Belajar SEO On Page

Belajar SEO On Page Bagi pemula Sampai Mahir

Cukup dengan membaca artikel belajar on page seo ini yang membahas seluk beluk, tips dan tahapan, serta hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam melakukan optimasi halaman website, dan Jika kalian menerapkan apa yang saya sampaikan secara benar. 

Maka saya yakin kalian akan dengan mudah dapat merangking halaman website kalian hingga di halaman pertama google. Tanpa harus menggunakan jasa seo terbaik yang pernah ada.

Berikut adalah pembagian yang harus diperhatikan jika kalian ingin melakukan optimasi SEO on page kalian :

Google analytic

Berfungsi melihat data statistik website kalian berupa berapa banyak pengunjung organic maupun non organic, baik itu dari referral maupun dari media sosial yang datang melihat website kalian. Ini merupakan tools yang mutlak dipasang jika kalian ingin belajar seo on page hingga tingkat advance.

Dengan mendaftar dan menginstal google analytic tools pada website, kalian juga dapat melihat dan melakukan pelacakan apakah kalian menargetkan kata kunci yang tepat pada halaman website kalian, dan bagaimana kinerja halaman website kalian.

Google Search Console

Dengan mendaftarkan website kalian di google search console, kalian dapat memastikan apakah website kalian sudah terindex atau terdata oleh google dan juga dapat memastikan apakah website kalian dapat ditelusuri dengan baik oleh robot google (google spider).

Jadi pastikan website kalian crawlable dan indexable di mesin penelusuran google. Dengan ini kalian bisa melakukan perbaikan terhadap halaman website kalian jika terjadi sesuatu error atau kesalahan yang kalian lakukan pada halaman web kalian

Keywords / Pemilihan kata kunci

Memilih keywords yang tepat dan sesuai. Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan pada saat pemilihan kata kunci yang ingin kalian rangking pada halaman website, agar halaman website kalian bisa muncul di halaman pertama google, yaitu :

1

Apakah kalian menargetkan kata kunci yang tepat? Selalu lakukan research atau Analisa terhadap kata kunci yang akan digunakan, perhatikan kata kunci dari competitor kalian, seberapa besar tingkat persaingannya dan seberapa mudah atau sulitnya jika kalian memilih kata kunci yang ingin kalian pakai.

2

sudahkah Anda menargetkan kata kunci ini sebelumnya, jika sudah maka ini biasanya disebut dengan kanibalisme kata kunci, dimana kata kunci yang mirip atau sama bersaing satu dengan yang lainnya di halaman website kalian.

Sebaiknya kalian hanya fokus pada satu kata kunci utama (keywords) dan selalu melakukan pembaharuan ataupun update konten di halaman website kalian dibandingkan kalian membuat ratusan halaman dengan kata kunci yang mirip.

3

Apakah halaman website kalian sudah memenuhi syarat dari sebuah pencarian di google? Apakah halaman website kalian cukup memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung website? Apakah apa yang kalian tulis pada artikel atau halaman website kalian dapat memberikan jawaban dari pertanyaan pengunjung?

4

Pastikan kata kunci utama atau fokus keywords ada dalam judul halaman website atau artikel kalian. Ini merupakan salah satu faktor pendudukung dalam optimasi on page seo

5

Jika kalian sudah memasukkan kata kunci utama kalian pada judul, sekarang kalian harus memastikan apakah judul artikel kalian menarik perhatian pengunjung yang melakukan pencarian di penelusuran google untuk melihat website kalian.

6

Memungkinkan untuk menambahkan beberapa variasi pada judul artikel di masa depan, seperti “membuat website muncul di halaman pertama” menjadi “30 cara membuat website muncul di halaman pertama 2021”

7

Pastikan judul artikel kalian tidak terlalu Panjang, biasanya sekitar 65 kata, kalian bisa melihatnya di seo plugin yang biasa kalian gunakan seperti yoast atau rank math.

8

Jangan lupa untuk memastikan judul artikel kalian dalam format H1. Walaupun penggunaan H1 tag bisa lebih dalam setiap sub judul, tapi saya sarankan hanya menggunakan hanya satu judul dengan H1 tag.

