Crocoblock Vs Elementor Pro Review

Di jaman sekarang membuat website bisa dilakukan dengan mudah. Meskipun memang masih berlaku membayar pengembang agar mendapat sentuhan yang lebih praktis. 

Tapi secara garis besar pembuatan situs website sangat mudah dan Anda dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan jasa atau pihak ketiga.

Agar situs website yang Anda buat bagus, Anda membutuhkan pembuat halaman dan juga satu set plugin agar bisa meningkatkan fungsionalitas sebuah website. 

Ada banyak opsi yang dapat dipilih. Salah satu yang paling populer adalah Crocoblock dan juga Elementor Pro yang  menjadi contoh pembuat halaman paling handal yang bisa digunakan untuk membuat website.

Crocoblock merupakan dasar pembuat halaman Elementor. Crocoblock menjadi addon yang menampilkan beberapa pilihan addon Elementor serta nada template Elementor yang sangat apik. 

Sedangkan Elementor Pro di sini adalah versi premium pembuatan halaman Elementor yang fungsi dan fiturnya lebih lengkap. Mari kita bandingkan agar Anda tahu mana yang lebih berkualitas.

Ringkasan Crocoblock dan Elementor Pro

Secara umum, Crocoblock dan Elementor Pro merupakan dasar pembuatan halaman Elementor. Elementor Pro menjadi versi premium Elementor. Sedangkan Crocoblock menjadi addon Elementor. Crocoblock menyediakan fungsi yang dijanjikan meskipun termasuk addon.

Namun sebagai pemain baru di dunia addon, tidak heran jika Crocoblock kurang banyak dari sisi fungsionalitas di platform yang Anda ingin gunakan. Dalam rangkuman ini, Elementor Pro bisa menjadi pemenang jika Anda membandingkannya dengan Crocoblock.

Hal tersebut karena mereka mempunyai banyak integrasi aplikasi yang menjadi pendukungnya. Belum lagi tersedia beragam plugin dan widget yang lengkap sehingga sisi fungsionalitasnya makin terasa. 

Belum lagi Elementor juga menawarkan nilai yang yang lebih bagus, Untuk yang masih penasaran seperti apa pembahasannya, Anda bisa simak ulasan berikut.

Diantara Crocoblock Vs Elementor Pro, Fitur Mana Yang Paling Bagus

Baik Crocoblock dan Elementor Pro memiliki fitur yang berbeda-beda. Untuk mencari tahu mana yang paling bagus, berikut rangkuman fitur yang dihadirkan keduanya;

Fitur Crocoblock

1. Tema gratis dan kava pro

Alasan utama kenapa Anda harus menggunakan Crocoblock adalah mereka sudah dibundel dengan tema Kava Free dan Kava Pro yang sangat apik. Meskipun mirip, Kava Pro memiliki tampilan yang menyediakan lebih banyak skin. Bahkan skin yang dimaksud tidak dapat dilihat di Kava Free pada umumnya.

2. Mendapat dukungan plugin

Seperti yang diharapkan dari pembuat halaman pada umumnya, Crocoblock memungkinkan pengguna bisa menambah plugin sesuai keinginan. 

Crocoblock mempunyai plugin Jet Premium yang membuat semua pengamanan pembangun situs website menjadi mudah dan tidak berbelit ketika diterapkan.

Plugin jet memiliki beberapa bagian addon terlaris yang memang ditujukan untuk memperluas fungsionalitas Elementor. Contoh plugin jet yang diberikan di sini adalah Elemen Jet, Mesin Jet, Blog Jet hingga Pencarian Jet. Total, Crocoblock memiliki 17 plugin Jet yang berbeda,

3. Template

Hal lain yang harus diperhatikan saat mencari pembuat halaman adalah bagaimana ketersediaan tempalate didalamnya. Meskipun begitu, pembuat halaman di luar sana juga menyediakan template berbeda. Artinya, Crocoblock memang bukan termasuk pembuat halaman khusus atau istimewa.

