HTTP VS HTTPS & SEO Friendly

HTTP VS HTTPS | Mana yang SEO Friendly?

keunggulan wordpress

Protocol manakah yang cocok untuk membangun website SEO Friendly

Para penekun website pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya SEO atau search engine optimization.

SEO merupakan salah satu tindakan yang dapat diambil untuk mengoptimasi website anda yang nantinya akan memungkinkan Search engine atau mesin pencarian mendeteksi website anda layak atau tidak ditampilkan pada posisi teratas dalam pencarian.

Ada beberapa unsur yang harus dipenuhi untuk mewujudkan website yang SEO Friendly. Selain pembuatan desain web yang menarik, perihal keyword, pemilihan jasa hosting, ada pula satu unsur yang tidak kalah penting untuk mewujudkan website SEO yaitu pemilihan jenis protocol yang biasanya muncul di bagian atas nama domain.

Mungkin anda sering menemukan atau bahkan menggunakan kedua protocol ini untuk website anda yaitu http dan https.

Untuk mengetahui sebenarnya protocol mana sih yang cocok untuk membangun website SEO Friendly, saya akan menjelaskannya secara bertahap.

Cukup baca dan ikuti penjelasan ini anda akan mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut.

HTTP dan HTTPS itu apa?

HTTP merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol yang merupakan sebuah protocol untuk komunikasi antar sistem yang berbeda dan sistem informasi yang terdistribusi, kolaboratif menggunakan hypermedia.

Protocol ini digunakan untuk pembuatan halaman website dan menampilkan informasi dalam sebuah browser internet.

Biasanya protocol ini dapat anda temukan ketika mengakses website yang letaknya di awal nama domain bagian atas di awal url.

HTTP juga merupakan protocol untuk transfer data atau file bisa berupa gambar, teks, suara, video, dan file multimedia lain di WWW (World Wide Web). Ketika anda membuka sebuah browser secara tidak langsung anda telah menggunakan http.

Sedangkan, HTTPS atau singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure merupakan salah satu protocol komunikasi dalam jaringan internet yang memberikan jaminan keamanan serta proteksi terhadap data pribadi. 

Apabila menggunakan protocol ini situs anda telah dijamin keamanannya sehingga kemungkinan untuk disadap atau direntas sangat kecil.

Dengan kata lain HTTPS adalah versi aman dari HTTP yang dilengkapi dengan SLL/TLS sebagai protocol komunikasi data di world wide web yang memungkinkan komunikasi data antar web klien dan web server.

Perbedaan, HTTP dan HTTPS

Melihat dari segi keamanan atau proteksi website, sudah sangat jelas bahwa protocol HTTPS adalah protocol dengan proteksi terbaik dibandingkan dengan HTTP.

Menggunakan protocol HTTPS Anda sudah tidak perlu khawatir ketika melakukan transmisi data karena protocol ini dilengkapi dengan fitur validasi website.

Proses validasi tersebut dinamakan dengan proses SLL Handsake. Website valid menandakan bahwa website itu aman dan terlindungi. Biasanya ditandai dengan tampilan https:// lengkap dengan gembok hijau dan nama perusahaan.

Letak perbedaan yang lain ada pada prot default dimana 80 untuk http dan 443 untuk https. Port (Jaringan Internet) 80 untuk WWW atau HTTP port server web dan merupakan port yang paling umum digunakan di Internet. Port 443 merupakan HTTPS, HTTP yang aman (WWW) protokol di gunakan cukup lebar.

HTTP VS HTTPS mana yang cocok untuk SEO Website?

Kedua protocol baik http maupun https sebenarnya sama-sama baik dan memiliki cara kerja yang kurang lebih sama. Tetapi apabila kita memahami lebih jauh lagi maka  HTTPS adalah protocol yang sangat direkomendasikan untuk membangun website yang SEO Friendly. Mengapa demikian?

Pertama, protocol https memberikan jaminan keamanan untuk pemilik website maupun pengakses website. Diibaratkan sebagai sebuah klien dan pemilik bisnis maka pasti pemilik bisnis tersebut akan berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk kliennya yaitu dengan memberikan jaminan keamanan dan perlindungan privasi.

Dengan ini maka pengunjung akan lebih nyaman berinteraksi dalam web anda. Menjaga website anda dari tangan-tangan jahat dan melindungi data yang ada dalam website anda agar tidak bocor.

Kedua, protocol https memang sudah dari tahun 2014 direkomendasikan oleh google sebagai salah satu protocol penentu ranking sebuah website. Mulai dari januari tahun 2017 google sudah menandai situs yang menggunakan protocol HTTP  kemudian menampilkan pesan “not secure” di browser.

Apabila kita mendapat pesan tersebut ketika berkunjung ke salah satu website, maka secara otomatis kita akan meninggalkan website tersebut untuk kemudian beralih ke web lain. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap traffic pengunjung.

Banyak sekali pemilik website yang kini merubah protocol website mereka dari http ke https karena memang lebih nyaman dan aman dalam penggunaannya nanti. Penggunaan https akan memberikan efek jangka panjang mengenai user experience untuk membangun kepercayaan pelanggan kedepannya.

Jika anda ingin memiliki website yang ramai pengunjung dan sering dicari oleh pengguna internet maka hal penting yang perlu anda perhatikan adalah bagaimana kita bisa memberikan pelayanan terbaik kepada visitor agar mereka mau berlama-lama berkunjung di website kita.

Pelayanan yang bisa diberikan untuk mewujudkan SEO website antara lain desain yang menarik, konten berkualitas, pemilihan server website yang terpercaya, hosting, ciptaan website yang bebas hambatan serta anti down, dan yang tidak kalah penting adalah penggunaan protocol yang serng muncul dalam mesin pencarian (HTTPS).

HTTPS adalah salah satu cara untuk menaikkan traffic website, meningkatkan traffic pengunjung website dengan SSL-Google sangatlah berambisi untuk membuat website lebih aman dari serangan hacker. 

Bagaimana apakah anda sudah menentukan protocol mana yang akan di gunakan untuk website anda? Sudah paham belum mengenai hubungan website SEO dengan pemilihan protocol? Jika sudah, segera aplikasikan ke website anda ya..