Kadence Theme Review

Kadence menjadi tema yang relatif baru yang mengklaim dirinya sebagai tema WordPress yang menawarkan beragam fitur yang mudah untuk digunakan. 

Tidak heran jika proses pembuatan situs website menjadi efektif dan mudah dilakukan. Seperti yang kita tahu, Astra dan GeneratePress memang sedang mendominasi industri dengan harga yang lumayan mahal tapi dengan fitur canggih didalamnya.

Namun hadirnya Kadence bisa menjadi alternatif terbaik lain bagi yang membutuhkan tema WordPress. Tenang saja karena tema ini tidak mengecewakan untuk dipakai. Pasalnya fitur yang mereka tawarkan benar-benar lengkap. Dari sisi harga juga tidak terlalu mahal sehingga aman untuk kantong penggunanya.

Mengenal Tema Kadence

Salah satu hal menarik yang ditawarkan di Kadence adalah temanya dibuat di Amerika Serikat. Atau lebih tepatnya dibuat di Missoula, Montana. Rincian bagaimana tema diciptakan tidak dibeberkan di situs resminya. Nmamun sangat mudah untuk menjawab bagaimana mereka mendapat inspirasi pembuatan tema dari situs yang mereka miliki saja.

Warna cerah yang digunakan pada tema dan fitur visual yang ramah dari tema terinspirasi oleh lanskap pegunaan dan sungai yang ada di Montana. Mungkin Anda berfikir jika Kadence adalah tema yang umum untuk digunakan. Dengan bantuan tema ini, Anda bisa membuat beragam website sesuai kebutuhan.

Misalnya membuat blog hingga situs berbelanja dan tentunya portal kursus online. Poin unggulannya adalah sangat fleksibel saat digunakan. 

Perusahaan Kadence tema menjual empoat tema yang berbeda yakni Virtue, Kadence, Ascend dan Pinnacle. Virtue Bold juga dihadirkan di sini. Hanya saja digunakan untuk tema anak-anak.

Namun karena Kadence merupakan tema paling premium yang mereka miliki, tidak heran jika pengguna mengharapkan lebih saat mneggunakan tema ini. termasuk dukungan yang makin baik hingga siklus pembaruan yang lebih ceoat. Untuk informasi rinci, mari kita kenalan dengan tema Kadence.

Bagian Penting Tema Kadence

Bagian Kadence sangatlah penting untuk diperhatikan karena meninjau bagaimana tema bisa berkerja, beroperasi dan terlihat menarik untuk digunakan. Berikut bagian pentingnya;

1. Desain dan gaya

Seperti yang sudah dibahas di awal, desain Kandence terinspirasi dari alam bebas yang ada di Kadence. Namun gaya tema yang dihadirkan jauh dari kata umum. Sekilas dari beberapa pengguna yang sudah menggunakan Kadence, tema ini mengusung tampilan urban. Bisa disebut tampilan ini menggunakan konsep bisnis kasual yang sangat menarik.

Artinya terlihat sangat profesional dan ramah untuk siapapun penggunanya. Hal ini memberi Anda fleksibilitas untuk bisa menyesuaikan tema supaya makin profesional atau santai seperti yang diinginkan. 

Anda bisa melakukannya dengan cepat. Dengan fleksibilitas yang mereka tawarkan, tentunya Anda bisa membuat situs apapun dan pasti bisa menyaingi tema tenar seperti Astra atau GeneratePress.

2. Kecepatan

Meskipun temanya sangat indah, tapi tema juga terasa sangat ringan. Hal ini memastikan jika situs website yang Anda miliki bisa memuat dengan cepat saat dikunjungi. Beberapa pengguna bahkan melaporkan situs website yang mereka miliki bisa memuat kurang dari satu detik. Yang artinya kecepatannya hampir menyamai Astra.

Bahkan Anda yang ingin membuat website dengan grafik yang berat, Anda juga tidak perlu khawatir dengan kecepatan yang diberikan tema. Ikon SVG yang hanya sebaris, kurangnya JavaScript dan stylesheet komponen membuat keunggulan tersendiri bagi tema sehingga memiliki waktu muat yang cepat dibanding para pesaingnya.

