9+ Tips Memulai Bisnis Toko Kue Untuk Pemula

Bersantai di rumah rasanya tidak lengkap jika tidak ditemani dengan camilan. Salah satu camilan yang paling merakyat ialah kue. Baik kue kering maupun kue basah memang sama-sama memiliki penggemarnya. 

Melihat hal ini bagi Anda yang suka membuat kue rasanya sudah punya pandangan untuk membuat bisnis rumahan bukan? Misalnya saja memulai bisnis toko kue yang memang cukup menjanjikan.

Bisnis kue tentu saja cukup menjanjikan bagi ibu rumah tangga. Selain dapat menambah pemasukan rumah tangga tentunya pekerjaannya juga tidak menuntut Anda untuk keluar rumah. 

Sehingga rumah dan anak dapat terurus dengan baik pula. Untuk membuat bisnis berjalan lancar tentu strategi yang dijalankan juga perlu maksimal. Harus benar-benar serius untuk menekuninya.

Selain itu, bisnis kue juga dapat didajalankan tanpa harus mengeluarkan banyak modal. Sebagai usaha rumahan, Anda dapat menggunakan modal yang tidak begitu besar pada mula-mula. 

Jikalau ditekuni dengan baik bukan mustahil bisnis ini dapat melonjak dan berkembang baik.

Tips memulai bisnis toko kue yang tepat

Rencanakan bisnis dengan matang

Ketika Anda ingin memulai bisnis apapun, perencanaan menjadi hal utama yang tidak boleh terlewat. Bahkan ini merupakan tahap awal yang perlu Anda lalui. 

Adanya perencanaan secara baik tentu menjadikan Anda siap terhadap berbagai resiko yang akan terjadi kedepannya. Selain itu, pastikan jika Anda benar-benar paham akan dunia bisnis kue.

Dalam artian, Anda memang mampu menjalankan bisnis ini. Misalnya saja, Anda memang suka membuat kue. 

Tidak ada keterpaksaan hingga menjadikan rasa bosan itu kecil kemungkinannya. Tidak bosan dalam bisnis ini tentu dikarenakan Anda memiliki passion di dunia kue tersebut. 

Agar bisnis kue lancar memang Anda harus memiliki passion dan pengetahuan dalam hal pembuatan kue. 

Siapkan modal lebih dulu

Modal menjadi sesuatu yang tidak mungkin terlupa. Mengingat modal menjadi pondasi awal apakah bisnis tersebut dapat dijalankan atau tidak. 

Modal ini berhubungan dengan alat-alat yang akan digunakan untuk membuat kue dan bahan-bahan yang dibutuhkan. 

Semua ini harus Anda miliki untuk menjalankan bisnis tersebut. Perlu diingat, dalam pemilihan bahan, memilih yang termurah bukan menjadi solusi terbaik. 

Jikalau Anda niat berbisnis, maka belilah bahan-bahan yang kualitasnya bagus. Hal ini tentu demi kepuasan konsumen nantinya. 

Kue yang dihasilkan dari bahan-bahan yang berkualitas tentu akan jauh lebih lezat dibandingkan kue yang dibuat menggunakan bahan yang kualitasnya dipertanyakan.

Selain alat dan bahan tentu ada modal lain yang perlu Anda miliki. Ya, Anda membutuhkan batuan orang lain atau karyawan. 

Meski masih taraf bisnis rumahan akan tetapi tidak mungkin jika harus mengerjakannya sendirian bukan? 

Harus ada satu orang minimal untuk membantu pekerjaan Anda. Jikalau bisnis sudah mulai besar, tentu Anda perlu menambah karyawan lagi.

Pemilihan jenis kue yang akan dijual

Ketika melakukan tips bisnis kue selanjutnya ialah dengan memilih jenis kue yang akan dijual. Dalam hal ini Anda butuh melakukan riset mengenai jenis kue apa yang paling dicari dan disukai oleh masyarakat. 

Jikalau Anda paham akan selera pasar tentu saja bisnis terseakam terus lancar dan berkembang. 

Menentukan jenis kue yang cocok dan tepat untuk diproduksi menjadi hal yang sangat penting.

Nantinya Anda dapat membuat list atau daftar kue yang memang laris di pasaran. Tujuan dari riset tersebut tentu guna menekan ongkos dari produksi. Sehingga modal yang akan Anda keluarkan menjadi lebih ringan. 

