Tips Meningkatkan Peringkat SEO Situs WordPress

Jika mau meningkatkan peringkat SEO.Anda harus memahami dan menguasai beragam hal seputar SEO. Untung saja saat ini WordPress telah dipersenjatai dengan CMS yang SEO Friendly. 

Hal ini jugalah yang membuat WordPress makin populer dan banyak digunakan oleh para penggunanya.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peringkat SEO dan memperbaiki SEO WordPress. Di artikel ini kita akan membahasnya hingga tuntas. 

Jadi keinginan untuk meningkatkan performa SEO bisa makin besar. Seperti apa tips-tips untuk meningkatkan peringkat SEO? Anda bisa simak pembahasannya di artikel ini.

Tips Mudah Meningkatkan Peringkat SEO Di Situs WordPress

Ada beberapa cara untuk meningkatkan peringkat SEO di situs WordPress. Berikut kami rangkumkan semuanya:

1. Menginstall Plugin SEO WordPress

WordPress menawarkan banyak fitur SEO yang sangat built in untuk digunakan. Meskipun begitu, Anda dapat memaksimalkan situs dengan meningkatkan SEO WordPress. 

Ada banyak plugin SEO WordPress yang dapat dipilih. Salah satu yang paling tenar dan terbaik saat ini adalah Yoast SEO. Plugin ini dapat Anda gunakan untuk meningkatkan peringkat SEO di WordPress.

Dengan adanya plugin ini tentunya bakal memudahkan pengguna untuk mengoptimalkan halaman dan segala postingan dengan beragam keyword yang telah terpilih. 

Tak hanya itu, plugin juga menawarkan built in analysts yang sesuai dengan algoritma terbaru. Bahkan Anda juga dapat memakai sitemap XM dan menambah chema markup ke situs.

Untuk install Yoast, Anda bisa masuk ke dashboard WordPress dan kemudian memilih Plugin. Setelah itu pilih Add New

Di bagian kolom pencarian, Anda bisa mengetikkan Yoast SEO dan kemudian memilih Install Now di plugin. Pilih Active setelah muncul notifikasi. 

Sekarang plugin telah diaktifkan dan kemudian Anda bisa mengaksesnya dengan klik ikon SEO yang ada di sebelah kiri.

2. Riset terlebih dahulu keyword yang ada

Dengan melakukan riset keyword, SEO WordPress yang Anda lakukan dapat berhasil. Tentunya melakukan riset harus memperhatikan beberapa pertimbangan seperti:

  • Buat konten yang sering dicari pengunjung situs
  • Memahami bagaimana keinginan dan keperluan pasar dengan optimal
  • Melacak keberhasilan konten yang ditulis saat itu
  • Memahami bagaimana cara meningkatkan pengunjung website dan kemudian menaikkan traffic ke situs

Untuk memudahkan riset keyword, saat ini ada banyak tools yang dapat digunakan. Contoh yang paling populer adalah SEMRush, Google Keyword Planner, KWFinder. Ada beberapa hal mendasar yang harus diperhatikan saat melakukan riset keyword. Contohnya sebagai berikut:

  • Tentukan daftar target keyword yang ingin digunakan sesuai topik
  • Masukkan target tersebut ke tools riset keyword untuk mencari daftar keyword yang mempunyai volume pencarian tertinggi dengan nilai persaingan yang rendah.
  • Riset bagaimana keyword kompetitor dengan browsing situs melalui tool riset keyword untuk mengecek keyword yang dimiliki kompetitor.

Setelah membuat daftar keyword, Anda harus membuat konten dan kemudian mengoptimalkan konten tersebut.

3. Nyalakan Search Engine Visibility

Di WordPress, ada pilihan built in yang ternyata menyembunyikan keberadaan situs dari mesin pencari. Di awal pembuatan website, pilihan ini memang sangat berguna. Namun selanjutnya hanya akan mempengaruhi ranking situs pengguna masing-masing. 

Jika dua tips di awal sudah dilakukan dan ternyata tidak memberi hasil yang signifikan, Anda bisa menyalakan search engine visibilty.

Nah, untuk mengecek bagian visibility tersebut, buka dulu Settings dan kemudian pilih Reading di bagian dashboard. 

Scroll ke bawah dan Anda bisa melihat area ataupun bagian yang dikenal dengan sebutan Search Engine Visibilty.

