Cara Mudah Maintenance Website Secara Profesional Paling Aman

Tentunya Anda sudah tahu jika WordPress merupakan CMS yang paling sering melakukan update? Update yang dimaksud gunanya untuk maintenance agar website tetap berjalan dengan baik. 

Cara membuat website memang mudah sehingga siapapun bisa melakukannya. Namun tanpa maintenance yang baik, website dirasa kurang bagus.

Maintenance website adalah upaya supaya memastikan komponen website masih berjalan sesuai kebutuhan dan fungsi. Sama dengan merawat rumah, memelihara website harus dilakukan secara berkala. 

Jenis maintenance website sesuai periode ada tiga, yakni:

  • Maintenance Website mingguan
  • Maintenance Website bulanan
  • Maintenance Website tiap kuartal

Lantas bagaimana caranya maintenance website? Bagi yang masih pemula dan belum tahu, Anda bisa cek artikel ini hingga tuntas karena kami akan membahasnya. 

Secara umum, maintenance website memang agak ribet. Tapi jika sudah terbiasa, hal seperti ini tidak lagi sulit untuk dilakukan.

Langkah Mudah Maintenance Website Secara Profesional Bagi Pemula

Kebutuhan setiap orang dalam membuat website memang berbeda. Meskipun kebutuhan setiap orang berbeda, tapi tetap saja pemeliharan menjadi hal penting untuk dilakukan. 

Saat merawat rumah Anda dapat memegang properti yang digunakan langsung, Lantas bagaimana dengan pemeliharaan website yang tidak tampak?

Agar tidak pusing, Anda dapat simak beberapa langkah berikut untuk melakukan maintenance website secara profesional untuk pemula. Simak saja artikelnya berikut.

Maintenance website Mingguan

Untuk melakukan maintenance mingguan, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Sesuai namanya, diharapkan melakukan maintenance ini secara mingguan/ Jika pemeliharaan website semakin rutin diakukan, tentunya kualitas website makin bagus dan berkualitas. Berikut langkahnya:

1. Pastikan halaman dan tautan masih berfungsi dengan baik

Bagaimana perasaan Anda saat mengakses website tapi ternyata tampilan websitenya adalah halaman rusak? Rentunya Anda akan beranggtapan jika website tetersebut tidak dikelola dengan baik. 

Tentunya Anda tidak mau mengecwewakan pengunjung website bukan? Karena itulah, Anda harus melakukan pemeriksanaan halaman dan juga tautan website setiap minggu.

Pastikan halaman website yang ditampilkan memberi informasi yang sebenarnya. Untuk cara memeriksanya sangat mudah. Anda bisa mengikuti langkah berikut:

  • Instal plugin Broken Link Checker agar mudah menemukan tautan halaman yang rusak atau tidak berfungsi.
  • Lakukan setting plugin Broken Link Checker yang telah diinstal tadi
  • Perbaiki atau jika perlu hapus URL yang rusak tersebut.

2. Periksa update komponen website

Hal penting yang kadang sering dilupakan oleh pemilik website adalah memperbarui semua komponen website yang mereka miliki. Bahkan tidak sedikit yang mengira jika website akan baik-baik saja meskipun tanpa diupdate terlebih dahulu.

Bagi yang berfikiran jika website tetap aman meskipun tanpa diperbarui, tidak usah heran jika malware rentan masuk ke website. 

Bukan hanya malware saja sebenarnya, tapi beragam gangguan yang dapat merugikan website Anda juga sangat mudah masuk.

Mungkin saja efek dari update yang sudah Anda lakukan tidak terasa atau tidak terlihat. Sehingga kesannya pembaruan tersebut hanya remeh dan tidak diperlukan lagi. Namun yang namaya update meskipun kecil akan membuat komponen websit emenjadi bagus saat bekerja.

Karena itulah, rajin-rajinkan untuk memeriksa noifikasi update yang Anda miliki/. Jika update dilakukan sesering mungkin, kualitas website akan semakin bagus dan menambah kenyamanan pengunjung saat masuk ke website Anda.

3. Hapus semua komentar spam yang tidak perlu

Mungkin Anda sudah pernah mendengar komentar spam itu apa. Banyak yang bilang jika komentar spam hanya komentar yang tidak relevan dengan isi konten yang Anda miliki saat itu. 

Alhasil karena dianggap hal yang sepele, tidak sedikit yang membiarkan komentar spam tersebut mengisi halaman website Anda.