Perlu diketahui pula jika bisnis kue basah cukup beresiko karena lebih cepat basi. Sehingga perlu pasar yang tepat untuk menjajakannya.

Pelajari bisnis kompetitor

Perlu diketahui jikalau dalam berbisnis kue ini penting untuk melihat kompetitor Anda. Cari tahu bagaimana mereka menjalankan bisnis serta konsep yang digunakan. Kapan dan di mana waktu yang tepat untuk menjual kue? 

Pelajari mengapa mereka mengalami kebangkrutan dan mengapa mereka tidak berkembang? Mempelajari semua itu tentu dapat membuat bisnis Anda lebih maju.

Tawarkan harga yang bersaing

Perlu diketahui jikalau dalam penetapan harga jual memang tidak boleh sembarangan.  Menetapakan harga yang begitu rendah tentu dapat mempengaruhi ongkos produksi Anda. Sehingga tidak akan mendapatkan keuntungan melaimkam kerugian saja. 

Jika menetapakan harga terlalu tinggi tentu dapat membuat calon pembeli kabur lebih dulu. Maka dari itu, penetapan harga ini perlu dipertimbangkan dengan baik.

Cobalah untuk menjual kue dengan hagra yang kompetitif atau bersaing di pasaran. Sehingga tidak akan membuat Anda dan pembeli merasa dirugikan. Tips mulai bisnis kue ini tentu patut untuk Anda ingat. 

Untuk menentukan harga, Anda dapat menghitungnya dengan mempertimbangkan bahan serta ongkos produksi yang digunakan. Mematok harga yang terlampau tinggi pada mula-mula bisnis memang tidak disarankan. 

Memahami pasar

Dalam hal ini Anda perlu mencari tahuebjh jauh mengenai jenjs kue yang memang diterima oleh pasar. 

Bagaimana dengan harga pasaran kue yang memang biasa berlaku di pasaran? Tempat apa saja yang kiranya cocok untuk memasok kue-kue Anda.

Pilih lokasi

Ketika ingin membuka bisnis kue tentu saja lokasi menjadi hal yang perlu diperhatikan pula. Dalam menentukan lokasi, tentu saja perlu memperhatikan jenis kue yang akan dijual, harga serta keuntungan yang didapat. 

Agar antara biaya sewa lokasi tidak jauh lebih besar dibandingkan pemasukan dari bisnis tersebut. Salah dalam hal pemilihan lokasi ini dapat berakibat fatal juga.

Cobalah cari lokasi terbaik yang memang ramai penduduk. Misalnya, jika ingin jual kue basah tentu membuka toko dekat pasar tradisional menjadi pilihan terbaik. 

Selain itu, membuka gerai di pinggir jalan juga cukup efektif untuk membuat bisnis tersebut berkembang. Usahakan untuk memilih ruko dengan harga sewa yang terjangkau.

Perlu diingat lagi jika harga sewa tempat tentu berbeda-beda. Misalnya saja menyewa tempat di mall tentu saja jauh lebih mahal dibanding menyewa ruko di pinggir jalan. 

Sebagai permulaan memang ada baiknya untuk menyewa ruko di pinggir jalan saja. Sehingga dana yang lain dapat dialokasikan untuk kebutuhan lain agar toko kue berkembang.

Jangan lupa untuk memilih lokasi yang mudah untuk dijangkau banyak orang dan mudah terlihat. Sehingga dapat lebih mudah untuk ditemukan oleh pelanggan. Selain itu, mempertimbangkan kebiasaan lingkungan sekitar juga menjadi hal penting. 

Misalkan Anda perlu tahu apakah orang-orang di lingkungan tersebut menyukai kue basah atau kue kering? Jika tidak tentu bisnis Anda dapat terkendala.

Harus selalu mengasah skill serta kreatif

Melakukan survei menjadi hal terbaik untuk menjadikan Anda terbiasa untuk melakukan kreasi terhadap bisnis Anda. 

Skill juga kadangkala perlu diasah untuk menghasilkan kue yang lebih lezat dari waktu ke waktu. Untuk mengasah skill, kreatif juga inovasi Anda tentu perlu melihat produk kompetitor. 

Melihat produk kompetitor dapat menjadikan Anda lebih mudah untuk menjadikan bisnis semakin baik.