Crocoblock menyediakan tiga jenis template yang dapat digunakan penggunanya. Termasuk situs website yang siap pakai, model situs website hingga bundel munculan. 

Setiap template tersebut mengemas beragam template yang bisa digunakan dengan satu klik agar membuat situs website sempurna seperti yang dibutuhkan.

4. Situs Web Premade

Selain di bawah situs website yang telah dibuat sebelumnya, Crocoblock juga menyediakan beragam pilihan template yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kerangka tersebut berkisar dari beragam jenis industri atau bisnis para penggunanya. Agar bisa menempatkannya ke perspektif, Crocoblock juga mempunyai template khusus.

Dimana template khusus tersebut bisa digunakan untuk organisasi aman, agensi konsultasi, situs website berita olahraga, blog perjalanan dan masih banyak lainnya. 

Crocoblock mempunyai portofolio sebanyak 45 template yang siap pakai. Dengan jumlah sebanyak itu, Anda bisa mendesain situs website sesuai keinginan.

5. Tersedia kumpulan pop up menarik

Pop up menjadi koleksi template yang siap pakai dari Crocoblock. Bagi yang bergerak di bidang marketing atau pemasaran, Anda pasti sudah tahu pentingnya pemakaian pop up yangt dimaksud. Pop up bisa menjadi alat terbaik ketika pengunjung baru saja keluar dari blog yang Anda miliki sebelumnya.

Dengan mengandalkan popup tersebut, Anda bisa mengumpulkan langganan email, penjualan iklan dan masih banyak kebutuhan lainnya. Crocoblock menyediakan enam pilihan popup yang siap untuk digunakan.

6. Widget

Bukan hanya template saja yang penting untuk situs website. Namun widget juga tidak kalah penting. Hampir semua situs website pasti membutuhkan widget untuk menjalankan fungsi situs supaya lebih fungsional dan optimal. Crocoblock menyediakan beberapa pilihan diantaranya widget WooCommerce, widget organisasi konten, widget formulir dan widget tindakan.

Tak hanya itu, tersedia juga widget blogging, widget menu dan pencarian serta widget lainnya. Setidaknya widget yang ada di Crocoblock lumayan lengkap karena ada 150 widget yang dapat digunakan. Jadi Anda tidak akan kecewa jika menggiunakan pembuat halaman ini.

Fitur Elementor Pro

Seperti yang telah disebutkan, Elementor Pro merupakan versi premium dari pembuat halaman Elementor yang sangat terkenal itu. Tidak heran jika mereka menyediakan lebih banyak fungsi dan fitur dibanding yang versi gratis. Secara umum, berikut fitur yang diberikan di Elementor Pro:

1. Tersedia pembuat tema

Pembuat tema yang dihadirkan Elementor Pro menjadi salah satu yang paling bagus saat ini. Pembuat tema yang dimaksud bukan hanya memudahkan proses pembuatan situs website saja tapi juga menghadirkan banyak penyesuaian yang tidak bisa dicapai oleh tema lain. Dengan menggunakan Elementor Pro, Anda bisa mengedit bagian manapun dari tema tanpa ada batasan.

Anda juga bisa mendesain header, footer serta halaman postingan tunggal lain secara visual. Diantaranya seperti lokasi situs, hingga halaman arsip situs. 

Halaman lain juga bisa disesuaikan menggunakan Elementor Pro. Termasuk halaman 404 serta halaman hasil pencarian.

2. Blok yang lebih profesional

Sama dengan Crocoblock, Elementor Pro juga menyediakan blok profesional yang bisa digunakan sesuai kebutuhan situs website. Blok dan template ytang diberikan sangat mudah diakses. Menariknya, semua blok yang dihadirkan juga sudah terintegrasi dengan widget yang telah dibuat sebelumnya.

Jadi Anda bisa mendapat fungsionalitas yang lebih mendalam ketika menggunakan atau membuat situs website. Anda bisa mendapat slide, formulir, animasi judul dan juga banyak fitur pilihan lain yang telah dibuat.

