hosting review indosite

Hosting Review Indosite Lengkap Dan Terbaru 2020

Mengelola sebuah website memang tidak semudah yang dibayangkan. Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, web hosting sudah memberi pelayanan untuk pemilik website agar bisa optimal saat menjalankan website. 

Contoh penyedia web hosting ternama yang cukup populer adalah Indosite.

Bagi beberapa pemilik website mungkin saja nama web hosting ini sudah tidak asing karena sudah lama melintang di dunia industri web hosting. Ya, pengalaman web hosting ini sudah lebih dari 12 tahun. 

Melihat umumnya yang cukup tua, tentu saja layanan yang diberikan juga tidak main-main. Bagi yang penasaran, berikut informasi hosting review Indosite secara lengkap di tahun 2020 ini.

Profil Perusahaan Indosite

Awal mulanya, Indosite hanya sebuah layanan web desain yang dikelola secara individu atau personal. Namun seiring berjalannya waktu, jumlah klien terus bertambah dan akhirnya pendirinya mengelola website hosting sendiri. Ini dilakukan di tahun 2005 silam. Di awal pendiriannya, nama perusahaan ini adalah Dplanet yang kini berganti menjadi Indosite.

Indosite kini mengklaim jika dirinya sudah memiliki 40 ribu pelanggan aktif di seluruh nusantara dan dunia. Menurut beberapa sumber, Indosite juga termasuk 10 perusahaan hosting yang punya market share paling besar di Indonesia. 

wajar jika pelanggannya terus meningkat. Indosite sendiri memiliki 20 server aktif yang berlokasi di IDC Duren Tiga Jakarta dan USA dengan SLA Uptime 99,90%.

Kelebihan Yang Dimiliki Indosite

Menjadi salah satu pemain lawas, berbagai kelebihan juga tersedia di Indosite ini. Sebelum membeli paket hostingnya, tentu saja kenali kelebihannya terlebih dahulu. Adapun kelebihan yang ditawarkan sebagai berikut:

1. Garansi panjang, 30 hari

Garansi mungkin saja menjadi faktor penting saat Anda memilih web hosting di Indonesia atau luar negeri. Indosite sendiri menyediakan garansi hingga 30 hari. Dengan begitu, Anda bisa melihat performa hosting cukup panjang.

Jika performanya sesuai dengan keinginan, tentu saja Anda bisa melanjutkan berlangganan. Sebaliknya, jika paket yang dipilih di Indosite ternyata tidak sesuai dengan yang diinginkan bisa langsung minta refund atau uang kembali.

2. Ada fasilitas backup bulanan dan harian

Kelebihan utama yang dimiliki Indosite di sini adalah adanya fasilitas backup yang bisa dilakukan secara harian dan bulanan. Sistem juga bisa melakukan pecadangan data secara otomatis sehingga cukup menyenangkan para pelanggannya.

Dengan sistem otomatis tersebut, tentu saja Anda tidak harus backup secara manual. Namun tetaps aja disarankan untuk membacup secara manual agar fasilitas backup yang dimaksud bisa lebih terpercaya.

3. Support yang dimiliki cukup bagus

Indosite memiliki layanan support yang bisa dibilang cukup baik dibanding penyedia web hosting lainnya. Pengguna bisa menanyakan hal yang berbau teknis melalui live chat yang telah disediakan dan akan dibalas oleh CS dalam kurun waktu singkat.

Support yang disediakan juga berlaku 24 jam non stop sehingga saat ada masalah, Anda tidak akan bingung untuk mencari jalan keluarnya. Sayangnya, untuk masalah yang berbau teknis masih menggunakan link panduan.

4. Migrasi hosting tanpa membayar

Mungkin Anda kurang yakin atau malah kecewa dengan performa hosting dari penyedia lainnya dan mau berencana untuk pindah ke hosting lain. Jika demikian, Indosite menyediakan proses migrasi yang mudah, tidak ribet dan bisa dipastikan cepat.

Indosite menyediakan migrasi hosting yang bis dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya sepersenpun. Anda bisa mengaktifkan website kembali dalam kurun waktu kurang dari 24 jam. Jadi bisa dibilang tidak akan merusak performa website Anda.

Kekurangan Yang Ada Di Indosite

Tidak bisa disangkal lagi jika Indosite juga masih memiliki beberapa kekurangan meskipun sudah hadir di dunia hosting cukup lama. Apa saja kekurangannya? Anda bisa langsung simak daftarnya berikut:

1. Uptime yang masih dipertanyakan

Indosite menyediakan garansi uptime sebesar 99,90%. Kadang garansi tersebut tidak sesuai dengan apa yang dilapangan. Terkadang uptime yang dimiliki Indosite tidak stabil sehingga membuat server sering down beberapa waktu.

Hal tersebut tentu memperburuk kualitas website Anda pastinya. Sebenarnya rata-rata uptimenya masih bisa diperbagus lagi. Berikut data penelitian yang dilakukan:

Dari data tersebut, di beberapa bulan awal di tahun 2020 memang uptimenya cukup buruk. Namun kabar baiknya, di beberapa bulan terakhir monitoring cukup bagus. Semoga ini kabar baik jika uptime yang dimiliki indosite terus membaik.

2. Storage yang masih terbatas

Selain menyediakan paket hosting termurah, Indosite juga menyediakan paket cloud hosting untuk pelanggan dengan storage yang cukup besar. namun berbeda dengan paket hosting di Cloud Student yang hanya memiliki 500 MB saja. Namun Anda bisa mengakalinya dengan menghostkan 1 website saja.

