Berbagai Tahapan Tepat Membangun Bisnis Buku Online

Tidak bisa dipungkiri pula jika masyarakat saat ini sangat menggemari dunia bisnis. Ada berbagai bisnis yang mulai muncul ke perkemukaan hingga menjadi besar. Umumnya orang-orang berbisnis dimulai dari apa yang mereka sukai. 

Misalnya saja Anda sangat suka membaca buku. Bisa jadi bisnis yang paling tepat untuk Anda tekuni ialah bisnis buku online.

Penggunaan media online sebagai tempat atau media guna mengembangkan bisnis bukan menjadi hal baru. 

Sudah banyak sekali pembisnis yang memanfaatkan kecanggihan dunia digital. Hasilnya tentu bisnis yang mereka bangun dapat berkembang lebih cepat dibandingkan mengandalkan promosi manual. 

Promosi manual di sini semacam mendirikan toko offline dan memasang spanduk ala kadarnya saja.

Padahal jika seseorang benar-benar menjalankan bisnis secara maksimal, tanpa memiliki toko offline sekalipun bisnisnya dapat berkembang. Ya, mengingat sudah banyak masyarakat yang mengenal sistem belajar online

Dimana sistem belanja tersebut dirasa lebih fleksibel karena tidak perlu menuntut mereka pergi ke mana-mana. Sehingga aktivitas mereka tidak terganggu juga tidak kacau.

Pelan-pelan tapi pasti, masyarakat sudah mulai menyukai budaya beli buku secara online. Melihat semua itu tentu saja Anda tidak boleh melewatkannya. Pastikan jika Anda ikut ambil bagian dan mulai mendirikan bisnis di bidang ini. 

Akan tetapi sebelum memulai bisnis ini, ada berbagai tahap atau langkah pula yang perlu Anda ikuti. Apa saja tahapan atau langkah tersebut? Simak hingga selesai yuk!

Tahapan membangun bisnis buku online

Melakukan riset pemasaran buku

Tahap pertama dalam membangun bisnis buku secara online ialah dengan melakukan riset pemasaran. 

Hal ini tentu demi menggali dan mengumpulkan berbagai informasi penting yang berkaitan dengan buku online. Melalui riset ini Anda dapat mengetahui berbagai peluang yang ada. 

Misalnya saja Anda dapat melakukan riset mengenai seberapa besar belanja buku secara online diminati.

Selain itu, riset pula mengenai buku apa yang paling disukai dan di mana mereka membelinya? Sebenarnya tahapan pertama ini merupakan tahapan dasar yang biasanya sudah diketahui oleh pembisnis. 

Terbukti Anda juga sudah tahu mengenai peluang bisnis ini bukan? Hanya saja memang perlu memperluas wawasan mengenai bisnis ini.

Cari dan pilih supplier buku

Supplier atau kita lebih mengenalnya dengan sebutan pemasok barang yang akan dijual ini memang begitu penting. Dalam hal ini supplier yang Anda pilih hendaknya memang memiliki produk yang lengkap. 

Selain itu, pilih juga yang memiliki respon bagus dan mudah untuk diajak bekerjasama. Agar bisnis Anda tidak mengalami kendala berarti yang berkaitan dengan supplier.

Di era ini susah banyak supplier maupun perusahaan yang mudah untuk diajak bekerjasama. 

Anda dapat menjadi reseller dan memasarkan buku-buku mereka. Selain itu, pilih supplier yang memang memberikan harga spesial dan lebih murah dibandingkan harga pasaran. 

Tidak hanya bisa berkerjasama dengan satu supplier melainkan dengan beberapa supplier sekaligus juga.

Menentukan jenis buku yang akan dijual

Tahapan memulai bisnis buku selanjutnya ialah dengan menentukan jenis buku yang akan dijual. Seperti yang telah kita ketahui jikalau ada begitu banyak jenis buku. 

Akan lebih baik jika Anda fokus terhadap satu jenis buku saja untuk mempermudah proses marketing dan pengelolaan stoknya. 

