Seperti Ini Cara Menulis Konten SEO Untuk Pemula Hingga Mahir

Siapapun memang bisa menulis artikel dengan baik. Namun artikel yang dioptimalkan untuk SEO merupakan ballgame yang berbeda. Setiap orang pastinya ingin mendapat posisi 1 di halaman mesin pencarian Google. Terutama untuk kata kunci yang memiliki lalu lintas tinggi.

Jika ini yang Anda inginkan, Anda harus menguasai penulisan konten yang sudah dioptimalkan dengan SEO. Dimana Anda harus mengoptimalkan setiap postingan atau halaman dengan memakai kata kunci tertentu.

Dengan menggunakan kata kunci tersebut, mesin pencarian akan melihat upaya Anda dan memberi peringkat halaman yang lebih baik dibanding halaman lainnya. 

Jika tidak ada pengunjung yang masuk ke website, meskipun artikel yang ditulis berkualitas, tentunya akan sia-sia saja.

Memastikan konten yang ramah SEO menjadi hal yang paling penting jika ingin pertumbuhan yang bagus untuk situs website atau bisnis yang Anda miliki. Seperti apa cara menulis konten SEO yang bagus? Anda yang mencari informasinya bisa cek di artikel ini.

Pengertian SEO

Mengapa orang harus tahu tentang SEO? Secara umum, SEO merupakan langkah praktis untuk meningkatkan jumlah dan kualitas pengunjung situs dengan meningkatkan peringkat di hasil mesin pencarian algoritmik.

Penelitian menyebutkan jika situs website yang berada di halaman pertama Google akan menerima hampir 95% klik para pengunjungnya. Tentu sangat berpotensi menambah trafik pada website. 

Penambahan rasio klik tayang sama dengan banyaknya lalu lintas yang diperoleh. Apa sih untungnya untuk Anda?

Secara umum, semakin banyak pengunjung di website membuat klien potensial yang menghasilkan peningkatan konversi dan pendapatan juga makin banyak. 

Ini alasan utama kenapa Anda harus tahu dasar SEO agar website bisa masuk page one.

Cara Kerja SEO

Bing dan Google menilai hasil pencarian berdasarkan relevansi dan otoritas halaman website yang sudah mereka jelajahi dan masukkan ke indeks website yang ada pada mereka. SEO melibatkan dan memastikan jika situs website bisa diakses dengan teknis yang bagus.

SEO juga memeriksa bagaimana situs memakai kata yang dicari dan diketikkan orang ke mesin pencari. Konten yang ada di website harus berguna dan menyediakan konten yang benar-benar bagus yang nanti bisa menjawab pertanyaan pengguna.

Bagaimana Cara Melakukan SEO Yang Benar

Memantau SEO itu membutuhkan tenaga dan keahlian. Tidak heran karena SEO membutuhkan aktivitas teknis dan kreatif yang benar-benar mumpuni bagi para pelakunya. Umumnya, SEO onsite dan SEO offsite merupakan dua kategori yang bisa ditemui di pekerjaan SEO.

Meskipun aktivitas ini sering membutuhkan keterampilan untuk mengoptimalkan website yang Anda miliki, tapi nyatanya SEO memang bisa dipelajari, bahkan jika Anda adalah seorang yang masih pemula sekalipun.

Atau jika tidak ingin melakukannya sendiri, Anda bisa menyewa seorang SEO profesional atau konsultan SEO untuk kebutuhan SEO website. SEO yang ada di tempat artinya memperbarui situs website agar bisa meningkatkan visibilitas organik.

Kegiatan menganalisa dan memakai kata kunci yang sering dicari pengunjung, memastikan jika situs bisa diindeks dan memastikan konten menunjukkan kepercayaan serta otoritas merupakan cara supaya peringkat mesin pencarian bisa ditingkatkan.

1. Menulis artikel yang telah dioptimalkan SEO

Tujuan utama SEO adalah agar konten yang Anda cari bisa ditemukan dan dihubungkan dengan pengguna lewat mesin seperti Bing dan Google. Agar mendapat konten yang ramah SEO, Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti:

  • Mengetahui dan memahami kebutuhan audiens terlebih dahulu. Sebelum menuliskan konten, Anda harus mengetahui istilah yang ada kaitannya dengan topik yang ingin ditulis terlebih dahulu. Langkah ini dimulai dengan pertanyaan, apa yang dicari oleh audiens?
  • Pilih topik konten dengan hati-hati. Pengguna dan pengalaman yang mereka miliki harus diutamakan ketika menulis konten. Sementara pertimbangan SEO harus dimasuikkan secara alami ke konten tersebut. Pola pikir sederhana ini menjamin konten selaras dengan tujuan dari pengembangan konten.
  • Harus membuat konten yang berkualitas tinggi untuk para audiens. Konten yang berkualitas adalah konten yang diciptakan berdasarkan pengalaman pengguna untuk audiens dan menjawab apa yang audien butuhkan.

2. Mulai dengan melakukan riset

Tentunya untuk membuat konten, Anda harus memulai dengan meneliti tentang kata kunci yang ingin ditargetkan, jenis atikel dan panjang artikel. Melakukan analisa konten yang ada sangat bagus untuk menetapkan garis besar serta pertanyaan yang mungkin dibutuhkan orang untuk solusinya.

SEO tools seperti Ahrefs dan SEMRUSH bisa membantu untuk melakukan penelitian lebih dalam untuk mengoptimalkan kata kunci yang paling pas unutk ditulis pada konten. 

Supaya memastikan kata kunci yang dipilih bisa tepat, Anda bisa memakai salah satu tools tersebut.