9

pastikan kata kunci yang kalian gunakan ada di dalam meta description, apa itu meta deskripsi? Ini biasanya ada dibawa judul dari halaman website kalian. Intinya ini adalah penjelasan singkat dari isi halaman website.

10

jika kata kunci halaman kalian sudah ada di meta deskripsi, langkah merikutnya adalah memastikan penjelasan tersebut dapat menarik perhatian dari pengunjung agar meng”klik” url atau halaman website kalian di google.

11

masukkan kata kunci utama kalian di dalam URL website, walaupin ini merupakan salah satu faktor yang memiliki dampak yang kecil dalam seo, tapi saya telah mempraktekkan metode ini dari setiap halaman website yang pernah saya buat, dan hasilnya cukup signifikan.

12

Sesuaikan Panjang URL kalian dan ketahui batasannya, kalian juga bisa melihat ini jika kalian menggunakan yoast seo plugin ataupun rank math.

13

selalu memasukkan kata kunci utama / keywords yang kalian targetkan di dalam kalimat pertama pada halaman website.

Ini untuk memastikan algoritma google bahwa artikel yang kalian buat membahas sesuatu yang berhubungan dengan kata kunci yang kalian targetkan.

14

Seberapa banyak kalian menuliskan kata kunci yang ada pada halaman artikel kalian? Ini biasa disebut dengan keywords density, dibagian ini saya biasanya cukup menyebutkan 3 sampai 4 keywords, dan di taruh diawal, tengah dan akhir artikel. Usahakan agar artikel kalian terbaca alami.

15

variasikan fokus keywords kalian dengan kata kunci yang memiliki arti yang sama atau mirip, agar tidak terkesan pengucapannya yang berulang ulang.

16

Pastikan kalian juga menggunakan sinonim atau LSI atau biasa disebut Latent Semantic Indexing. Secara sederhana pada saat kalian menuliskan kata kunci di google, pada bagian bawah hasil pencarian muncul related search atau hasil penelusuran terkait, Ini bisa disebut dengan LSI.

Content Website

konten atau isi dari sebuah halaman website, merupakan faktor utama dalam membuat halaman website bisa muncul di halaman pertama google. Tanpa konten yang sesuai maka sedikit yang bisa dilakukan buat kalian untuk melakukan optimasi. Hal yang perlu diperhatikan dalam optimasi konten website kalian adalah : 

1

apakah halaman web atau artikel kalian sudah berbeda & lebih baik dari pesaing? Bagaimana membuat halaman ini berbeda dari apa yang ada saat ini , tambahkan beberapa faktor atau informasi maupun data yang lebih banyak dan lebih baik dibandingkan kompetitor kalian.

2

Pastikan artikal yang kalian buat menggunakan ejaan Bahasa yang baik dan benar, enak dibaca dan mudah dimengerti. Tidak terlalu banyak basa basi, serta perhatikan penulisannya agar tidak ada kesalahan dalam ejaan maupun penulisan.

3

Perhatikan jumlah kata yang digunakan, biasanya saya rata2 mengunakan minimal 1000 hingga 2500 kata, Rata – rata 1500 kata setiap artikel. Tapi ingat! Jumlah kata tidak terlalu dipaksakan untuk mengejar jumlah kata yang banyak, selalu sesuaikan dengan pembahasan artikel.

4

Artikel yang ada pada halaman website ditulis dengan baik, disini ada dua pilihan, yaitu kalian selalu berlatih menulis artikel yang baik, melakukan research, belajar secara konsisten atau kalian menggunakan jasa penulis artikel yang sudah berpengalaman.

Jika ingin hemat maka lakukan sendiri walaupun butuh waktu lebih lama, jika ingin cepat maka kalian harus mengeluarkan uang lebih dalam menggunakan jasa penulis artikel.

5

Apakah pembahasan artikel yang kalian buat dapat dilihat secara cepat oleh pembaca tanpa harus membaca keseluruhan isi tulisan? Kebiasaan pengunjung website untuk langsung melihat halaman website secara cepat hingga akhir tulisan menjadi faktor dimana kalian harus membuat sub judul di setiap pembahasan.

Ingat jika target pengunjung Indonesia maka rata – rata mereka malas membaca. Buat agar tampilan halaman web kalian dapat dimengerti bagi orang yang malas membaca.