Cobalah lihat profil yang dunu oleh kompetitor Anda. Pelajari apa yang kurang dati prduk tersebut. Jikalau sudah menemukan kekurangannya, Anda dapat mengevaluasi dan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan kompetitor. 

Dalam artian, Anda menyempurnakan kekurangan produk kompetitor tersebut ke dalam produk Anda.

Kuliner kue yang menarik jauh lebih disukai oleh masyarakat pastinya. Misalnya saja Anda dapat menyediakan berbagai macam bentuk kue maupun rasa dari kue tersebut. Inovasi pada produk Anda tentu menjadikan pelanggan tidak bosan untuk membeli kue tersebut. 

Maka dari itu, pastikan setiap kue yang Anda jual memang layak dan lahir atas kreativitas Anda ya.

Buat brand sendiri dan buat kemasan semenarik mungkin

Dalam bisnis kuliner, brand menjadi sesuatu yang cukup penting. Melalui brand ini identitas produk Anda semakin dikenal. Lebih dari itu, brand dengan kemasan yang memang menarik akan membuat produk Anda laku keras di pasaran. 

Selain itu, promosi dapat dilakukan dengan lebih mudah karena kemasan yang Anda pilih. Terlebih lagi untuk pasaran anak-anak, kemasan unik dengan warna yang beragam jauh lebih disukai.

Misalkan Anda ingin menjual kue kering, maka carilah kemasan yang unik. Jika umumnya kue kering menggunakan toples bulat maka cari sesuatu yang baru. Carilah kemasan toples dengan bentuk lain untuk menarik pelanggan. 

Sama halnya ketika Anda ingin berbisnis kue ulang tahun, bentuk-bentuk unik ala anak-anak tentu akan sangat menarik perhatian anak kecil.

Gencar melakukan promosi melalui internet

Sebuah bisnis dapat selalu bertahan hingga maju tentu dikarenakan promosi juga. Jika promosi berjalan dengan baik tentu dapat memancing banyak pengunjung. 

Meski merupakan bisnis rumahan tidak menutup kemungkinan menghasilkan banyak profit jika dikelola dengan baik. 

Salah satu bentuk pengelolaan yang baik ialah dengan melakukan strategi pemasaran optimal.

Ada berbagai media yang dapat kita gunakan untuk promosi bisnis toko kue Anda. Beberapa media promosi ini juga banyak digunakan oleh sebagain besar pelaku bisnis yang paham akan pasar. 

Seperti yang telah kita ketahui jikalau pengaruh media sosial cukup besar di era ini. Berikut beberapa media yang bisa Anda gunakan:

• Website

Buatlah toko online dengan website. Website memang menjadi salah satu media promosi yang dapat menjangkau masyarakat secara luas. Sudah banyak pelaku bisnis yang menggunakan media ini untuk memperbesar bisnis mereka. 

Sajikan informasi yang lengkap di website Anda untuk memberikan gambaran kepada calon pengunjung.

Tidak punya waktu untuk membuat website? Tenang saja, kami melayani pembuatan website juga blog. Anda dapat menggunakan jasa kami untuk pembuatan website toko online yang apik. 

Untuk kualitas website tentu akan sebanding dengan kocek yang Anda rogoh. Segera hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut.

• Facebook

Saat ini Facebook menjadi salah satu media sosial yang memiliki penduduk terbesar. Anda dapat membuat fanspage toko kue Anda. 

Untuk membuatnya terlihat lebih profesional, cantumkan pula website sebagai toko online Anda dan kontak yang bisa dihubungi. 

Rutin lakukan promosi melalui fanspage toko kue Anda. Selain itu, gunakan Facebook ads untuk memasang iklan juga perlu dicoba.

• Instagram

Kini Instagram tidak lagi menjadi tempat memamerkan foto liburan saja. Promosi bisnis toko kue Anda juga dapat dilakukan melalui media ini. 

Anda dapat membuat akun Instagram sebagai khusus toko kue tersebut. Di akun tersebut Anda dapat mengunggah berbagai testimoni juga produk yang Anda jual.

Nah itulah tadi sekilas manis tips memulai bisnis toko kue yang dapat kita bahas pada kesempatan ini. 

Bagaimana, sudah memutuskan akan berbisnis kue apa? Semoga bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar ya.