Sayangnya, komentar spam yang sering Anda temui tersebut tidak sesederhana itu. Mengabaikan komentar spam adalah hal yang salah besar. 

Orang jahat manapun pasti akan bersembunyi di balik komentar spam agar menggiring pengunjung website ke halaman yang berbahaya.

Gampangnya, mereka cukup meletakkan pancingan link di kolom komentar yang Anda berikan. Mereka hanya perlu menunggu kail agar disambut oleh Anda atau bahkan pengunjung website. Akhirnya, Anda sendiri yang akan rugi karena keberadaan komentar spam tersebut.

Tak hanya itu, membiarkan komentar spam yang terpampang di website juga memberi kesan bahwa Anda terlalu cuek dengan adanya komentar tersebut. 

Jadi mulai sekarang, rutinlah untuk menghapus semua komentar spam di website. Jika komentar spam dihapus, tentunya website menjadi lebih bagus.

Maintenance website Bulanan

Pastinya setiap orang punya tujuan tertentu saat membuat website. Entah ingin menggunakannya sebagai media penjualan, ingin blok yang diakses banyak pengunjung atau tujuan lainnya. Namun mungkin saja strategi yang Anda lakukan untuk meningkatkan trafik tersebut kurang berhasil.

Jika demikian, maintenance website bulanan dapat dilakukan agar Anda mendapat hasil analisa yang bagus untuk memprepresentasikan kenyataan yang ada. 

Tidak usah diambil terlalu cepat tapi pastikan tidak terlambat. Supaya makin jelas, berikut beberapa langkah maintenance bulanan yang bisa dilakukan:

1. Melihat performa SEO yang ditanamkan

SEO menjadi kunci utama jika ingin website yang Anda bangun dikenal dan mudah ditemukan oleh Google. Kebanyakan orang lebih percaya dengan hasil pencarian di halaman pertama dari search engine. Tidak heran jika kebanyakan pihak ingin mendapat page one tersebut.

Mempunyai performansi SEO yang bagus bukan hanya bisa melejitkan ranking website. Namun juga bisa meningkatkan trafik website. 

Jika website berada di peringkat paling atas, tentunya kemungkinan besar untuk di kik juga lebih tinggi. Lantas apakah Anda sudah mengecek bagaimana performa traffik website yang Anda miliki?

Apakah sudah puas dengan hasil yang diberikan? Ada baiknya jangan berpuas diri atau malah putus asa karena trafik yang tidak kunjung melonjak. Segera lakukan manuver terbaik agar trafik semakin tinggi dengan mengandalkan SEO.

2. Review konten di website

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan ketika membangun konten adalah tren apa yang saat itu sedang naik. Meskipun begitu, tidak ada trend yang berlangsung abadi. Tren terus berganti dengan cepat tanpa bisa diprediksi oleh khalayak umum.

Kadang ketika membuat konten, Anda akan terjebak di zona nyaman. Rasanya cocok serta nyaman dengan topik yang saat itu sedang trend. Padahal nanti atau bahkan esok hariu, topik tersebut tidak ada kemungkinan bakal dilirik oleh orang lagi.

Padahal konten yang bagus dan relevan dengan kebutuhan pengunjung itu sangat mempengaruhi performa SEO. Hal tersebut karena otang tersebut mencari informasi bukannya website yang Anda miliki. 

Karena itulah, Anda harus rutin melakukan update konten dengan meletakkan informasi relevan yang ada.

Meskipun membutuhkan waktu yang lama, hal tersebut adalah cara paling baik untuk melakukan maintenance website. Jadi perhatikan topik apa yang saat itu sedang ngetren dan ikuti. 

Semakin mengikuti trend, konten yang ada di website semakin bervariasi dan akhirnya Anda mendapat hasil yang maksimal.

3. Tes kecepatan loading website

Setiap orang pasti tidak suka menunggu lama. Mungkin ini juga termasuk Anda. Pengunjung website pasti tidak mau menyia-nyiakan waktu untuk menunggu halaman website yang tidak kunjung menampilkan informasi yang diperlukan. 

Tidak sedikit pemilik website yang beranggapan, ya sudahlah tidak masalah jika loading website lama, pasti masih ada orang yang ingin bersabar.

Namun faktanya, lebih dari 57% pengunjung memilih pergi dari website yang punya page loading lebih dari 3 detik. Jika page loading yang Anda miliki buruk, tentunyaa website akan tenggelam di halaman pencarian Google. 

Pasalnya Google menganggap website memberi pengalaman pengunjung yang buruk. Otomatis performansi SEO juga turun bebas.