Di dalam pasaran asa beberapa jenis buku yang paling laris, semisal

  • Buku anak
  • Novel
  • Buku motivasi
  • Buku best seller
  • Buku biografi tokoh terkenal

Sebenarnya ada lebih banyak kategori buku yang cukup laris di pasaran. Hanya saja itu saja yang dapat kita gambarkan pada saat ini. 

Perlu diingat lagi, penting untuk melihat keinginan pasar mengenai kategori buku juga ketersediaan stok di supplier. Pilihlah buku yang stoknya cukup banyak di supplier.

Pemilihan target

Penting bagi Anda untuk memilih target dari bisnis ini. Cobalah pilih berdasarkan usia, jenis kelamin, minat baca dan lainnya. 

Semakin tepat sasaran target Anda maka akan semakin cepat berkembang bisnis tersebut. Sehingga dagangan Anda juga lebih cepat laku dan laris di pasaran.

Misalnya Anda ingin menjual novel maka tentang usia 18-25 dengan jenis kelamin perempuan menjadi pilihan. 

Target yang perlu Anda bidik ialah perempuan dengan usia 18-25 yang sedang berkuliah dan gemar membaca buku.

Strategi penjualan yang tepat

Setelah melakukan riset, menemukan supplier, mengetahui jenis buku yang akan di jual dan mendapatkan target yang cocok. 

Maka strategi memulai bisnis buku selanjutnya yang perlu Anda lakukan ialah menjalankan penjualan yang tepat. Berikut startegi promosi atau penjualan yang paling ampuh:

• Membuat flowchart

Flowchart ini fungsinya ialah membuat berbagai rangkaian atau proses yang terstruktur juga sistematis. 

Sehingga kesalahan-kesalahan juga kecil kemungkinannya terjadi. Pembuatan flowchart ini akan lebih baik mulai dari awal buku berada pada supplier hingga sampai ke pembeli.

• Buat website

Jasa pembuatan website juga sudah banyak beredar. Salah satunya kami yang melayani proyek pembuatan blog juga website. Perlu diketahui jikalau peran website dalam bisnis online cukup besar juga. 

Dimana Anda dapat membangun toko online dengan cara membuat website bisnis. Nantinya Anda dapat memberikan informasi secara lengkap mengenai buku yang dijual.

Di zaman digital ini penggunaan blog maupun website sebagai media promosi tidak lagi menjadi hal baru. Bahkan banyak pembisnis yang mendapatkan orderan melalui website tersebut. 

Masyarakat tahu akan bisnis yang mereka jalani karena adanya website yang mereka miliki. Mulai dari jenis buku hingga sinopsis menarik dapat Anda cantumkan.

Anda tidak biasa menggunakan website? Tidak mengapa karena Anda dapat memanfaatkan berbagai marketplace yang ada. Tentu kita sudah tahu bukan dengan beberapa platform belanja yang cukup populer? 

Semisal Shoope, Tokopedia? Manfaatkan platform tersebut untuk menarik lebih banyak calon pembeli. Melalui platform tersebut usaha buku online Anda juga bisa lebih laris.

• Aktif bermedia sosial

Media sosial kini tidak lagi menjadi tempat berbagi keresahan juga keluhan saja. Pasalnya melalui media sosial juga berbagai bisnis dapat dikembangkan. 

Bahkan permintaan pasar akan bisnis yang Anda geluti dapat meningkat karena media sosial. Hal tersebut dikarenakan promosi melalui media sosial juga cukup menjangkau banyak masyarakat.

Misalnya saja dalam Facebook Anda dapat menggunakan Facebook ads untuk memasang iklan berbayar. Ingin hemat modal? Tentu saja dengan cara melakukan iklan melalui akun media sosial Anda sendiri. 

Hal ini dapat berhasil pula jika Anda memang orang yang cukup aktif bermedia sosial. Cobalah jalin interaksi juga dengan orang lain di dalam akun Anda.

Rutin melakukan promosi dengan promosi produk menjadi solusi yang tepat. Akan tetapi gunakanan juga strategi yang baik dalam promosi. Dalam artian promosinya memang tidak monoton. 

Agar tidak monoton tentu saja ilmu copywriting itu cukup penting untuk diterapkan. Jangan lupa berikan pemanis dengan foto dari produk yang Anda jual.