4. Atur bagian struktur permalink

Saat WordPress diinstal pertama kalinya, halaman  dan postingan mempunyai struktur URL yang tidak semestinya. Perlu Anda tahu jika struktur tersebut memberi nilai jelek untuk performa SEO. Struktur URL yang bersih dan mudah dilacak engine merupakan pengaturan yang masuk ke setting post name.

Dengan mengganti pengaturan awal ke pengaturan tersebut, Anda dapat memasukkan judul postingan ataupun halaman, bahkan keyword ke URL yang ada. Agar  bisa mengubah bagian tersebut, Anda bisa membuka Settings dan kemudian pilih Permalinks. Di bawah bagian Common Settings, Anda bisa memilih Post name.

Jika terlambat melakukan pergantian atau perubahan ke mode tersebut, Anda harus mengalihkan ke URL yang lama. Anda dapat mengatasinya dengan instal plugin Change Permalink Helper. 

Anda bisa memasukkan URL lama dan nantinya URL tersebut langsung dialihkan ke URL baru.

5. Tambahkan situs ke Google Search Console

Cara berikutnya untuk meningkatkan peringkat SEO di WordPress adalah dengan menambahkan situs Google Search Console. Tools tersebut menunjukkan tampilan situs Anda di search engine dan memberi peringkatan jika ada error pada website. Bagi yang ingin menambahkan situs ke sini, Anda bisa membuka website resmi terlebih dahulu.

Selanjutnya, buka akun baru memakai akun Google yang sudah Anda miliki. Pilih Add a properti dan kemudian masukkan URL website yang Anda miliki. 

Pilih Add dan kemudian arahkan layar dimana Anda bisa melakukan verifikasi kepemilikan situs. Ada banyak cara untuk melakukan verifikasi situs.

Namun yang paling mudah adalah memilih Alternate methods dan kemudian pilih HTML tag. Salinkan kode yang sudah ditampilkan dan kemudian pilih ke dashboard WordPress. Tambah kode ke header memakai plugin. Pilih Plugins dan kemudian Add New. Pilih Insert Headers and Footer. 

Anda bisa menginstall dan kemudian mengaktifkan plugin yang ditanmpilkan. Buka plugn dan kemudian pilih Settings dan kemudian Insert Header and Footer.

Pastekan kode yang ada kaitannya ke box berlabel Header. Setelah itu pilih Save. Terakhir, Anda bisa membuka Google Webmaster Tools dan kemudian pilih Verify. Selesai, Anda sudah bisa menambahkan situs ke Google Search Console.

6. Mengintegrasikan ke Google Analytics

Tool Google lain untuk meningkatkan SEO situs adalah Google Analytics. Tool ini menampilkan sejauh mana strategi SEO yang sudah Anda lakukan. Tools juga menyediakan beragam panduan dan artikel seputar cara meningkatkan SEO WordPress dan cara untuk menambah pengunjung website.

Untuk menggunakan tools ini, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Pertama Anda bisa membuka beranda website Google Analytics terlebih dahulu. 

Daftarkan diri dengan mengisi formulir. Setelah itu, cari kode tracing yang sudah disediakan di tools Biasanya kode yang dimakud ada di bagian bawah menu Tracking Info dan kemudian pilih Tracking Code.

Selanjutnya, Anda bisa menyalin kode yang sudah disediakan. Sesuai dengan tema yang ada, Anda dapat menambah kode tracking Google Analytics. 

Jika ternyata gagal, Anda bisa memakai plugin Insert Header and Footers seperti yang telah dijelaskan di awal. Buka plugin dan kemudian pilih akses area header dan pastekan kode tracking. Selesai.

7. Tambahkan Sitemap ke Google

Sitemap biasa digunakan untuk melacak website Anda. Memang situs masih terlacak tanpa harus install Sitemap. Namun dengan bantuan sitemap akan memudahkan mesin pencari untuk menganalisa data yang dicari di situs Anda. Pastikan halaman yang tidak ada kontribusi dengan kenaikan SEO tidak dilacak lewat Google.

Anda harus memperhatikan halaman yang berkontribusi terlebih dahulu untuk performa SEO. Jika saat ini sedang memakai plugin \Yoast SEO, Anda dapat menambahkan sitemap dengan mudah. 

Pertama Anda bisa membuka menu SEO terlebih dahulu. Setelah itu bisa pilih General dan kemudian pilih Features.

Scroll ke arah bawah dan aktifkan XML Sitemaps. Pilih See XML Sitemap dan nantinya sitemap bakal terbuka. Pastikan sitemap telah terinstall dengan baik. 