Untuk itulah kami bisa pastikan jika kecepatan loading merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Jika sudah mengoptimalkannya, Anda bisa memakai platform khusus untuk menguji page load website. 

Upayakan kecepatan loading tetap maksimal dengan menginstal pluggin yang mendukung.

Maintenance website tiap kurtal

Maintenance ini dapat dilakukan setiap tiga bulan sekali. Kenapa harus menunggu tiga bulan sekali? Kenapa tidak dilakukan setiap hari saja? 

Ingat, tidak semua hal dapat dilakukan dalam jangka pendek. Jika memaksakan diri ingin mengerjakan semuanya sekaligus, biasanya malah membuat orang pusing. 

Berikut beberapa maintenance kurtal yang dapat dilakukan:

1. Periksa semua info kontak aktif

Anda mungkin pernah menghubungi seseorang dan terdengar dari ujung telepon berbunyi, “nomor yang Anda hubungi tidak terdaftar. 

Anda langsung melihat nomor sebelumnya dan menghubugi lagi tapi mendapat respon yang sama. Akhirnya, informasi yang ingin ditanyakan ternyata gagal untuk disampaikan.

Ternyata penyebabnya adalah orang yang diihubungi tadi sudah mengganti nomornya. Wah, sangat disayangkan jika ada informasi berharga tapi tidak mendapatkannya karena info kontak tidak diupdate. Karena itulah, sangat penting untuk memperhatikan informasi kontak yang ada di website Anda.

Pastikan siapa saja dapat menjangkau Anda lewat alamat yang telah tertera di website. Jika ada perubahan kontak, Anda bisa mengubahnya segera. 

Memang terdengar sangat sepele, tapi Anda akan rugi besar jika kontak tidak segera dirubah atau diupdate.

2. Perbaiki dan perbarui struktur desain

Website diibaratkan sebagai rumah. Rumah memang bisa berdiri cukup lama meskipun diterpa angin ataupun hujan. Namun jika hal ini dibiarkan terus-menerus pastinya membuat atap akan bocor. Tak hanya itu, dinding juga kadang menjadi berlumut serta komponen lainnya dapat merapuh.

Hal ini juga sama dan bisa terjadi di website. Sebagus apapun desain website yang Anda miliki, akan terasa percuma jika Anda tidak memberi maintenance untuk website tersebut. 

Kenapa demikian? Sama dengan konten, desain mempunyai trennya masing-masing. Hal tersebut karena user experience pengguna yang terus berubah

Contoh, dulu Anda menikmati tampilan website serba putih dan terang. Namun kelamaan, tampilan website yang seperti ini tidak disarankan karena membuat mata lelah. 

Akhirnya muncul tren baru yakni dark mode yang membuat website makin nyaman dan ramah di mata. Ini hanya contoh sederhana saja.

Oleh karena itu, Anda harus mengikuti info seputar navigasi, desain responsif dan warna tampilan yang sering diupdate oleh Google sedalam mungkin. 

Jika perlu, perbarui juga tampilan website yang Anda miliki. Tapi pastikan sudah menyediakan halaman sementara agar pengunjung tahu jika website Anda sedang melakukan maintenance.

Dengan desain yang terus diperbarui, tentunya membuat halaman website makin menarik dan sulit ditinggalkan oleh pengunjung. Akhirnya, maintenance yang Anda lakukan bisa memberi hasil yang bagus dan sesuai dengan yang diharapkan.

3. Jangan lupa memeriksa durasi masa aktif domain

Karena terlalu sibuk mengurus SEO, konten dan struktur website, akhirnya tidak sedikit yang lupa durasi masa aktif domain. 

Akibatnya, Anda harus rela saat orang tidak dapat mengakses website. Parahnya, domain Anda lenyap dalam sekejap.

Pastinya sangat mengecewakan dan amat sangat disayangkan bukan? Padahal Anda sudah melakukan usaha sedemikian rupa untuk membangun website dan harus roboh hanya karena tanggal kadaluarsa website sudah terlewati. 

Agar tidak kehilangan semuanya, Anda bisa memeriksa durasi masa aktif domain lewat maintenance website.

Sekarang Anda sudah tau bagaimana cara maintenance website yang bagus supaya tampilan website seperti profesional. 

Ada banyak cara lain yang dapat dilakukan. Biasanya setiap cara tersebut selalu update setiap waktu. Jadi perhatikan dengan baik updatenya tersebut.