3. Drag and drop editor

Bukan hanya menyediakan sistem pembuatan tema untuk situs website saja, Elementor Pro juga menyertakan editor dengan konsep seret dan lepas yang sederhana. Sebagai catatan, editor drag and drop milik Elementor Pro menjadi salah satu editor yang paling intuitif di WordPress saat ini.

Untuk menggunakan fitur ini Anda cukup menyeret, melepas dan juga menyesuaikan dengan kebutuhan website saja. Hingga saat ini, tidak ada fitur yang lebih mudah selai fitur tersebut. Tidak heran jika pengguna makin nyaman dengan hadirnya fitur tersebut.

4. Pembuat popup

Popup builder juga ada di Elementor Pro. Tidak seperti saat menggunakan Crocoblock, dimana Anda mempunyai popup yang telah dibuat sebelumnya. Di Elementor Pro, penggunanya juga bisa mendesain dan juga menyesuaikan popup sesuai keinginannya sendiri-sendiri.

Jadi pengguna bisa lebih leluasa saat menggunakan Elementor Pro karena tinggal menyesuaikan jenis popup yang ia butuhkan.

5. Ada template buatan desainer

Tidak jauh berbeda dari Crocoblock, Elementor Pro dilengkapi beragam template yang sudah dibuat sebelumnya. Jadi, selain mempunyai pilihan membuat template memakai theme builder, pengguna juga mempunyai alternatif untuk memilih template yang telah dibuat sebeliumnya secara profesional.

Elementor Pro setidaknya menyediakan 300 template yang dibuat dengan bagus dan indah untuk pengguna. Template tersebt siap digunakan dan dirancang sesuai keinginan. Jadi situs website yang Anda miliki dapat disesuaikan dengan mudah melalui template tersebut.

6. Widget

Bukan hanya template yang telah dibuat sebelumnya, Anda juga mempunyai akses besar widget di Elementor Pro. Anda dapat memakai widget yang tersedia sesuai keinginan untuk membuat apapun yang dibutuhkan. Misalnya headline, button, form dan masih banak kebutuhan website lainnya.

Elementor Pro juga menyediakan 90 widget yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Contoh widget yang tersedia di sini adalah Widget Formulir Login, Widget Pencarian, Widget Menu Nav, Wiget Yoast Breadcrumbs dan masih banyak pilihan widget lainnya.

7. Pembuat WooCommerce

Dengan mengandalkan WooCommerce builder, pengguna Ecommerce bisa mendapat kontrol penuh atas tampilan dan nuansa toko ecommerce yang mereka inginkan. 

Jangan mau mengambil desain toko online milik orang lain Anda harus menggunakan desain toko onine milik sendiri untuk mendapat yang terbaik dan unik dari toko online yang Anda jalankan.

8. Widget global

Widget global merupakan fitur Elementor Pro yang memungkinkan penggunanya untuk penyimpan pengaturan widget kesayangan. Jadi Anda yang ingin menggunakannya kembali di halaman manapun tidak akan kesulitan untuk mencari. Pengguna cukup melakukan drag and drop sederhana saja.

9. Efek gerak / parallax

Dengan efek gerak, memungkinkan pengguna menyesuaikan situs website untuk menyertakan interaksi dan juga animasi yang disesuaikan oleh penggunanya.

10. Tautan tindakan

Dengan menggunakan tautan tindakan ini Anda bisa terhubung dengan audiens situs website lewa Waze, WhatsApp, Google Kalender dan aplikasi lain.

11. Font khusus

Elementor Pro menyediakan penggunanya untuk menambah font khusus. Terlepas font khusus Anda, Anda juga dapat menyesuaikan situs lewat integrasi TypeKit yang dikemas dengan kumpuilan font kustom yang unik dan berbeda dengan situs lainnya.