Berikutnya, Anda bisa menambahkan sitemap ke Google. Masuk ke bagian dashboard Google Search Console dan kemudian pilih Sitemap.

Nantinya di sudut sebelah kanan ada pilihan Add Test Sitemap. Klik pilihan tersebut dan masukkan URL sitemap. Kemudian pilih Submit. Google bakal menganalisa dan melihat sitemap secara rutin. Untuk mempercepat proses ini Anda dapat memilih indexing untuk memudahkan analisa.

8. Optimalkan situs di perangkat mobile

Belum lama ini Google mengumumkan jika mereka bakal mengetes index mobile first. Artinya, Google memakai performa dan fungsionalitas halaman untuk menentukan peringkat, jika ditampilkan melalui perangkat mobile. Oleh karena itu, bagi yang belum memakai tema responsif, Anda harus menggunakan tema tersebut terlebih dahulu.

Selain memilih tema responsif, Anda dapat mengecek performa situs keseluruhan lewat spektrum mobile. Pertama Anda bisa membuka Googles mobile-frienliness tes dan setelah itu kemudian masukkan URL situs. Dengan langkah ini Anda bisa tahu performa situs jika diakses menggunakan peringkat mobile.

Tak hanya informasi tersebut saja, Anda juga mendapat beragam tips untuk meningkatkan SEO WordPress versi mobile. 

Dengan mengoptimalkan situs di perangkat mobile, tentunya pengunjung situs makin banyak. Ini menandakan jika tips yang Anda terapkan membuahkan hasil yang mumpuni.

9. Tingkatkan kecepatan loading website

Kecepatan loading website menjadi hal penting dan tidak boleh disepelekan begitu saja. Website dengan waktu loading yang lama umumnya memberi pengaruh jelek di peringkat situs. Tidak sedikit pengunjung yang kecewa karena terlalu lama menghabiskan waktu saat menunggu loading website.

Karena itu, kecepatan loading menjadi hal penting untuk menambah peringkat situs. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kecepatan loading situs. 

Berikut beberapa cara yang biasa digunakan:

• Cari baseline number

Pertama, Anda harus tahu bagaimana performa situs di mesin pencarian terlebih dahulu. Untuk mengetahui performa situs, Anda bisa membuka tool GTMetrix dan akses situs lewat situs tersebut. Dengan memakai tools tersebut, Anda dapat melihat angka dan juga performa situs sehingga Anda tahu mana yang harus diperbaiki dan ditingkatkan.

• Upgrade paket hosting

Kadang kesalahan konfigurasi sisi server dapat menyebabkan loading lambat. Jadi menggunakan paket hosting yang mumpuni adalah hal penting untuk Anda lakukan. 

Agar bisa meningkatkan performa WordPress, kami sarankan memakai hosting WordPress terbaik di indonesia maupun memilih hosting yang ada di luar negeri, yang memang memudahkan pengguna untuk mengelola website.

• Pakai CDN

CDN adalah tools ampuh untuk meningkatkan kecepatan loading dengan menyimpan versi situs di server dunia. Jadi, saat nanti ada pengunjung yang masuk atau membuka situs Anda, situs yang ditampilkan merupakan versi situs yang paling dekat dengan lokasi tempat Anda berada. 

Kami sarankan untuk mengintegrasikan situs dengan CDN gratis, misalnya Cloudflare.

10. Perbaiki Link Rusak

Link yang rusak di situs juga mempengaruhi kinerja dan performa situs Anda. Bahkan link situs yang rusak membuat Google sulit untuk berkunjung dan meihat situs. 

Akhirnya performa SEO yang Anda terapkan di website tidak mumpuni. Ada cara untuk mengecek apakah link situs yang Anda miliki rusak atau tidak.

Cara yang paling mudah adalah membuka Google Search Console dan kemudian memilih Crawl Errors. Di sana ada beberapa informasi mengenai situs yang linknya rusak di website. 

Anda bisa langsung membuka setiap link yang rusak tersebut. Setelah dibuka, Anda dapat memperbaiki link yang rusak.

Meningkatkan performa SEO pada website adalah hal penting yang harus dilakukan pemilik website. Dengan meningkatkan performa SEO, tentunya peringkat website bisa cepat naik di mesin pencarian.

Untuk itulah, beberapa tips yang sudah kami sebutkan di awal harus diperhatikan dan diterapkan dengan baik.. Ada beberapa cara lain untuk meningkatkan performa SEO. Tapi yang paling penting sudah kami jelaskan di awal.