3. Garansi hanya bisa dipakai untuk pembelian 1 tahun atau lebih

Seperti yang sudah disebutkan, Indosite memang menyediakan garansi selama 30 hari. sayangnya, garansi tersebut hanya berlaku jika Anda membeli paket minimal 1 tahun. Artinya, jika tidak membeli paket hosting satu tahun, maka paket tidak bisa diklaim. Tentu agak mengecewakan, khususnya bagi Anda yang hanya coba-coba saja.

4. Page Load Time Cukup Buruk

Untuk menentukan kualitas web hosting, load time juga menjadi bagian penting. Sayangnya, Indosite memiliki data monitoring yang cukup mengecewakan. Artinya, loading website Anda cukup lamban. Adapun datanya sebagai berikut:

5. Tes Load Impact Gagal

Pengujian Load Impact menentukan bagaimana response server masing-masing perusahaan untuk menghandle trafik yang ramai. Untuk mengetahui bagaimana load impact yang dimiliki Indosite, kami melakukan uji coba. Adapun hasilnya sebagai berikut

Dari data yang telah disebutkan di atas, bisa disimpulkan jika load impact dari Indosite mengalami overload. Hal ini tentu cukup buruk untuk performa website Anda.

Paket Hosting Yang Disediakan Indosite

Seperti developer web hosting di dalam negeri dan luar negeri, Indosite juga menyediakan beberapa paket hosting dengan fasilitas beragam. Tentu saja Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan website. Adapun paket hosting yang ditawarkan sebagai berikut;

1. Paket new student

Harga paket hosting ini adalah Rp 17 ribu per bulan. Di paket hosting ini Anda bisa menemukan berbagai fitur menarik, contohnya seperti fitur penyimpanan sebesar 1 GB dengan 4 akun email, gratis SSL, 1 akun FTP, 1 MySql dan unlimited data transfer.

Paket ini dikhususkan bagi Anda yang memang masih pemula ketika mengurus website. Server yang disediakan hanya ada dua, yakni indonesia dan USA.

2. Paket Pro

Paket hosting selanjutnya yang bisa dicoba adalah Paket Pro. Biaya berlangganan paket ini adalah Rp 30 ribu per bulan. Fitur yang disediakan tentu saja lebih unggul dibanding paket sebelumnya.

Contoh paket yang tersedia antara lain penyimpanan sebesar 3 GB, unlimited akun FTP, gratis domain, gratis SSl, unlimited email account. Selain itu ada juga unlimited park domain, subdomain, data transfer dan juga unlimited addon domain.

3. Paket Advance

Ada juga paket Advance yang bisa dipilih di hosting Indosite. DI paket ini, Anda bisa berlangganan sebesar Rp 38 ribu per bulan. Adapun fitur yang bisa diterima antara lain penyimpanan 6 GB, unlimited email akun, unlimited akun FTP, gratis SSL, unlimited park domain.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati addon domain, sub domain, unlimited data transfer dan masih banyak lainnya. Menariknya, ada juga server dari Indonesia dan USA yang menambah kecepatan server dari web hosting ini.

4. Paket Expert

Selanjutnya ada paket hosting Expert yang bisa dipakai. Biaya berlanggannya cukup tinggi tapi sepadan dengan fitur yang Anda dapat. Adapun contoh fiturnya seperti penyimpanan sebesar 12 GB, gratis domain, unlimited data transfer, addon domain dan juga sub domain.

Selain itu, di sini juga ada unlimited MySQl, unlimited FTP, gratis SSL dan masih banyak lainnya. Di sini Anda bisa menikmati server dari indonesia dan juga USA sehingga kecepatan server lebih cepat.

Layanan Lain Yang Disediakan Indosite

Selain paket hosting yang diberikan di atas, masih banyak layanan lain yang bisa dinikmati. Layanan yang dimaksud membuat kebutuhan website menjadi lebih baik. adapun layanan yang diberikan sebagai berikut;

1. VPS

Indosite menyediakan paket layanan VPS yang ada 7 macam jenis. Setiap jenis tentu saja memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Untuk spek terendah ada VM1 dengan 1 core CPU, SSD 25 GB dan juga bandwidth sebesar 1 TB. Untuk spek tertinggi ada VM7 dengan 16 core CPU, SSD 400 GB dan juga bandwidth sebesar 10 TB.

2. Dedicated Server

Selanjutnya ada layanan Dedicated Server yang memungkinkan pengguna bisa akses resource secara penuh. Sama dengan sebelumnya, ada 7 jenis paket dedicated server yang disediakan di sini. Soal harga mulai dari Rp 2, 6 juta hingga Rp 8,6 juta per bulan. Setiap jenis juga menyediakan fasilitas berbeda sehingga bisa disesuaikan dengan perusahaan.

3. Colocation Server

Bagi yang punya server sendiri dan bingung mau menempatkannya di mana, maka Colocation Server ini bisa menjadi pilihan. Dengan layanan ini Anda bisa menempatkan server di data center dari Indosite. Paket yang disediakan beragam sehingga jenis paket yang dipilih. Harga paket mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta per bulan.

4. Suite Hosting

Ketika jaringan website semakin luas, tentu saja Anda membutuhkan traffic website yang semakin tinggi juga. Website yang punya traffic tinggi tentu saja harus memiliki resource yang memadai juga. Dengan layanan ini, pengguna bisa menguasai manajemen web server serta sistem operasi linux sesuai keinginan.

Itu review lengkap dari hosting Indonesia Indosite. Bagi yang membutuhkan referensi dari web hosting ini, beberapa rangkuman kelebihan dan kekurangan yang telah disebutkan bisa menjadi tambahan referensi.