Anda juga mendapat opsi untuk memuat CSS di bagian header situs dan kemudian memberi kode kapanpun sesuai keinginan. Hal ini nmenambah kecepatan dan peningkatan kinerja situs website. 

Tapi masih ada kurangnya saat menggunakan tema ini. Bagi yang suka menggunakan filter atau pengait, tema ini bukan pilihan terbaik.

3. Keramahan SEO

Tema Kadence sangat mengesankan dalam hal pengkodean yang bersih sehingga membantu pengguna untuk mencapai puncak SERP. Namun tema mempunyai banyak hal yang ditawarkan untuk SEO selain pengkodean tersebut. Tema juga memberi dukungan atas semua plugin SEO seperti Yoast SEO yang pastinya membantu untuk mengoptimalkan halaman.

Tak hanya itu, tema juga mendukung markup skema yang menjadi keuntungan signifikan lainnya. Opsi tautan permanen juga dihadirkan di sini. Bagi yang sedang mencari tema yang ramah SEO, Kadence bisa menjadi pilihan terbaik. 

Fitur kepatuhan standar WCAG 2.0, navigasi keyboard, kontrol fokus memastikan siapapun bisa menemukan situs Anda dengan mudah.

4. Opsi tema

Banyak yang terkesan dengan opsi tema yang dihadirkan Kadence karena alasan tertentu. Opsi diberikan secara intuitif bertumpuk dan dibagi dengan baik. Tapi hal ini belum semuanya. Bagian pengaturan yang disertakan ke bagian Opsi Tema juga dibuat secara khusus. Desain khusus membuat, Anda bisa memilih dan membuat paket warna dengan mudah.

Namun desain bagian tersebut bisa disesuaikan dengan situs sehingga terlihat menjadi lebih gampang saat mengoptimalkan website. 

Anda juga bisa melihat bagian desain yang sama di bagian seperti Tata Letak dan Tipografi. Bagi yang pengguna WordPress pemula, Anda juga dimudahkan dengan hadirnya Opsi Tema.

5. Dukungan dan dokumentasi

Forum dukungan dan sistem tiket bisa digunakan bagi pengguna yang berlangganan tema Kadence. Bagi yang menggunakan tema versi gratis dan mempunyai beberapa pertanyaan, Anda bisa pergi ke halaman kontak perusahaan dan mengirimkan pertanyaan yang dibutuhkan di sana.

Basis pengetahuan diisi dengan banyak artikel yang pastinya akan membantu Anda untuk menggunakan tema. Tidak heran karena artikel seputar dasar pemakaian tema disediakan di sini. Daftar putar tutorial video juga bisa diakses langsung dari situs website.

Fitur Yang Ditawarkan Kadence Free

Kadence dibagi menjadi dua versi, yakni Free dan Pro. Di sub judul ini kami akan membahas fitur yang ditawarkan Kadence Free terlebih dahulu. Sesuai namanya, Kadence Free bisa digunakan tanpa membayar alias gratis.

Meskipun begitu, fitur yang ditawarkan tidak mengecewakan penggunanya. Setidaknya Anda bisa membuat situs website dengan baik menggunakan Kadence versi Free ini. Berikut beberapa fitur yang ditawarkan di sini:

1. Template

Versi free Kadence menghadirkan enam template pemula berbeda yang bisa diimpor dengan mudah ke situs website. Anda ingin membangun situs yang berorientasi bisnis? Kadence menyediakan template tersebut di sini. Bagaimana untuk pemakaian blog? Tentunya juga dihadirkan di sini.

Bagian menariknya, template yang dihadirkan di sini mempunyai desain yang ramping, bergaya dan modern sehingga sangat cocok untuk situs website apapun. Anda juga bisa melakukan modifikasi template supaya sesuai dengan gaya yang diinginkan. Benar-benar mendorong penggunanya untuk berkreasi.

2. Opsi kustomisasi yang unik

Opsi penyesuaian Kadence juga bisa dengan mudah diakses dari bagian Customizer di bagian dashboard admin WordPress. Tak hanya itu, perubahan yang dilakukan pengguna bisa dilihat secara real time sehingga memudahkan pengguna ketika ingin mengedit situs dari frontend.