6

Siapakah target yang ingin anda tuju? Disini kalian bisa menentukan gaya Bahasa yang ingin kalian gunakan.

Apakah artikel kalian untuk orang yang berpendidikan tinggi ataukan orang biasa yang hanya ingin penjelasan singkat yang cukup dengan Bahasa penulisan yang mudah dimengerti? Seperti penggunaan Bahasa sehari hari ataukah Bahasa formal?

Jika saya sendiri cenderung menggunkan gaya Bahasa yang simple, mudah dimengerti dan dapat dipraktekkan secara langsung oleh pembaca.

7

Apakah artikel kalian dapat menarik minat pengunjung? Disini saya lebih sering menggunakan kata “kalian” karena saya anggap kita seumuran atau selevel.

Biasanya setiap artikel ada gambar pendukung ataupun ilustrasi agar pengunjung halaman website lebih mudah mengerti. Yang tidak kalah pentingnya, kalian tahu dan paham tentang apa yang kalian tulis.

8

Dalam penulisan artikel, selalu gunakan paragraph yang pendek agar memudahkan pengunjung dalam mebaca. selalu berikan jarak / spasi dalam setiap paragraph.

9

buat struktur konten kalian dengan H1 (Judul utama), H2 (sub judul ) maupun h3 (sub dari sub judul secara berurutan dan masuk akal, sesuaikan dengan urutan pembahasan dari artikel kalian secara logis.

10

Sebelumnya saya sudah membahas penggunaan LSI keyword di dalam isi artikel, Selain di dalam pembahasan konten artikel, kalian bisa menggunakan LSI sebagai Heading atau Sub heading juga. Jangan lupa , kalian juga bisa menggunakan variasi kata kunci di dalam judul / heading kalian.

Penggunaan LSI keywords dalam heading jika judul utama di halaman website kalian memiliki kemiripan kata kunci.

11

Perhatikan dalam penggunaan LSI keywords agar tidak terlalu berlebihan dalam setiap paragraph. Maksimal gunakan satu LSI keywords diantara 300 hingga 500 kata.

12

Halaman website atau artikel kalian menggunakan urutan seperti angka, hurup ataupun tanda maupun symbol. Tujuannya untuk mempermudah bagi pengunjung website untuk membaca artikel.

13

Pastikan halaman website dan artikel yang kalian buat selalu memberikan informasi yang terbaru, lakukan update terhadapa konten website kalian secara berkala atau jika kalian menemukan informasi dan data yang terbaru yang harus kalian tampilkan di dalam website kalian.

Photo / Image optimasi

Pentingnya penggunaan photo atau image dalam melakukan optimasi halaman website. Jika kalian ingin belajar seo on page, siapkan gambar terlebih dahulu.  Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam melakukan optimasi image, yaitu:

1

apakah halaman website kalian memiliki foto, image atau gambar ilustrasi yang cukup? Setidaknya lebih banyak dari pesaing kalian.

2

Gambar atau image yang kalian gunakan sebaiknya unik dan berbeda dibandingkan dengan website lainnya, jangan hanya sekedar menggunakan stok foto gratis atau menggunakan image dari web lain tanpa persetujuan. Walaupun kualitas foto tidak terlalu bagus, akan tetapi keaslian sangat diutamakan.

3

Akan lebih baik lagi jika kalian menggunakan image atau foto dengan kualitas yang baik, hal ini menunjukkan profesionalisme dari website kalian. Setidaknya mampu meningkatkan kualitas branding dari usaha kalian.

4

Penggunaan format photo seperti jpeg, png atau gif memang tidak mempengaruhi SEO, tapi sangat mempengaruhi kepatan loading website. Tentu ini mempengaruhi kenyamanan pengguna dalam melihat web kalian. Saya biasanya hanya menggunakan format PNG dan Jpeg saja.

5

Sesuaikan ukuran photo image yang akan kalian upload, agar tidak mempengaruhi kecepatan website dan juga membuat halaman website kalian terlihat jelek.

6

pastikan photo image yang kalian upload sudah terkompresi atau diperkecil ukuran file fotonya tanpa harus mengurangi kualitas gambar. Saya biasanya menggunakan beberapa plugin tambahan atau kalian bisa lakukan secara manual sebelum diupload di web kalian.