12. Fitur media sosial

Bukan hanya fitur-fitur yang disebutkan di atas saja, pembuat halaman Elementor Pro juga menyediakan rangkaian fitur media sosial yang membuat audiens terhubung dengan mudah ke Anda. 

Fitur media sosial yang ada di sini melibatkan tombol bagikan, widget ikon sosial, komentar facebook, toimbol facebook dan sebagainya.

13. Manajer peran

Manajer peran memungkinkan pengguna bisa mengontrol semua build tema yang ada. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa membatasi akses ke editor ataupun membatasi pengguna dari perubahan di konten saja. Dengan demikian, tema yang dihadirkan lebih utuh dan bisa tetap menarik untuk diakses.

Kelebihan Dan Kekurangan Crocoblock Dan Elementor Pro

Kelebihan Crocoblock

  1. Memiliki paket template yang luar biasa lengkap sehingga dapat disesuaikan penggunanya
  2. Paket plugin yang bagus dan lengkap untuk digunakan pemula
  3. Dukungan yang sangat bagus untuk para pengguna
  4. Selalu update dan muncul plugin terbaru sesuai dengan permintaan pengguna
  5. Dari segi harga lifetime jauh lebih murah untuk membuat unlimited website
  6. Sangat cocok digunakan oleh agensi atau jasa pembuat website seperti yang kami lakukan

Kekurangan Crocoblock

  1. Memiliki sistem fungsionalitas yang masih kurang dibanding Elementor Pro (tapi ini tidak menjadi hal yang sangat berarti karena crocoblock selalu mengembangkan fitur dari plugin yang mereka miliki)

Kelebihan Elementor Pro

  1. Fitur yang dihadirkan didalamnya sangat lengkap dan kaya
  2. Tersedia pembuat halaman front end langsung yang apik dan menarik
  3. Memiliki kemampuan untuk membuat header dan juga footer kustom serta beragam jenis postingan

Kekurangan Elementor Pro

  1. Ada kekurangan pada Header Builder
  2. Tidak ada harga lifetime dan jumlah website yang bisa dibuat juga dibatasi
  3. Harga cenderung lebih mahal dibandingkan dengan crocoblock

Penetapan Harga

Baik Crocoblock ataupun Elementor Pro menyediakan tiga pilihan paket berbayar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Tersedia paket dasar khusus situs website yang mencangkup beberapa hal seperti:

  1. Widget pro sebanyak 50 lebih
  2. Template pro sebanyak 300 lebih
  3. Pembuat tema yang menarik
  4. Pembuat plugin WooCommerce
  5. Pembuat popup
  6. Ada dukungan selama satu tahun
  7. Pembaruan selama satu tahun
  8. Paket dasar yang dikenal sebagai paket pribadi yang harga langganannya $49 per tahun

Ada juga paket Plus dan paket Pakar yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan di Elementor Pro. Untuk penggunaan Crocoblock, Anda bisa memilih empat paket berbayar yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya masing-masing.

Menurutmu mana yang lebih bagus, Crorocblock atau Elementor Pro? Setiap pembuat halaman website memang punya fitur dan kekurangan dan lelebihan yang berbeda-beda. 

Tidak heran jika Anda harus lebih memperhatikannya lebih dalam siupaya mendapat fitur yang sesuai untuk website.

Baca juga review detail dari crocoblock maupun Elementor secara terpisah, kesimpulannya pilihlah salah satu apakah kalian akan menggunakan crocoblock ataukah elementor pro dalam website kalian. 

Jika crocoblock terasa mahal maka kalian cukup memesan jasa pembuatan website di tempat kami, karena kami memiliki lisensi lifetime, dan kalian bisa menggunkan seluruh fitur yang dimiliki oleh crocoblock.

Sayangnya kami tidak menggunakan lisensi elementor pro, karena dari segi harga sangat tidak menguntungkan jika kami gunakan dalam agensi kami sebagai pembuat jasa website, sehingga kami tidak bisa memberikan jasa pembuatan website termurah jika kami menggunkan lisensi dari elementor pro.