3. Perhatikan jenis konten

Jika ingin melihat artikel seperti apa yang dibutuhkan oleh pengunjung, Anda bisa memasukkan kata kunci target di pencarian Google terlebih dahulu. Ini merupakan bagian penting dari penelitian sebelum menulis sebuah konten.

Ini juga membantu Anda untuk memahami artikel seperti apa yang perlu ditulis pada konten. Mungkin saja Anda bisa menemukan beberapa jenis konten di hasil pencarian. 

Contohnya seperti Google biasa menampilan list atau bentuk tulisan dalam format daftar.

Jika mencari alat SEO terbaik utnuk WordPress, Anda bisa menemukan hasil pencarian berupa list. Jadi sebelum menulis artikel, Anda harus menentukan dulu jenis konten seperti apa yang paling disukai oleh pengunjung.

4. Menentukan panjang artikel

Jika ingin tahu berapa panjang artikel yang menentukan perangkat kata kunci target yang Anda miliki, Anda bisa mengandalkan tools gratis seperti SEO Rambler. Misalnya, jika rata-rata jumlah kata di halaman pertama dalah 2445, Anda harus memastikan konten yang ditulis melebihi jumlah tersebut.

Anda bisa menuliskan konten yang panjangnya 3600 kata atau bahkan lebih. Sekarang Anda membutuhkan apa yang harus diisi pada konten tersebut. 

Jika membutuhkannya, Anda bisa mengecek dan menganalisa halaman di page one Google atau Bing sesuai kebutuhan masing-masing saja.

Cara Posting Konten Yang Ramah SEO Di WordPress

Bukan hanya kontennya saja yang harus diperhatikan, Anda juga harus memperhatikan bagaimana memposting konten yang ramah SEO ke WordPress. Tujuannya tidak lain supaya konten bisa optimal di page one.

Sebenarnya tidak sulit untuk memposting konten yang ramah SEO di WordPress. Karena secara umum WordPress sudah menyediakan plugin khusus yang bakal membantu penggunanya. 

Secara umum, berikut cara posting konten terbaik di WordPress agar SEO bisa optial:

1. Menentukan judul postingan dan judul meta

Judul posting merupakan bagaimana pembaca melihat judul posting yang ada di situs website Anda. Sedangkan judul meta merupakan bagaimana mesin pencari menampilkan postingan di hasil pencariannya.

Sangat penting untuk menambah kata kunci target di judul meta karena jika tidak mesin pencari akan memperlakukan judul posting seperti judul meta. Pastikan judul postingan tidak lebih dari 66 karakter agar SEO bisa dioptimalkan dengan baik.

2. Tambahkan deskripsi meta

Menambah deskripsi meta adalah hal penting saat memposting konten. Langkah ini juga sama penting saat Anda menambah judul meta di postingan karena berfungsi sebagai salinan penjualan postingan yang Anda miliki. Setidaknya Anda harus membuat deskripsi meta sekitar 156 karakter.

Pastikan menambah deskripsi meta yang bagus agar poengunjung mau mengklik postingan. Bagi yang belum menambahkan meta deskripsi di postingan, ada baiknya melakukannya mulai sekarang. 

Pastikan setiap postingan yang ditulis berpotensi mengarah ke lalu lintas maksimum ke situs website Anda.

3. Menambahkan atribut gambar

Tidak bisa dipungkiri jika manusia lebih tertarik jika melihat visual pada konten. Inilah alasan kenapa gambar adalah hal penting untuk dimasukkan ke konten yang ingin diposting di website. 

Gambar meningkatkan keterlibatan audiens dan menjadi elemen kontekstual yang bisa dioptimalkan untuk pencarian organik.

Biasanya mesin pencari membaca atribut alt dan memberi nama file pada gambar tersebut. Jika gambar diberikan nama dan dioptimalkan dengan baik, gambar tersebut bisa muncul di penelusuran gambar untuk kata kunci yang relevan. Sebagian besar platform mempunyai bidang teks alt gambar yang bisa dioptimalkan dengan baik.

Teks alt gambar harus berupa frase gambar yang deskriptif dan pendek. Nama file gambar harus disimpan sebelum memposting foto dan harus memastikan jika frase deskriptif singkat dipisahkan oleh tanda hubung.

Ada satu hal penting yang harus diperhatikan saat mengoptimalkan gambar, Anda harus menentukan uikuran dan sebisa mungkin melakukan penyimpanan gambar untuk website. 

Gambar bisa menjadi sumber daya yang besar dan membuat halaman bisa lambat saat diposting. Itulah alasan ke Anda harus memperhatikan resolusi dengan baik.

4. Menambahkan anchor text dan interlink

Ketika menulis postingan baru, Anda bisa menautkannya kembali ke postingan lama sehingga pembaca bisa membaca dan bertahan lebih dalam di website yang Anda miliki. Selain itu, mesin pencarian juga bisa merayapi kembali psostingan yang sudah lawas.

Interlinking bakal membantu untuk menavigasi situs website Anda dan mengurangi rasio pentalan yang menjadi faktor penting untuk menambah peringkat SEO website. Teknik anchor text bisa digunakan sebagai interlinking.

Ini hanya dengan menempatkannya ke postingan blog untuk membawa pembaca ke bagian lain dari situs. Anda mungkin membutuhkan plugin tambahan agar memaksimalkan pengoptimalan ini. Plugin yang paling cocok adalah SEO Smart Links dan Yoast.

Seperti yang sudah disebutkan di awal, siapapun bisa menulis konten, entah itu baik atau bagus. Hanya saja sedikit dari mereka bisa melakukan pengoptimalan konten saat diposting. 

Inilah yang harus diperhatikan lebih dalam. Jadi, sudah tahukan cara membuat konten ramah SEO di WordPress?