7

ini yang kadang terlupakan, dimana setiap photo seharusnya dibuatkan nama gambar / file name dengan deskripsi yang sesuai isi konten website kalian.

8

Ini yang terpenting dalam optimasi gambar photo untuk SEO, yaitu memberikan keterangan dari nama photo image yang digunakan di dalam alt tag. Usahakan alt tag yang digunakan juga bervariasi dari setiap gambar yang kalian upload.

Optimasi Video

Penggunaan video dalam melakukan optimasi halaman website. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam melakukan optimasi video, yaitu:

1

Video sangat jarang ada di dalam halaman website, padahal ini adalah faktor yang cukup signifikan dalam optimasi seo on page.

Sebaiknya kalian mulai membuat channel youtube yang sesuai dengan isi website kalian atau kalian bisa menggunakan dan mengambil video dari channel youtube milik orang lain, gunakan embed video agar tidak membuat website kalian lambat.

2

Pilihlan video yang sesuai dengan halaman web kalian yang tentunya membahas ulasan dan topik yang sama.

3

Akan lebih baik lagi jika kalian menggunakan video milik kalian sendiri yang unik dan mewakili dari branding usaha kalian. Belajarlah membuat video hasil ciptaan kalian sendiri entah seperti bagaimanapun modelnya.

4

Kualitas video tentunya akan sangat baik lagi jika memiliki informasi yang berhaga bagi pengunjung website, terutama yang berhubungan dengan tutorial. Dimana penjelasannya akan lebih mudah dimengerti dengan video.

5

Konten video yang kalian taruh di halaman website tentunya juga haruslah mobile friendly dan responsive terhadap semua perangkat, baik itu desktop/pc, smarphone maupun tablet.

6

Dari segi SEO, dengan melakukan embedding video dari channel youtube milik kalian sendiri akan membuat efek yang cukup signifikan terhadap optimasi on page seo halaman web kalian.

Pasang link url website kalian di bagian deskripsi channel youtube, dan begitu juga sebaliknya, kalian bisa memasang url chanel atau video youtube kalian di halaman website.

7

jika ingin menaruh link video kalian di website, Pastikan juga judul video milik kalian di youtube memiliki judal yang sama atau mirip dengan halaman web artikel yang dibuat.

Internal & External links

Penggunaan internal link maupun external link di dalam halaman website cukup memberikan pengaruh yang luarbiasa terhadap perkembangan halaman website kalian. perhatikan apa saja yang menjadi faktor dalam pembuatan internal dan external link, yaitu :

1

Apakah kalian sudah menggunakan internal link di dalam setiap halaman website kalian? Hal ini sangat mempengaruhi authoritas halaman website dan juga google robot akan lebih mudah melakukan indexing ataupun crawling terhadap halaman website kalian yang lainnya.

2

Gunakan anchor text dalam internal link kalian ke halaman website kalian yang lain, dan pastikan anchor text yang digunakan mewakili pembahasan yang sama.

3

internal link / anchor text yang dioptimalkan berdasarkan prioritas tautan pertama yang ada di halam website menuju halaman web kalian yang lain. Sebaiknya hindari link navigasi seperti menggunakan kata read more atau details sebagai internal link.

4

Gunakan breadcrumbs jika halaman kalian memiliki banyak category atau sub category, hal ini berfungsi untuk mempermudah pengunjung website melihat secara cepat dari setiap halaman website kalian.

Dan biasanya ini dipakai untuk website ecomerce dan saya sangat jarang menggunakan bread crumbs. Selalu ingat dengan prinsip akan prioritas internal link yang dioptimasi

5

Tidak perlu membuat internal link yang banyak di dalam setiap halaman web kalian, ini tidak semata mata meningkatkan SEO on page. Pastikan internal link yang dibuat memberikan dampak positif pagi pengunjung, apakah akan memberikan informasi yang lebih baik jika tautan tersebut di klik.

6

Pastikan internal link kalian sudah menggunkan url yang benar dan sesuai, hindari redirection karena ini dapat memperlambat kecepatan loading webs kalian, dan tentunya mempengaruhi kenyamanan pengunjung website.