Branding dan penempatan yang tepat

Langkah menjalankan usaha buku secara online selanjutnya ialah dengan melakukan branding juga penempatan yang tepat. 

Branding dalam hal ini ialah bertujuan untuk menjadikan masyarakat lebih mengenal produk yang Anda jual. Jika branding sudah terbangun tentu saja dapat menjangkau masyarakat lebih luas lagi.

Branding yang berhasil dan bagus akan menjadikan produk Anda selalu melekat di hati masyarakat. Selain itu penempatan yang tepat juga penting. Hal ini berkaitan dengan branding atau perkenalan produk tersebut. 

Anda dapat mengenalkan produk ke grup-grup yang memamg tepat di media sosial. Jangan perkenalkan produk jualan buku Anda di grup fashion. Itu sama sekali tidak sesuai dan tidak tepat.

Pelajari teknik copywriting

Copywriting singkatnya ialah sebuah seni merangkai atau membuat kata-kata yang menjadikan siapa saja yang membacanya menjadi tertarik. 

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut dan membeli produk yang dijual. Teknik ini banyak digunakan oleh para pembisnis dalam memasarkan produk mereka di dunia digital.

Kekuatan copywriting memang luar biasa. Bahkan bagi produk yang memiliki kemasan biasa-biasa saja dapat laku keras karena teknik copywriting yang bagus. 

Anda dapat menggunakan copywriting hardselling maupun softselling. Intinya setiap postingan produk yang Anda jual memang perlu diberikan susunan kalimat menarik.

Rajin promosi

Dalam membangun sebuah bisnis buku, promosi menjadi hal yang tidak pernah terlupakan. Bahkan promosi juga mempengaruhi sedikit banyaknya pembeli produk. 

Melalui promosi ini Anda dapat memberikan informasi kepada masyarakat dan menawarkan produk yang dijual. Sehingga, masyarakat yang sebelumnya tidak tahu akan produk Anda menjadi tahu.

Promosi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya saja Anda dapat mengadakan diskon kepada para pembeli di hari-hari tertentu. 

Semakin sering dan rajin melakukan promosi tentu saja menjadikan bisnis cepat berkembang. 

Berbeda jika Anda berjualan ala kadarnya sedang promosi jika ingin saja. Maka sudah dapat dipastikan bisnis juga tidak bisa berkembang dengan baik.

Kelola keuangan dengan baik

Pengelolaan keuangan menjadi hal yang patut untuk diperhatikan. Jika Anda memiliki kebiasaan mencampuradukkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis maka jangan lakukan hal itu lagi. 

Mencampurkan keduanya dapat memberikan resiko tersendiri. Terlebih jika Anda memang orang yang sulit untuk mengontrol keinginan akan hal-hal tertentu.

Untuk membuat bisnis tetap berjalan dengan baik, gunakan pembukuan sejak awal. Pisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis Anda. Jangan pernah gunakan modal bisnis Anda untuk alasan apapun kecuali memang untuk menjalankan bisnis. 

Kebiasaan menggunakan uang modal untuk keinginan pribadi hanya akan menjadikan bisnis kacau. Bahkan bisa jadi akan cepat gulung tikar karena kehabisan dana.

Perlu diingat lagi jika pembukuan ini sangat penting. Tujuannya ialah untuk mengetahui uang masuk dan uang keluar secara jelas. 

Sehingga kedepannya Anda dapat melihat apakah bisnis yang Anda jalani itu sudah dilakukan secara maksimal atau belum. Dalam artian Anda lebih mudah dalam mengevaluasi kekurangan yang ada dalam bisnis tersebut.

Demikianlah berbagai tahapan mengenai bisnis buku online yang bisa kita ulas. Intinya bisnis ini akan menjadi prospek yang bagus kedepannya jika dijalankan dengan serius. 

Bukan mustahil jika bisnis tersebut akan berkembang dan menjadi besar jika dijalankan dengan optimal. 

Jangan lupakan strategi penjualan yang tepat juga mampu mendulang banyak profit. Jalankan bisnis dengan bekal pengetahuan akan jauh lebih mudah juga.