Dengan opsi ini, Anda bisa menyesuaikan footer, menu, posting blog, header, pengaturan beranda dan sebagainya. Tema juga menyediakan beragam pilihan modifikasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan situs website. Berikut opsi penyesuaian yang diberikan:

  • Pembuat tajuk transparan, Tema Kadence menampilkan pembuat tajuk yang memungkinkan pengguna menambahkan elemen tertentu ke tajuk. Anda bisa menambah tombol navigasi utama, logo, bilah pencarian dan beberapa tombol media sosial. Di pasaran sana memang tidak banyak tema yang menyediakan tajuk transparan untuk versi gratis. Namun Kadence menawarkan tajuk transparan secara gratis.
  • Palet warna global, opsi ini membantu pengguna mengatur satu warna seragam di bagian atau elemen dari jenis yang sama. Alih-alih mengubah warna satu elemen di satu warna, Anda bisa memakai palet untuk mengubah semua elemen secara bersamaan.
  • Pengaturan halaman demi halaman, bagi yang mempunyai halaman unik di situs website yang ingin disesuaikan sepenuhnya, Anda bisa menggunakan pengaturan ini. Ini bisa diakses dari dashboard admin WordPress.
  • Fitur blogspot, pengaturan postingan blog memudahkan pengguna untuk menentukan tampilan posting blog. Misalnya Anda bisa menentukan bagaimana Anda menampilkan judul blog. Anda juga bisa menampilkan atau menyembunyikan komentar, kategori posting dan metadata. Belum lagi Anda juga bisa mengubah tata letak posting blok sesuai keinginan.

3. Blog kadence

Kadence blocks akan membawa pengalaman kustomisasi ke level yang berbeda. Muncul banyak blok berbeda yang bisa membantu Anda mendesain halaman dari awal untuk permulaan. Hal ini menawarkan pengguna tombol lanjutan, pooembagi spacer, testimonial, kotak konten, daftar isi atau akordeon.

Setiap blok mempunyai seperangkat pengaturan tambahan yang memudahkan Anda menyesuaikan beragam bidang. Misalnya blok tata letak baris mempunyai pengaturan yang memungkinkan pengguna mengubah latar belakang, perataan vertikal, overlay, warna teks hingga padding.

Kadence juga memungkinkan pengguna menambah beragam file media ke halaman situs website. Anda bisa mudah menambah video, gambar atau file audio sesuai kebutuhan. Hal ini juga memberi tambahan untuk menyematkan konten dari aplikasi pihak ketiga seperti Twitter, Youtube, Spotify hingga Vimeo.

Bagi yang tidak memiliki waktu untuk mendesain situs website dari awal, Anda bisa menggunakan bagian yang dibuat sebelumnya untuk mempercepat proses pendesainan. 

Cleary, versi gratis Blok Kadence bisa digunakan. Sangat mudah untuk menggunakannya dan pastinya efisien untuk dipakai.

Fitur Yang Diberikan Di Versi Pro

Bagi yang ingin menggunakan semua fitur yang ditawarkan di sini, Anda harus meningkatkan versi Kadence ke versi pro. Ada beragam tambahan fitur selain fitur di atas yang sudah disebutkan. Berikut beberapa fiturnya;

1. Item header tambahan

Pembuat tajuk Kadence Pro menyediakan banyak item premium yang bisa digunakan dengan mudah. Anda tinggal menyeret dan memasukkan ke kisi tajuk untuk meningkatkan fungsionalitas tajuk. Berikut beberapa item tambahan yang diberikan:

  • Elemen akun anggota, item ini digunakan untuk menambah tombol akun di bagian header situs website. Ini juga dilengkapi dengan pengaturan berbeda yang membantu untuk meningkatkan fungsionalitas tombol akun. Hal ini juga mengarahkan pengunjung ke halaman login ataupun menampilkan menu drop down yang nanti memberi pengunjung lebih banyak informasi seputar akun mereka. Item ini cocok diterapkan di website keanggotaan.
  • Informasi kontak, bagi yang ingin menambahkan beberapa informasi kontak ke header. Pilihan ini sangat bisa diandalkan jika diterapkan di website situs. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menampilkan nomor telepon, alamat fisik dan email di header.
  • Cari bar, Anda pernah berkunjung ke situs website Amazon? Di sana ada bar pencarian. Versi Kadence Pro di sini menampilkan bilah pencarian yang hampir mirip dengan bar di Amazon tersebut. Hal ini juga menawarkan banyak opsi gaya, membuatnya makin mudah untuk diatur. Misalnya untuk mengubah lebar bilah dan warna.
  • Toggle widget area, pilihan ini memungkinkan pengguna menambah overlay yang menampilkan menu ataupun informasi tertentu. Opsi tersebut mempunyai beberapa ikon menu sakuler yang membantu pengguna memberi pilihan berbeda saat menampilkan menu.

2. Menu utama

Kadence Pro juga mempunyai beragam pengaturan yang memungkinkan pengguna menyesuaikan menu yang beda di situs website. Untuk mengakses pilihan ini, buka menu admin WordPress. Setelah itu pilih opsi menu. Klik salah satu item menu dan pilih pengaturan item menu yang diinginkan.

Kadence Pro nantinya akan menampilkan interface yang membantu Anda menambahkan ikon ke menu Anda. Anda juga bisa memasukkan label yang disorot di bagian ikon menu. 

Meskipun tema yang berbeda mempunyai fitur yang memungkinkan menambah menu mega, hanya beberapa diantaranya yang mempunyai ikon menu. Jadi inilah yang membuat fitur Kadence Pro sangat menarik untuk digunakan.

3. Integrasi

Tema juga sudah terintegrasi baik dengan WooCommerce dan menawarkan beberapa pilihan untuk melakukan kustomisasi dengan plugin WooCommerce. Hal ini menampilkan filter yang membantu pengunjung untuk menemukan produk berbeda di toko online Anda. Anda juga bisa mengaktifkan filter ataupun menonaktifkannya. Ini bisa disesuaikan dengan preferensi pengguna.

Kadence juga mempunyai gerobak pop out yang menawarkan penguna beberapa pilihan belanja berbeda. Dengan menggunakan fitur ini, pengunjung akan diarahkan ke halaman checkout ataupun halaman lain yang menampilkan produk di keranjang mereka masing-masing.

4. Beragam elemen menarik

Tema kadence pro juga menawarkan beragam elemen yang memungkinkan bisa ditambahkan ke halaman situs di area yang tidak bisa diakses sebelumnya. 

Untuk mengakses opsi ini, buka dulu menu admin WordPress dan pilih Penampilan. Setelah itu pilih Kadence. Klik add new di bagian elemen untuk memasukkan beberapa konten ke elemen.

Tema ini mengemas pengaturan berbeda yang memungkinkan pengguna untuk menentukan penempatan elemen yang terkait. Misal Anda bisa menyisipkan elemen terkait di bawah footer dan sebelum komtentar. Anda juga bisa mengganti semua footer menggunakan fitur ini dengan mudah.

Harga Kadence Pro

Bagi yang ingin menggunakan versi pro dari tema Kadence, ada dua pilihan harga yang ditawarkan di sini. Anda bisa memilih opsi akses tahunan atau seumur hidup. Menariknya, kedua pilihan ini juga menawarkan akses ke semua plugin premium dan pembuat halaman premium yang sudah dikembangkan pihak Kadence.

Bagi yang ingin menggunakan opsi akses tahunan, Anda harus membayar $139. Atau juga bisa membayar $489 bagi yang ingin menikmati akses seumur hidup. 

Tentunya semuanya dapat disesuaikan dengan masing-masing bdget dan kebutuhan penbgguna. Jadi setiap pengguna pasti punya pilihan yang berbeda-beda.

Bagi yang ingin menggunakan Kadence, Anda bisa menginstal dan berlangganan sekarang juga. Meskipun dikenal sebagai tema yang masih baru di WordPress, kualitas tema yang satu ini tidak mengecewakan. 

Bahkan banyak pengguna WordPress yang menyebut jika tema ini bagus dan bisa menjadi alternatif tambahan jika bosan dengan tema tenar lainnya. 

Jadi bagaimana, masih ragu untuk menggunakan tema ini?