7

Selain internal link, external links juga diperlukan. Dimana pernyataan atau pembahasan kalian memiliki data yang cukup kuat. External link bisa dibuat sebagai referensi darimana sumber data atau informasi tersebut yang mempertegas dan mendukung dari isi artikel kalian.

8

Jika kalian sebagai affiliate atau memiliki tautan menuju artikel sponsor ke website lainnya, pastikan mengubah tipe external link menjadi “no follow” link

9

Pastikan external link yang menuju ke website lainnya di buka di “new window” atau di halaman baru.

10

Pastikan internal & external link lainnya masih berfungsi, hindari broken links. Ini sangat mempengaruhi authoritas halaman website.

11

Pastikan semua links baik internal dan external sudah jelas. Maksudnya disini setiap links harus memiliki warna yang berbeda, bahkan harus di berikan garis bawah atau “underline text”. Hal ini untuk menunjukkan bahwa kata atau kalimat tersebut merupakan links atau tautan website lainnya.

User Experience / UI

Semua hal yang berhubungan dengan kenyamanan pengunjung website kalian pada saat akan mengunjungi website maupun pada saat berada di halaman web.

1

Pastikan halaman web kalian memerlukan waktu loading tidak lebih dari 3 detik, karena tidak ada pengunjung yang mau menunggu lama. Gunakan gtmetrix atau pingdom untuk melakukan Analisa dan optimasi kecepatan website kalian.

2

Halaman website kalian harus responsive atau mobile friendly, gunakan mobi.friendly untuk melakukan pengecekan. Karena lebih banyak pengguna smarphone yang mengakses website saat ini dibandingkan pengguna PC

3

Penggunaan SSL certificate sangat penting, salah satu faktor SEO yang menjadi acuan google. Jika penyedia jasa hosting tidak menyediakan SSL certifikat secara gratis, sebaiknya pindah ke penyedia jasa hosting terbaik, atau kalian bisa menggunakan plugin wordpress “easy ssl” (walaupun hal ini adalah pilihan terakhir jika kalian tidak mau pindah hosting atau membeli SSL)

4

Gunakan jenis font yang mudah dibaca seperti “open sans” atau  “montserat” di setiap perangkat, baik itu di hp, tablet maupun pc.

5

Gunakan ukuran font pada halaman website yang cukup besar agar dengan mudah dibaca di semua perangkat.

6

Jangan gunakan pop up yang berlebihan untuk optimasi penjuaalan atau membangun email list, jika memang diperlukan, sebaiknya gunakan stelah pengunjung membuka halaman kedua atau setelah pengunjung akan keluar dari website kalian, dan gunakan hanya satu kali pop up dimana pop up tersebut juga dapat dengan mudah ditutup “close” oleh pengguna.

7

Jika kalian sudah memiliki iklan atau ads dalam halaman website kalian, sebaiknya hindari menaruhnya secara berlebihan.

Ads cukup di taruh di posisi sidebar, di tengah halaman web dan juga di bagian footer. saya menyarankan cukup 3 ads / iklan yang seharusnya ada di dalam halaman website.

Local SEO On page

Pastikan alamat usaha kalian tertulis dengan jelas, dapat dilihat di maps dan terhubung serta terverifikasi dengan google business site. Selalu update konten dan rajin post artikel setelah terverifikasi di google my business. Pada dasarnya konsepnya hampir sama seperti update konten di website

Struktur Data / Schema

Pastikan website kalian menggunakan struktur data atau schema mark up, kalian bisa melakukannya pada saat kalian menginstal seo plugin seperti “rank math” atau “schema mark up”. Pastikan kalian sudah mengatur struktur data website kalian dengan baik dan benar.

YMYL & E.A.T (expertise, authoritativeness, trustworthiness)

Ini berhubungan dengan tema, topik atau niche web kalian, YMYL atau your money your life harus memiliki otoritas yang sangat tinggi karena berhubungan dengan kesehatan, keuangan dan kehidupan seseorang. Intinya google tidak ingin sembarangan menampilkan website yang yang membahas topik tersebut, jika sampai salah informasi maka dapat berakibat fatal bagi kehidupan seseorang.

1

Apakah website kalian membahas atau memberikan nasihat tentang kesehatan, keuangan atau hukum?

