari segi pendapat saya, Crocoblok menjadi lebih powerful jika dipadukan dengan page builder elementor free.

Perpaduan antara elementor free dan crocoblock sudah cukup untuk menjadi seorang web designer bagi pemula.

4. Divi

review divi page builder

Selain dalam bentuk theme divi juga merupakan page builder yang sangat mudah digunakan, divi menyediakan themes yang sudah siap pakai untuk segala kebutuhan website.

Sangat cocok digunakan bagi orang yang sama sekali belum pernah mengenal dan tahu dasar – dasar dalam membuat website.

Minimal tau cara menggunkan keyboard dan kursor mouse saja, karena semua aplikasi website yang saya sebutkan disini menggunakan konsep drag and drop.

5. Brizy

brizy website page builder olawebdesign

Termasuk salah satu page builder yang baru muncul dan cukup powerful yang kelak akan menjadi saingan dari elementor dan divi.

Brizy page builder layak untuk dicoba dan saya yakin dikemudian hari page builder ini akan menjadi salah satu page builder terbaik yang digunkan dalam membuat website.

6. WP Astra Pro

Ini merupakan themes atau template dimana kita sudah mendapatkan website yang siap pakai sesuai dengan kebutuhan.

Banyak sekali variasi website yang bisa didapatkan hanya dengan menggunkan themes dari WP Astra, kalian bisa menghasilkan ratusan bahkan ribuan jenis variasi design website dari WP Astra.

7. Plugin wordpres lainnya

Plugin olawebdesign

Plugin lainnya yang digunakan di dalam wordpress seperti plugin seo, plugin optimasi website, plugin untuk memperkecil gambar di website.

Berbagi Ilmu Web Designer

Kenapa mau berbagi ilmu tentang web designer?

Apakah tidak takut akan semakin banyak orang yang akan pintar dan ahli menjadi seorang pembuat website?

Disini saya tekankan bahwa setiap orang memiliki tujuan yang berbeda, saya ingin agar orang lain semakin pintar dan paham akan perkembangan teknologi website.

Berbagi ilmu dan pengetahuan adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap orang. Bahkan saya membuat channel youtube tentang cara membuat website dengan wordpress dan cara mencari uang online dengan website.

Ada kebahagian tersendiri jika apa yang saya bagikan ini bermanfaat untuk orang lain.

Berapa Lama Belajar Web Design Dengan WordPress

Mungkin pertanyaan ini sering muncul di benak kalian, berapa lama belajar web design dengan wordpres? Itu semua tergantung dari dedikasi kalian dan niat adalah yang utam serta tujuan dalam belajar membuat website.

Seorang web designer juga harus mengetahui bagaimana cara memilih web hosting terbaik, agar websitenya berada di hosting yang tepat.

Pada dasarnya saya butuh waktu yang cukup lama, karena di awal belajar membuat website, saya masih bekerja  harian dan hanya meluangkan waktu sekitar 1 hingga 2 jam tiap minggunya.

Membutuhkan waktu sekitar 1 tahun hingga saya menjadi cukup ahli dalam menggunakan wordpress dan tools lainnya.

Saya yakin kalian akan bisa melakukannya dalam waktu 3 bulan saja jika meluangkan waktu yang lebih banyak tiap harinya.

Gaji Web Designer

Bagaimana dengan gaji web designer dan berapa pendapatan yang dihasilkan dari seorang web designer? Tentu saja ini tidak bisa saya sebutkan berapa jumlah yang sudah saya hasilkan tiap bulan, yang saya bisa katakan semua itu lebih dari cukup.

Selain pembuatan website, kalian juga harus belajar hal lainnya seperti memahami SEO, cara mendapatkan uang melalui website secara online dan hal lainnya yang dapat meningkatkan pendapatan selain menjadi seorang web designer.

Semoga apa yang saya bahas di artikel ini dapat meberikan motivasi kalian untuk selalu meningkatkan kemampuan dalam membuat website dan jangan lupa, selalu praktek setiap hari agar kalian menjadi seorang yang ahli dibidang pembuatan website.