Karena jika iya, maka hal ini akan sangat berat untuk di membuat website kalian muncul di halaman pertama, karena hanya website tertentu yang sudah memiliki authoritas yang bisa membuat konten yang berhubungan dengan hal tersebut.

Sebaiknya ganti topik saja, karena perlu usaha yang sangat keras bagi kalian.

2

Pastikan halaman website kalian memiliki data yang akurat, apapun jenis, topik atau niche website kalian, Merujuk dari sumber yang terpercaya.

3

Pastikan di dalam website kalian membuat link “disclaimer”, “angkalan”, “penyangkalan” atau “penafian”.

Yang menyatakan bahwa isi artikel kalian spenuhnya hanya bersifat informatif saja dimana tanggung jawab sepenuhnya terhadap penggunaan informasi atau produk maupun jasa yang kalian tulis di dalam artikel, sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari pengunjung website.

Hal ini untuk menghindari tuntutan secara hukum jika ada yang merasa dirugikan dari isi artikel kalian. Jadi intinya kalian terlepas dari tanggung jawab secara hukum.

4

Buatlah daftar link atau  tautan ke semua sumber informasi yang kalian dapatkan sebagai referensi dalam pembuatan artikel. Ini juga merupakan hal yang bersifat etis dan sebagai bentuk penghormataan ataupun pujian kepada penulis aslinya.

5

Apakah konten blog Anda memiliki author atau siapakah penulis yang membuat artikel tersebut? Dulu mungkin dengan nyembunyikan nama penulis masih bisa diterima, tapi saat ini kejelasan dari siapa penulis artikel tersebut juga dapat mempengaruhi dari branding website kalian.

6

Apakah penulis yang membuat artikel di website kalian memenuhi syarat untuk menulis tentang topik tersebut? Apa latar belakangnya dan apakah memiliki pengalaman yang cukup baik di bidang tersebut.

7

Apakah setiap posting blog kalian memiliki kotak penulis / biodata terperinci dari si penulis? Siapakah yang menulis konten website kalian? Semakin terpercaya atau dikenalnya penulis tersebut, tentunya dapat meningkatkan kepercayaan dari pengunjung website kalian.

Goal completions

Bisa dikatakan ini sebagai tindakan akhir yang bisa dilakukan seorang pengunjung website setelah membaca artikel atau halaman website kalian. Tentunya ini sangat tergantung dari jenis topik atau pembahasan dari halaman web kalian.

1

Jika berhubungan dengan bisnis atau usaha, tentunya pengunjung website kalian akan langsung menghubungi contact / no telp yang terteraka.

Jika  berhubungan dengan ecomerce / toko online tentunya mereka akan melakukan transaksi pembelian.

Jika berupa blog informatif, minimal mereka akan menuliskan komentar mereka di halaman komentar.

2

jika kalian menyajikan artikel yang bermanfaat, tentunya pengunjung website akan membagikannya kepada orang lain.

Jadi pastikan halaman website kalian dapat dibagikan di semua jenis social media, walaupun tidak semua, tapi cukup yang terkenal saja dan banyak digunakan. Seperti Facebook, Pinterest, Youtube, Twitter, maupun Instagram

Web Design & User Interface

Pastikan kalian selalu melakukan pembaharuan terhadap desain website, sesuaikan dengan kebutuhan pengunjung.

Design website bisa dibuat modern maupun minimalis, dan pada intinya pengguna website merasa senang dan nyaman melihat design website kalian.

Saya cenderung menaruh posisi optimasi design website di bagian akhir, karena design adalah hal paling akhir saya lakukan dalam optimasi on page seo. Tetap yang utama menurut saya adalah konten.

Kesimpulan Belajar Seo On Page

Semoga dengan membaca artikel belajar on page seo diatas dan menerapkannya secara bertahap, dapat meningkatkan hasil pencarian website kalian di google search hingga muncul di halaman pertama. 

Memang butuh banyak waktu dan usaha dalam melakukan optimasi website, dan jika merasa hal itu cukup melelahkan, kalian bisa menyerahkan semua hal tersebut kepada ahlinya jasa seo terpercaya dan tentunya uang menjadi konskuensinya, dimana ada harga ada kualitas.

Bagaimana menurut kalian? Cukup mudah bukan melakukan optimasi dan belajar on page seo, atau cukup melelahkan?